Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Assalamualaikum wr.wb hari ini saya akan berbagi tentang pengalaman saya sendiri bagaimana cara menaikkan percaya diri. Kepercayan diri sangatlah penting agar selalu tampil sempurna dantida ada perasaan yang ragu. Percaya diri sangat diperlukan dalam segala hal dan pada pekerjaan apapun terutama dalam hal berbicara didepan banyak orang misalnya saja berpidato.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kepercayaan diri sangat berpengaruh saat kita ingin belajar atau saat kita ingin melamar pekerjaan. Kepercayaan diri akanmempengaruhi kualitas kerja kita, sehingga ketika kita melihat lowngan pekrjaan sering kita temui ersyaratan untuk ampil pecaya diri. Percaya diri ini akan sangat bermanfaat untuk meyanikan banyak orang. Anda saja tidak peercaya diri maka apa yng kita sampaikan akan terlihst bohong atau asal asalan saja,walaupun yang kita katakan adalah benar. Dahulu saya orang nya suka plin plan dan tidak percaya diri, dan buat kamu yang plin plan dan tidak percaya diri saya akan memberikan tips bagaimana cara menaikkan kepercayaan diri anda.

Hal-hal yang harus kamu lakukan untuk menaikkan kepercayaan diri :

1. Anda harus menguasai keadaan
Maksudnya disini anda harus tahu menempatkan posisi di bagian mana yang anda kuasai. Ketika anda sudah menguasai keadaan, maka denan mudah anda meakukan apa saja yang anda mau. Peka dan lihatlah lingkungan sekitar anda, pelajari situasi agar ada bisa mengerti apa yang sebenanya anda butuhkan, sehinga anda bisa menguasai keadaan dan situasi

2. Menarik Nafas Panjang

Maksudnya disini anda harus bisa menahan diri tidak berbuat plin plan dan anda harus yakin bahwa apa yang anda lakukan itu benar. Menyampaikan sesuatu jangan terburu buru. Buatlah jeda dan tempo sejenak untuk meyakinkan diri. Terburu buru akan membuat sanda semakin merasa gugup.

3. Melakukan Peregangan Otot

Disini anda harus melakukan peregangan otot supaya anda tidak kaku saat berhadapan dengan khalayak ramai. Cobalah latihan laihan dasar pergerakan tubuh lalu sesuaikan dengan kata kata yang akan anda ucapkan. Hal ini bermanfaat agar anda tidak terpaku diam dan kaku saat berbicara didepan banyak orang.

4. Mengurangi Omongan Yang Tidak Perlu

Disini kamu harus bisa memilih omongan, jangan asal berbicara karena itu akan membuat anda malah akan kelihatan tidak percaya diri atau gugup. Bicarakan hal hal penting saja, dan usahakan jangan sampai ada mengulang ulang kata yang sama karena akan terlihat terbata bata. Berbicara tak penting akan membuat anda lupa alur yang sudah anda lalui. Jika ingn membuat sebuah lelucon disela sela pembicaraan, berlatihlah sebelum tampil.

5. Banyak Membaca

Maksudnya anda harus banyak membaca buku agar kamu memiliki banyak referensi saat anda ingin melamar pekerjaan ataupun saat anda ingin belajar. Membaca akan menambah banyak wawasan kepada kita. Jika ingin tampil berbicara, bacalah artkel atau buku sesuai tema anda dan cobalah kembangkan dengan versi kamu sendiri, tetapi makna yang dikandung teaplah sama.

Percaya diri selalu dibutukan, maka latihlah diri anda selalu. Tidak ada kata terlambat, dan tdak ada kata tidak bisa, selagi anda punya tekad, maka semua itu akan tercapai dengan mudah. Sesuai dengan kata pepatah, alah bisa karena biasa, maka cobalah biasa. Awalnya memang berat lalu terpaksa, dan akhirnya anda jadi terbiasa. Jadi janganlah lelah untuk belajar dan berlatih,karna proses tidak akan memobohongi hasil. Mungkin cukup sekian yang bisa saya bagikan kepada anda semoga bermanfaat :). Keep Smile And Keep Strong 🙂

Farid Syaumi

Berbagilah Semampu mu :) Keep Smile And Keep Strong :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: