10 Manfaat Membaca Karya Sastra

Membaca karya sastra yang sering kita lakukan di perpustakaan perpustakaan sekolah atau perpustakaan kampus tentunya memiliki manfaat yang banyak, namun Mungkin banyak orang yang tidak tahu apa saja manfaat dari membaca karya sastra itu padahal Mungkin dia sudah mendapatkannya tetapi namanya Mungkin dia tidak tahu. Karya sastra adalah hasil pemikiran dan naluri atau pengalaman batin dari sang penulis atau pengkarya pengkarya yang disalurkan melalui kata-kata simbol-simbol atau gambar yang memiliki makna makna atau nilai nilai moral yang baik. Bacaan biasa dan karya sastra sangatlah beda dari segi tulisan saja kita bisa membedakannya Mana karya sastra dari mana tulisan-tulisan berupa mana tulisan-tulisan berupa karya ilmiah atau buku-buku pelajaran. Pemilihan kata-kata yang khusus dan bermakna yang banyak terdapat pada karya sastra tentu hanya segelintir yang membedakannya dengan karya tulisan lain.

Melihat realita di masyarakat masyarakat di mahasiswa ataupun di di para siswa sangat kita sayang kan di mana mana di mana mana mana pada zaman sekarang ini minat baca sangat berkurang. Bukan Hanya pada karya sastra tetapi buku-buku pelajaran di sekolah atau di kampus saja mereka malas membacanya. Masyarakat zaman kini lebih sering ingin jalan pintas seperti mencarinya di Google dan selesai, hanya untuk memenuhi sebuah Nilai saja. tentu hal ini Sangat disayangkan karena ini akan mempengaruhi ilmu yang kita dapatkan dan implementasinya di masa depan kita.

Membaca Karya Sasra

Bagi para peminat karya sastra karya sastra adalah relaksasi bagi hatinya, karya sastra adalah wisata bagi pikirannya yang memberikan manfaat banyak pada kehidupan nyata seseorang. bahkan kita bisa melihat perbedaan antara peminat dan pembaca dan pembaca karya sastra dengan orang-orang biasa saja. Paling tidak kita bisa melihat dari cara berbicara seseorang berbicara seseorang penikmat Karya dengan orang yang sama sekali tidak tertarik dengan sebuah karya sastra.

Sudah saatnya membaca adalah sebuah kebutuhan bagi kita bukan hanya membaca karya sastra tapi membaca segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita, Jika Anda malas membaca ini akan memberikan kerugian kepada anda Misalnya saja ketika anda belanja anda akan terbiasa tidak membaca masa expired sebuah barang ini adalah contoh kecil saja. Nah mulai dari sekarang jadi kan Membaca adalah sebuah kebutuhan bagi kehidupan kita karena membaca itu sangat banyak manfaatnya.

Baiklah teman-teman berikut ini banyak sekali manfaat karya sastra yang bisa kita dapatkan dan kita implementasikan pada kehidupan sehari-hari kita. Jadi buat teman-teman jangan enggan atau atau malas membaca sebuah karya sastra itu novel cerpen puisi pantun dongeng atau apa saja yang berkaitan dengan sastra karena memiliki manfaat manfaat yang banyak. Berikut ini beberapa manfaat dari membaca karya sastra.

1. Meningkatkan imajinasi
Gambaran yang kita dapatkan saat membaca sebuah karya sastra akan mempengaruhi imajinasi kita terhadap isi cerita yang kita baca dan juga ini mempengaruhi imajinasi kita dalam menemukan masalah-masalah pada kehidupan sehari-hari kita yang sudah kita dapatkan ketika membaca sebuah karya sastra.

2. Merasa Senang dan Terhibur
Karya sastra banyak bertujuan untuk memberi wawasan dan hiburan kepada pembacanya. Isi dari sebuah karya sastra yang kita baca yang memberikan sebuah hiburan yang membuat perasaan jadi senang ketika kita membaca sebuah karya sastra apalagi senang ketika kita membaca sebuah karya sastra apalagi sebuah cerita yang tokoh-tokohnya kita sukai atas sebuah puisi yang romantis atau menggugah hati perasaan kita sehingga kita menjadi senang dan terhibur.

3. Menambah Pengalaman Atau Pengetahuan
Membaca adalah kegiatan untuk mendapatkan sebuah informasi sehingga dengan membaca kita dapat memperoleh informasi pengalaman atau keadaan suatu suatu karya sastra yang kita baca. Pesan-pesan moral yang baik yang sering disampaikan oleh para penulis pada karya sastra yang diciptakannya melalui kata-kata atau media tulis kepada para pembacanya. Kita bisa memperoleh gambaran dari sebuah karya sastra yang kita baca sehingga mempengaruhi pengalaman dan pengetahuan kita.

4. Meningkatkan Kemampuan Analisis
Hasil dari sebuah karya sastra yang biasa memiliki alur yang unik yang sering memberikan teka-teki kepada para pembacanya sehingga para pembaca akan selalu bertanya dan mencari tahu hal-hal yang tersembunyi dalam karya sastra hal ini sangat mempengaruhi daya analisa seorang pembaca terhadap karya sastra. Makna makna yang tersirat pada sebuah karya sastra mencoba untuk kita selalu mencari tahu dan menganalisis alur demi alur alur untuk mendapatkan sebuah kesimpulan yang baik.

