Cara Menulis Pesan Tanpa Mengetik di WhatsApp

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh wabarakatuh, Selamat datang teman-teman di situ saya situ saya yang sederhana ini saya sangat senang kedatangan Anda kemari dan saya ucapkan terima kasih telah ucapkan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke situ saya Baiklah pembahasan kita kali ini adalah ini adalah tentang lagi trending nya fitur-fitur WhatsApp di mana katanya bisa menuliskan pesan hanya dengan menggunakan suara tanpa perlu mengetik sebenarnya ini bukanlah fitur baru baru di semua aplikasi kita bisa mengetik dengan suara tanpa mengetik dengan cari karena fitur ini adalah fitur bawaan Android. Sebenarnya saya tidak kaget jika hari ini atau baru-baru ini banyak yang trending dan menulis artikel-artikel artikel-artikel bagaimana cara menulis menggunakan suara di aplikasi WhatsApp. Sebenarnya bukan hanya di aplikasi WhatsApp bisa menulis dengan suara dan artikel yang anda baca ini saya menulisnya dengan suara bukan mengetiknya dengan keyboard. Mengetik teks dengan mengucapkan kata-kata bisa diterapkan di semua aplikasi bisa di aplikasi SMS, di aplikasi WhatsApp, buat status di Facebook, mengirim email atau apa saja yang ada di aplikasi Android. Fitur ini biasa disebut dengan fitur voice dan biasanya ada di bagian tombol keyboard tombol keyboard kita, letaknya mungkin setiap HP berbeda-beda berbeda-beda atau bahkan ada yang harus secara manual untuk mengaktifkannya.

Caranya pun sangat gampang, Anda cukup menekan lama tombol Voice yang berbentuk mikrofon pada keyboard anda, dan anda cukup mengucapkan kata-kata apa saja apa saja saja mengucapkan kata-kata apa saja apa saja saja yang ingin anda ucapkan. Jika anda ingin mengucapkan bahasa Indonesia maka setel pengaturannya menggunakan bahasa Indonesia dan sebenarnya kalaupun pengaturannya Bahasa Bahasa Indonesia pengaturannya Bahasa Indonesia kalaupun pengaturannya Bahasa Bahasa Indonesia tetap juga bisa menggunakan bahasa Inggris atau bisa juga menggunakan bahasa daerah yang sudah didukung oleh Google misalnya bahasa Jawa dan bahasa Bali yang ada di Indonesia, tapi saya sendiri belum mencobanya menggunakan bahasa daerah apalagi bahasa Jawa dan bahasa Bali, Karena saya bukan orang Jawa bukan pula orang Bali.

Cara ini bisa diterapkan di semua aplikasi bisa untuk mengirim SMS, bahkan menulis artikel untuk sebuah website. Contoh artikel yang ditulis menggunakan suara adalah artikel yang anda baca ini ini baca ini ini yang anda baca ini ini sendiri dan banyak artikel yang sudah saya tulis menggunakan suara dan tentunya saya menggunakan HP HP karena kita tidak perlu capek dan tidak perlu jari keriting kita bisa menghasilkan artikel yang berkualitas dan panjang bahkan cukup komat-kamit sudah menghasilkan beberapa kalimat, ini cukup luar biasa bukan.

Keuntungan fitur ini adalah kita bisa menghasilkan sebuah pesan atau artikel panjang yang berkualitas halnya dengan mengucapkan kata-kata atau berbicara sehingga kita lebih hemat waktu dan tidak capek mengetik dengan jari selain itu bahasa yang dihasilkan adalah bahasa yang baku tanpa ada kata-kata yang disingkat karena itulah situ ini memang fitur yang sangat luar biasa dan tentunya kehadirannya sudah cukup lama hanya saja banyak orang yang tidak tahu itu gunanya buat apa karena bentuknya kayak microphone mungkin itu dikira untuk karaoke padahal gunanya untuk menghasilkan teks yang diucapkan melalui suara.

Keuntungan lainnya adalah kita bisa menghasilkan sebuah artikel dengan membaca buku sebagai referensi ini adalah hal yang menarik bagi saya apalagi saya seorang penulis di blog atau web. Cuma butuh waktu 1 atau 2 menit artikel sepanjang ini bisa saya hasilkan dan saran saya buat teman-teman yang lain bisa menggunakan fitur ini agar waktu lebih hemat bahkan saat di jalan pun kita bisa melakukannya sabil naik kereta, naik angkot, naik pesawat, lagi golek-golek atau lagi berenang.

Kendati demikian fitur ini masih memiliki kekurangan, misalnya saja kita susah untuk menambahkan tanda baca titik koma misalnya, karena itu kita harus menulisnya secara manual di mana titik koma yang akan diletakkan. Tetapi menurut saya ini bukanlah sesuatu yang ribet, kalau tinggal meletakkan titik koma itu hal yang mudah. Yang penting sebuah tulisan atau pesan atau artikel yang kita inginkan sudah jadi kalau untuk menambahkan tanda baca itu ada mudah.

Baiklah teman-teman saya kira cukup sampai disini lah artikel saya kali ini semoga artikel ini bisa membantu teman-teman, dan saya minta maaf jika ada kata-kata saya dalam tulisan ini yang kurang dimengerti dan jangan lupa tanyakan di kolom komentar saya sangat menunggu komentar komentar teman-teman yang membangun dan memberi semangat kepada saya sampai jumpa di artikel selanjutnya jangan bosan-bosan berkunjung ke situ saya ini ya.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

2 tanggapan untuk “Cara Menulis Pesan Tanpa Mengetik di WhatsApp

  • 12 Juni 2018 pada 19:57
    Permalink

    Memang sekarang sangat mudah untuk ngirim pesan tanpa ngetik, ini juga sering saya lakukan jika jari lagi males bergerak.. hehe

    Balas
  • 12 Juni 2018 pada 22:53
    Permalink

    Baru tau saya, ternyata tombol rekam suara itu bisa menghasilkan tulisan. Saya kira itu fitur untuk kirim pesan suara doang. Hahahaha

    Oiya, mengenai partneran, sudah saya pasang link blognya di blogku, kang. Hehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: