Acer Aspire E5-476G: Laptop Gaming Murah

Penampakan Acer Aspire E5-476G terlihat identik dengan pendahulunya Aspire E5-475G, yang menandakan tak ada perubahan desain meskipun ada peningkatan dari segi spesifikasi. Body Acer Aspire E5-476G terbuat dari bahan plastik dengan permukaan brush metal hitam matte disekitar keyboard serta motif berwarna abu-abu untuk bagian belakang layar dan bagian bawah laptop. Sentuhan tangan masih bisa dengan mudah tertinggal di area sekitar keyboard.

Acer Aspire E5-476G

Ulasan Spesifikasi Acer Aspire E5-476G

Acer Aspire E5-476G mempunyai 34.3 x 24.8 cm dimensi body untuk panjang dan lebar sisi dengan ketebalan sekitar 3 cm ketika layar ditutup. Dengan ukuran bodi yang ramping demikian, Aspire E5-476G tak terlalu berat saat dibawa. Aspire E5-476G menggunakan layar 14 inci dan memiliki resolusi 1366 x 768 px yang akan menghasilkan kerapatan 111 PPI. Jenis panel yang digunakan adalah TN (Twisted Nematic) yang banyak ditemukan pada laptop dengan harga ekonomis.

Meski tidak sekuat panel IPS untuk akurasi warna dan sudut pandang, kemampuan layar Acer E5-476G dalam menampilkan warna masih cukup baik untuk kelas panel TN. Karakteristik sudut pandang panel TN yang sempit juga menguntungkan jika membutuhkan privasi lebih. Sangat disayangkan layar laptop ini menggunakan permukaan glossy yang dapat mengganggu kenyamanan akibat pantulan lingkungan sekitar. Meningkatkan kecerahan layar secara maksimal dapat mengurangi gejala tersebut, meski tidak menghilangkannya sama sekali.

Di sisi kiri depan dapat ditemukan slot pembaca kartu memori dan dua lampu indikator, keyboard Acer Aspire E5-476G menggunakan tombol Chiclet. Yang mempunyai ukuran masing-masing tombolnya cukup luas, sehingga tidak menimbulkan kendala yang berarti bagi mereka yang bahkan memiliki jari yang besar. Memiliki tambahan satu tombol di kolom keyboard di sisi kanan untuk fungsi yang dapat digunakan tanpa perlu menggunakan tombol FN (Fungsi). Satu kolom tambahan juga membuat tombol panah kiri kanan tak sekecil tombol atas bawah.

Baca Juga   11 Penyebab Laptop Cepat Rusak Yang Jarang Diketahui

Keyboard Aspire E5-476G tak dilengkapi lampu backlit yang bisa membantu pengetikan dalam kondisi redup atau gelap. Tombol power on / off ditempatkan berbaur dengan tombol keyboard lainnya. Untungnya penekanan tombol yang singkat tak langsung membuat laptop ini mengalami proses Shutdown ataupun Hibernate.

Spesifikasi Acer Aspire E5-476G

Pada sisi bawah Acer Aspire E5-476G, ada ventilasi udara masuk yang memperlihatkan komponen sistem pendingin dasar. Komponen speaker tampaknya ditempatkan tepat di sebelah kaki penyangga laptop. Terlihat juga jika Aspire E5-476G memakai baterai tanam di bodinya.

Salah satu keunggulan Acer Aspire E5-476G adalah kemudahan mengupgrade penyimpanan dan RAM. Pengguna hanya perlu melepas satu penutup untuk mengakses komponen tersebut. Menurut Acer, jika segel garansi rusak yang dipasang pada cover itu tak membatalkan garansi. Tentunya komponen yang tidak built in saat dibeli / ditambahkan oleh pengguna tidak akan mendapat jaminan dari Acer.

Acer Aspire E5-476G dapat menampung hingga 32 GB kapasitas memori dengan kecepatan maksimum 2400 MHz. Berada tepat di sebelahnya yaitu slot M.2 yang diperuntukan memasang SSD. Beginilah kondisi Acer E5-476G ketika menggunakan dua memori dan SSD M.2. Pengujian dengan menggunakan Samsung 960, 2TB SSD memperlihatkan slot M.2 pada E5-476G sudah mendukung SSD tipe NVME. Namun ternyata slot M.2 memiliki level bandwidth yang hanya setara dengan PCIe 3.0×2.

Aspire E5-476G menyediakan penyimpanan 1 TB dari Toshiba. HDD bisa digunakan sebagai penyimpanan primer atau penyimpanan sekunder jika menggunakan SSD M.2. Tentunya HDD ini bisa diganti dengan SSD yang berukuran 2,5 inci kalau diinginkan. Acer Aspire E5-476G mempunyai kemampuan daya hingga 65 Watt. Untungnya perangkat pengisi daya ini cuma memiliki berat sekitar 323 gram sehingga tak membebani ketika dibawa dengan laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share