5. Menambah Percaya Diri
Dengan dengan membaca karya sastra tentu akan menambah pengetahuan dan ilmu kepada kita selain membuat kita terhibur tentunya kita akan lebih percaya diri karena kita banyak mendapatkan ilmu-ilmu yang belum yang belum kita dapatkan pada kehidupan kehidupan sehari-hari kita sehingga kita bisa mengaplikasikannya pada kehidupan kita. Dengan membaca karya sastra dengan baik dan benar tentunya akan meningkatkan daya pikir seorang pembaca terhadap sebuah karya sastra yang dibacanya.

6. Menambah Rasa Empati
Membaca karya sastra dengan baik dan serius akan membawa kita seolah-olah kita ada di dunia karya sastra itu. Suasana keadaan dan situasi pada sebuah karya sastra seolah-olah ada pada kehidupan kita dan seolah-olah kita merasakan nya dan kita berada pada dunia itu. Hal itu tentu akan menambah rasa empati kita.

7. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi
Karya sastra yang memiliki ragam bentuk bahasa dan kekayaan bahasa akan mengajarkan kita kosakata kosakata baru yang baru yang kosakata baru yang baru yang tentunya belum kita dapatkan. Makan bahasa yang dimiliki karya sastra ini akan mempengaruhi dan menambah kosakata yang kita miliki yang sebelumnya belum kita ketahui. Bentuk ini menjadi modal bagi seseorang seseorang bagi seseorang menjadi modal bagi seseorang seseorang bagi seseorang seseorang ketika sedang berkomunikasi karena sudah memiliki pengalaman Ragam Bahasa Dan kosa kata yang yang dia dapatkan sangat banyak ketika mendalami dan membaca karya-karya sastra.

8. Meningkatkan Insting dan Intelegensi
Kehidupan dan pola yang ada pada sebuah karya sastra akan mempengaruhi naluri kehidupan kita yang sebelumnya mungkin belum tumbuh pada diri kita atau masih belum terangsang naluri yang yang naluri yang yang kita miliki. Alur yang penuh dengan teka-teki akan meningkatkan kecerdasan untuk menyesuaikan sebuah problem yang ada pada kehidupan sebuah karya sastra yang kita implementasikan pada kehidupan nyata kita yang tentunya akan menumbuhkan rasa naluri atau insting kita kita yang pada hakekatnya juga meningkatkan kecerdasan atau intelegensi meningkatkan kecerdasan atau intelegensi kita.

9. Mempengaruhi Pola Pikir
Nilai-nilai yang kita dapatkan ketika membaca sebuah karya sastra dari semua problema yang ada pada karya sastra akan membawa kita kepada perasaan yang lebih dewasa dan sensitif terhadap sebuah masalah dan bagaimana menyikapinya. Tentu hal ini sangat baik dan mempengaruhi kehidupan nyata kita terhadap sebuah masalah yang kita hadapi atau problema kehidupan sehari-hari.

10. Karya Sastra adalah Obat
Membaca karya sastra mampu menghilangkan kita dari rasa bosan, menghilangkan dari stres, menghilangkan tekanan batin, memberikan kepuasan hati perasaan dan juga batin. Karya sastra adalah obat penyejuk hati penghilang galau dan penghilang kebuntuan batin. Karya sastra adalah obat batin dan jiwa bagi seseorang yang benar-benar memahami dan membacanya dengan baik.

Itulah dia beberapa manfaat dari membaca karya sastra yang dapat kita implementasikan kepada kehidupan sehari-hari kita. Sebuah karya sastra yang berasal dari naluri dan pemikiran orang lain dan disalurkan juga kepada naluri dan pemikiran para pembacanya. Karena itulah karya sastra adalah sebuah keajaiban akal yang diberikan oleh Maha Pencipta kepada manusia yang menghasilkan sebuah karya melalui kata-kata tulisan atau gambar atau simbol yang bisa memberikan manfaat yang baik kepada orang banyak.

 

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

2 tanggapan untuk “10 Manfaat Membaca Karya Sastra

  • 12 Juni 2018 pada 22:59
    Permalink

    Membaca memang banyak sekali manfaatnya. Karena dengan membaca, kita akan menjadi tahu. Membaca dapat menambah wawasan lebih luas.
    Mengenai manfaat membaca karya sastra, memang membuat kita dapat meningkatkan imajinasi, meningkatkan kemampuan analisis, dll. seperti yang telah tersebut di atas.

    Balas
  • 14 Juni 2018 pada 06:16
    Permalink

    Membaca memang seharusnya sudah menjadi suatu kebutuhan mengingat begitu banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca
    Pemerintah pun sudah mempunyai program untuk kembali meningkatkan minat baca, tapi apalah artinya program bila tanpa adanya dukungan dari banyak pihak

    Setidaknya bisa dimulai dari lingkup kecil, terutama dari diri kita sendiri
    “ayo kita mulai membaca paling tidak lima belas menit perhari!”

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: