3 Aplikasi Cek Kesehatan Hard Disk Gratis Tapi Work 100%

Aplikasi Cek Kesehatan Hard Disk – Untuk kalian yang biasa bekerja di depan PC komputer ataupun laptop maka pastinya kesehatan Hard Disk mengapa penting untuk diperhatikan dikarenakan peran penting dari perangkat keras tersebut yaitu sebagai otak dalam menyimpan semua file baik file dokumen penting sampai file multimedia sehingga file tersebut akan aman tersimpan pada hdd. Bagi kalian yang ingin tetap mempunyai Hard Disk yang tetap sehat maka alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan dengan aplikasi cek kesehatan Hard Disk yang dijamin work 100% dan pastinya gratis.

Aplikasi cek kesehatan Hard Disk yang akan kami bahas pada artikel kali ini supaya bisa memberikan informasi yang kalian butuhkan tentang bagaimana cara melindungi data yang ada pada ada tempat penyimpanan internal komputer agar bisa tetap baik dan selanjutnya bisa tetap kalian gunakan. Ketika kalian tidak memperhatikan masalah kesehatan hardisk, maka ditakutkan hdd yang kalian miliki mengalami error atau rusak sehingga nantinya tidak bisa lagi digunakan dan pastinya data yang ada pada Hard Disk malah tidak lagi bisa kalian backup atau pakai kembali.

Melakukan pengecekan kesehatan hardisk wajib kalian lakukan secara berkala di mana cara Ini adalah cara untuk melakukan antisipasi agar data tidak hilang apalagi di zaman sekarang ini, untuk kualitas Hard Disk berbeda merk maka berbeda kualitasnya dan oleh karena itu, dengan melakukan cek cek kesehatan hdd pC komputer atau laptop menjadi kegiatan yang sangat penting dilakukan.

Aplikasi cek kesehatan Hard Disk

Di bawah ini adalah cara melakukan pengecekan kesehatan Hard Disk dengan menggunakan aplikasi gratis dan untuk tutorialnya adalah sebagai berikut.

Menggunakan aplikasi Tool Windows CHKDSK

Untuk cara pertama ia sangat direkomendasikan karena sudah disediakan oleh windows itu sendiri yaitu kalian bisa menggunakan aplikasi bernama Tool Windows CHKDSK.

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang ampuh dan banyak digunakan untuk melihat kondisi Hard Disk yang kalian pakai dan untuk caranya terbilang sangat mudah dimana aplikasi ini adalah aplikasi bawaan dari Windows dan untuk melakukan pengecekannya adalah sebagai berikut.

Windows CHKDSK
Windows CHKDSK
  1. Silakan kalian pilih Hard Disk yang akan dilakukan pengecekan kesehatan
  2. Selanjutnya silakan kalian pilih properties
  3. Setelah itu kalian pilih di bagian tools dan pilih pengecekan Hard Disk
  4. Silakan pilih di bagian Check/Check Now agar komputer dapat memulai pengecekan dan juga melakukan perbaikan
  5. Selanjutnya jika hdd aman dan sehat nantinya akan muncul pesan jika tidak usah melanjutkan ke pengecekan atau pemindaian.

Aplikasi dari produsen

Selanjutnya aplikasi yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pengecekan secara gratis tentang kondisi hard disk yang kalian miliki yaitu dengan menggunakan dari produsen HDD dan untuk caranya sangat mudah yaitu sebagai berikut.

  1. Silakan kalian memilih device manager
  2. Setelah itu kalian pilih di bagian Disk Drives
  3. Selanjutnya pilih simbol segitiga dan silakan kalian lihat model hard disk yang kalian gunakan
  4. Selanjutnya silakan ketik nomor seri di Kolom pencarian Google dan artinya kalian akan langsung membawa ke merek hard disk
  5. Setelah itu silakan kalian masuk ke website resmi dan buka halaman support dan jangan lupa cari aplikasi hard disk
  6. Apabila sudah ada silakan instal aplikasi tool hard disk agar mengetahui kondisi hardisk kalian.

Aplikasi hardisk Sentinel

Selanjutnya aplikasi terakhir yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pengecekan kesehatan Hard Disk yang kalian gunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi yang paling banyak dipakai bernama Hard Disk Sentinel. Untuk cara lengkapnya ada sebagai berikut:

  1. Silakan kalian download aplikasi gratis ini melalui link berikut: Hard Disk Sentinel
  2. Selanjutnya silakan install di PC komputer
  3. Silakan jalankan aplikasi dan kalian pilih Hard Disk yang akan dilakukan pengecekan
  4. Selanjutnya untuk hasil nantinya akan langsung terlihat Bagaimana kondisi Hard Disk yang mengusung lambang 2 bar dengan keterangan performance dan health
  5. Untuk informasi lebih lanjut tentang kondisi hdd kalian maka pilih di bagian S.M.A.R.T.

Itulah penjelasan kami tentang bagaimana cara cek kesehatan hardisk dengan menggunakan aplikasi baik bawaan Windows ataupun aplikasi pihak ketiga dan cara ini, menjadi cara yang recommended supaya kalian bisa melakukan antisipasi kehilangan data di saat hdd rusak tanpa kalian ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share