Enzim Yang Berperan Dalam Katabolisme Gula

Assalamualaikum wr.wb kali ini saya ingin memberikan sedikit ilmu saya tentang Biologi yaitu tentang enzim yang berperan dalam katabolisme gula.

Katabolisme merupakan salah satuproses metabolisme yang di dalamnya melibatkan beberapa jenis enzim sebagaibiokatalisator. Keberadaan mereka ( enzim ) akan mempercepat laju reaksikatabolisme, dan ketiadaan mereka (:enzim ) akan menyebabkan reaksi katabolismeberjalan lambat.

Beberapa enzim dan koenzim yangberperan dalam reaksi katabolisme gula / glukosa pada prinsip nya diklasifikasikan menjadi 2 kelompok, yaitu :

A. Kelompok enzim yang berperan dalam reaksi oksidasi-reduksi.

Enzim-enzim yang termasuk dalam kelompok reaksi oksidasi-reduksi antara lain :

  1. Aerobik dehidrogenase, yaitu enzim yang mengkatalisis pelepasan hydrogen dari substrat dan sebagai ekseptor hidrogennya dapat menggunakan oksigen maupun zat buatan seperti metthylen blue. Contoh : Flavin Adenin Dinukleotida ( FAD )
  2. Anaerobik dehidrogenase, yaitu enzim yang mengkatalisis pelepasan hydrogen dari suatu substrat tetapi tidak memakai oksigen sebagai akseptornya. Enzim kelompok ini berfungsi untuk pemindahan hydrogen pada rantai pernapasan aerob dan untuk pemindahan hydrogen yang  tidak menggunakan rantai pernapasan aerob. Contoh : Nikotinamid Adenin Dinukleotida ( NAD ) dan sitokrom
  3. Hidroperoksidase, yaitu enzim yang menggunakan hydrogen perioksida ( H2O2 ) sebagai substrat. Contoh : peroksidase dan katalase.
  4. Oksidase, yaitu enzim yang mengkatalisis transfer langsung dan penggabungan oksigen ke dalam molekul substrat. Contoh : sitokrom b, c, c1, a dan a1.
B. Kelompok enzim yang berperan dalam pengubahan substrat yang tidak terkait dengan reaksi oksidasi reduksi. Contoh : heksokinase, adolase, fosfofruktokinase, fosfogliserat, enolase, piruvatkinase.

Semoga Bermanfaat Salam Bisyaaa

Farid Syaumi

Berbagilah Semampu mu :) Keep Smile And Keep Strong :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: