Dampak Jumlah Penduduk Indonesia dan Upaya Penanggulangannya

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang besar (mencapai 203.456.000 berdasarkan sensus penduduk tahun 2000), maka tidak heran jika Indonesia dianggap sebagai pasar yang menjanjikan bagi kalangan dunia usaha. Sebenarnya, jumlah penduduk yang besar merupakan salah satu modal dasar pembangunan. Akan tetapi, hal tersebut dapat terjadi jika sumber daya manusia yang ada merupakan sumber daya manusia yang berkualitas; namun jika sumber daya manusia yang berkualitas tersebut jumlahnya terbatas, maka banyaknya jumlah penduduk merupakan kendala dalam melaksanakan pembangunan. Hal ini dikarenakantingginya tingkat ketergantungan dari manusia yang tidak produktif terhadap manusia yang produktif.

1) Dampak Jumlah penduduk Indonesia
Jumlah penduduk Indonesia yang semakin banyak dari tahun ke tahun tentunya menimbulkan dampak terhadap kehidupan sosial ekonomi Indonesia. Beberapa dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan dari banyaknya jumlah penduduk, antara lain:

  1. meningkatnya kebutuhan akan berbagai fasilitas sosial;
  2. meningkatnya persaingan dalam dunia kerja sehingga mempersempit lapangan dan peluang kerja;
  3. meningkatnya angka pengangguran (bagi mereka yang tidak mampu bersaing);
  4. meningkatnya angka kriminalitas.

2) Upaya Penanggulangan
Berikut ini beberapa kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia dalam upaya mengatasi masalah jumlah penduduk.

  1. Mencanangkan program Keluarga Berencana (KB) sebagai gerakan nasional, dengan cara memperkenalkan tujuan-tujuan program KB melalui jalur pendidikan, mengenalkan alat-alat kontrasepsi kepada pasangan usia subur, dan menepis anggapan yang salah tentang anak
  2. Menetapkan Undang-Undang Perkawinan yang di dalamnya mengatur tentang usia nikah
  3. Membatasi pemberian tunjangan anak bagi PNS/ABRI hanya anak kedua.

Saat ini, besarnya jumlah penduduk Indonesia menempati urutan pertama di antara negara-hegara ASEAN, menempati urutan ke tiga di Benua Asia setelah RRC dan India, serta menempati urutarn ke empat dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat. Kenaikan jumlah penduduk di tiap negara tersebut secara otomatis memengaruhi banyaknya jumlah penduduk dunia. Kondisi ini merupakan bentuk dinamika penduduk dunia.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: