13 Bahan Alami Pewarna Rambut

13 Bahan Alami Pewarna Rambut – Bahaya pada cat rambut berbahan kimia jika terlalu sering digunakan mampu memicu iritasi pada kulit, bahkan juga pada pernapasan. Daya tahan dari tubuh kita juga bisa terpengaruh akibat dari zat kimia yang terdapat di dalam cat rambut. Satu lagi yang kita sering dengar, yaitu kanker, dimana penyakit ini pun akibat dari pada cat rambut. Karena itu Weare.id akan menginformasikan 13 Bahan Alami Pewarna Rambut yang dijamin aman.

Bahan Alami Pewarna Rambut yang akan kami bahas pada artikel kali ini dijamin bisa dilakukan oleh siapapun. Selain bahan alami, juga kalian akan terhindar dari masalah rambut yang memang menjadi momok saat memakai cat rambut dengan bahan moderen. Sebut saja Phenylenediamine atau PPD, adalah sebuah iritan kulit yang bakal juga mengganggu pernapasan kamu. Ini sudah terbukti berbahaya dikarenakan telah diklasifikasikan sebagai zat beracun untuk lingkungan di Uni Eropa.

Quaternium-15, adalah zat atau bahan kimia pelepas formaldehida. Formaldehida adalah suatu substansi yang membawa sifat karsinogen hingga dapat dipastikan sangat berbahaya bagi tubuh.
Alkylphenol ethoxylates atau APE, adalah zat atau bahan kimia berbahaya yang diduga mampu membuat kinerja hormon pada tubuh manusia menjadi kacau.

Tentu dikarenakan hal tersebut dapat kita katakan lebih baik bila menggunakan pewarna rambut alami yang aman dan baik untuk kulit kepala dan kesehatan tubu. Berikut ini merupakan beberapa cara mewarnai rambut secara alami sebagai solusi pewarna rambut alami yang efektif untuk kamu.

Bahan Alami Pewarna Rambut

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kalian coba untuk menjadi pewarna rambut alami, diantaranya adalah sebagai berikut.

Jus Lemon

Bila kamu menginginkan warna terang pada rambut, kamu bisa memanfaatkan jus lemon sebagai cara mewarnai rambut secara alami. Manfaat lemon pada rambut tidak sekedar untuk membuat rambut terhindar dari kekeringan saja. Tapi jus lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna rambut yang alami, aman dan yang lebih penting tanpa efek samping.

Cara Pertama yaitu kamu siapkan buah lemon secukupnya, laku kamu peras untuk mendapatkan air lemon. Usaha mendapatkan air lemon sebanyak kurang lebih 1 cangkir, lalu gunakan dengan merata di rambut kamu, diamkan sampai 30 menit. Kamu akan memperoleh warna coklat muda setelah menggunakannya, tapi karena kinerjannya cukup lambat jadi kamu bisa melakukannya beberapa kali.

Cara mewarnai rambut secara alami yang kedua yaitu Kamu dapat mencampurkan jus lemon bersama teh kamomil untuk mendapatkan efek warna rambut terang yaitu warna coklat muda. Kamu bisa meyeduh teh kamomil lebih dahulu hingga mengental teksturnya, kemudian kamu bisa tambahkan secangkir air perasan lemon. Kemudian kamu menggunakannya secara merata di rambut kamu, tunggu hingga 30 menit atau beberapa jam agar bahan tersebut meresap dengan baik. Kamu bisa mengulangi cara ini sampai 3 kali dalam seminggu agar memperoleh warna coklat terang dan sempurna seperti yang kamu dambakan.

Kunyit

Kunyit biasa digunakan oleh kita sebagai rempah untuk memesak dan ramuan, tetapi kunyit juga bisa kita manfaatkan sebagai cara mewarnai rambut secara alami dan aman. Bila kamu menginginkan warna warna rambut yang lebih terang seperti coklat muda dan kamu ingin mencoba warna pirang tanpa menggunakan bahan kimia, kunyit adalah bahan yang tepat untuk digunakan sebagai cara alami mewarnai rambut menjadi pirang.

Baca Juga   20 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Daripada kamu harus melakukan bleaching yang akan membuat rambut kamu menjadi rusak, kunyit menjadi solusi yang aman dan murah. Bahan yang biasanya kita gunakan sebagai pewarna pada nasi kuning ini akan memberikan warna yang kurang lebih sama pada rambut kamu.

Cara mewarnai rambut dengan kunyit yaitu kamu cukup siapkan kunyit yang telah diparut kurang lebih ¼ cangkir dan tambahkan sedikit air agar mejadi cairan kunyit yang pekat. Kemudian siapkan botol spray yang telah dicuci bersih, kemudian cairan kunyit siap kamu pindahkan ke botol itu. Lalu kamu bisa langsung semprotkan cairan tersebut ke seluruh bagian rambut sampai rata. Kamu bisa meremas rambut kamu secara lembut supaya cairan tersebut meresap sempurna. Diamkan beberapa jam dan tunggu sampai rambut kamu mengering kemudian baru dibilas dengan air bersih.

Efek yang dihasilkan tidak akan secepat bila kamu ke salon. Oleh karena itu setiap 2 hari sekali, kamu bisa mengulangi cara pewarnaan tersebut. Tujuan dari kita mengulang perawatan diatas agar memperoleh warna rambut yang terang sesuai dengan dambaan kamu.

Minyak Urang Aring

Jika kamu menginginkan warna rambut gelap atau hitam secara alami, kamu bisa menggunakan minyak urang aring ini merupakan cara mewarnai rambut dengan bahan alami yang tentu dapat dipastikan aman. Ini karena minyak urang aring sangat dipercaya sejak dahulu dalam hal mengatasi rambut yang memiliki uban. Dari dulu memang minyak urang aring sudah sangat bermanfaat, pastiknya hal ini jadi pertimbangan kamu untuk mencoba bahan alami ini.

Cara mewarnai rambut secara alami dengan minyak urang aring cukup sederhana, yaitu kamu bisa langsung saja mengoleskan minyak urang aring padarambut ataupun kulit kepala dengan sambil memijatnya secara halus. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, kemudian kamu dapat mengeramasinya supaya nutrisi bisa teresap lebih dulu. Dengan melakukan metode pewarnaan ini sudah dipastikan aman dan hasilnya mampu membuat rambut kamu hitam alami seperti yang kamu dambakan.

Daun Pandan

Daun pandan yang biasa kita gunakan sebagai pewangi makanan, kini bisa dimanfaatkan sebagai cara mewarnai rambut secara alami dengan efek warna yang agak kehijauan. Bagi kamu yang ingin melakukan eksperimen dengan pewarna rambut yang memiliki warna unik, daun pandan bisa menjadi alternatif pilihan.

Cara mewarnai rambut secara alami dengan menggunakan daun pandan yaitu pertama sediakan daun pandan 7 lembar dengan di potong-potong terlebih dadulu dengan panjang sekitar 3 cm. Kemudian kamu rebus daun pandan dengan air sampai mendidih dan air berubah warna menjadi kehijauan. Kamu bisa menyaring terlebih dahulu lalui diamkan selama semalaman. Keesok harinya kamu dapat mencampur air pandan dengan jus mengkudu, kemudian dapat dioleskan ke rambut kamu secara merata. Untuk hasil optimal bisa menggunakannya seminggu 3 kali, untuk ramuan ini tidak boleh disimpan lebih dari 2 minggu.

Kemiri

Bila kamu mendambakan rambut hitam tanpa uban, Kamu bisa mencoba memanfaatkan kemiri sebagai cara mewarnai rambut secara alami dan aman. Dengan menggunakan kemiri ini, rambut tidak akan berisiko mengalami kerusakan dan tentunya tidak memerlukan biaya yang mahal seperti ketika kamu melakukan perawatan rambut di salon.

Cara mewarnai rambut secara alamidengan kemiri yaitu kemiri perlu kamu sangrai terlebih dulu, lalu ditumbuk hingga teksturnya menjadi lembut dan mengeluarkan mi nyak. Dan minyak ini yang akan kita ambil kemudian kamu bisa mengoleskan serta pijat pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Bisa kamu lakukan perawatan ini sekitar setengah jam sebelum kamu melakukan keramas. Kamu akan memiliki rambut hitam berkilau setelah melakukan perawatan beberapa minggu dan beberapa kali perawatan.

Baca Juga   50+ Daftar Lagu Jepang Enak Terbaik dan Populer

Cangkang Kenari

Bila kamu memiliki uban dan ingin menutupinya agar tidak terlihat dan tampil lebih gaya dengan awet muda, kamu bisa mencoba memanfaatkan cangkang kenari. Warna hitam gelap dengan sempurna akan kita miliki bila melakukan perawatan rambut dengan menggunakan cangkang kenari.

Cara mewarnai rambut secara alami dengan cangkang kenari cukup mudah yaitu kamu dapat mencoba untuk menghancurkan cangkang kenari terlebih dulu, lalu dididihkan bersama air sekitar 30 menit. Terapkan pada rambut kamu setelah didihan cangkang kenari sudah dingin dan setelah kamu saring. Setalah sudah dioleskan sempurna pada rambut kamu, diamkan selama 1 jam lebih agar teresap sempurna, kemudian bilas dengan air bersih.

Cengkih dan Kayu Manis

Untuk memiliki warna rambut yang cukup terang seperti coklat muda, selain menggunakan lemon kamu juga bisa memanfaatkan cengkeh dan kayu manis sebagai solusi untuk cara mewarnai rambut secara alami warna coklat. Untuk menghasilkan rambut yang cerah, kamu bisa mengkombinasikan kedua bahan itu untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Ini merupakan cara yang efektif, karena kamu tidak perlu melakukan bleaching rambut.

Cara mewarnai rambut secara alami dengan menggunakan cengkeh dan kayu manis yaitu kamu perlu meyediakan bubuk cengkih dan bubuk kayu manis ½ sampai 1 cangkir untuk masing-masing bahan, kemudian campurkan bersama air secukupnya agar membentuk larutan yang nantinya dapat digunakan di rambut kamu. Cairan tersebut atau larutan kombinasi antara kayu manis dan cengkih bisa kamu oleskan ke rambut sambil meremasnya. Bisa kamu tutup kepala kamu dengan menggunakan shower cap dan diamkan minimal 30 menit samapai 1 jam. Kamu akan membutuhkan pengulangan dalam prosesnya 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Henna

Henna merupakan bahan yang populer yang dapat kita gunakan solusi cara mewarnai rambut secara alami. Bubuk henna merupakan bubuk yang berasal dari daun tanaman yang bernama henna serta memiliki pigmen pewarna yang alami. Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk rambut, teteapi henna juga bermanfaat untuk kulit dan kuku.

Henna dapat digunakan untuk menghasilkan warna rambut yang merah keoranyean, kamu bisa mendapatkannya tanpa perlu melalui proses bleaching yang dapat merusak rambut kamu. Untuk melakukan percobaan terlebih dahulu, kamu bisa menerapkannya pada ujung rambut kamu terlebih dahulu untuk melihat efek warnanya.

Cara mewarnai rambut dengan henna yaitu apabila kamu sudah yakin untuk melakukan pewarna ini, kamu bisa ediakan bubuk henna kurang lebih 1 cangkir dengan air perasan lemon sejumlan 2 gelas. Bisa juga kamu tambahkan cuka 1 sendok makan agar henna bisa mengeluarkan warna dengan maksimal. Diamkan dahulu sekitar 4-6 jam sampai tekstur lebih kental, kemudian baru bisa kamu olehkan ke rambut dan menyisirnya agar merata. Kamu dapat menggunakan shower cap untuk menutup rambut kamu, kemudian diamkan sampai 2-3 jam lalu bilas dengan air bersih.

Daun Jelatang

Sebenarnya daun jelatang sudah dikenal sebagai bahan alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita dikarenakan memiliki nutrisi yang kaya. Dan ternyata banyak orang yang menggunakannya untuk mencegah timbulnya penyakit. Tumbuhan ini masih termasuk dalam kategori rerumputan yang bisa kamu manfaatkan untuk tambil lebih lebih bergaya dengan gaya warna rambut berbeda. Tidak ada salahnya bila kamu mengkombinasikannya dengan rosemary agar rambut menjadi lebih kuat dan subur.

Baca Juga   Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara mewarnai rambut secara alami dengan menggunakan daun jelatang yaitu kamu siapkan daun jelatang secukupnya dengan daun rosemary dan kamu tumbuk sampai. Ramuan ini dapat kamu oleskan ke seluruh bagian rambut samapai merata. Sesudah itu kamu tunggu samapi beberapa jam sebelum kamu basuh dengan air bersih. Cara ini bisa kamu ulangi beberapa kali dalam seminggu agar rambut kamu memiliki warna coklat yang sempurna.

Bunga Sepatu

Manfaat dari bunga sepatu untuk rambut kita bukan hanya sekadar menjadikan rambut kita lebih lembut, tetapi bisa kamu jadikan pewarna rambut alami untuk menutupi uban dengan sempurna. Cara mewarnai rambut secara alami dengan menggunakan bunga sepatu ini cukup mudah dan tentunya tidak ribet.

Caranya yaitu kamu sediakan beberapa tangkai bunga sepatu yang dapat diambil bagian kelopak bunganya. Panaskan terlebih dulu kelopak bunga sepatu dengan minyak zaitun atau bisa juga dengan minyak kelapa sampai warnanya berubahan menjadi lebih gelap. Diamkan terlebih dulu samapai dingin. Setelah itu kamu bisa oleskan ke rambut sambil pijat kulit kepala kamu, diamkan seampai setengah jam setelah itu baru bilas sampai bersih dengan air. Untuk mendapatkan rambut berwarna hitam sempurna, kamu bisa mengulangi cara diatas beberapa kali lagi bila dibutuhkan.

Buah Bit

Pilihan untuk pewarna rambut alami yang dapat kamu pertimbangkan untuk menampilkan warna coklat kemerahan atau warna rambut pirang gelap yaitu bisa menggunakan buah bit. Dikarenakan buah bit memiliki kandungan antosianin, kamu bisa menjadikan rambut kamu menjadi tampil lebih menawan.

Cara mewarnai rambut secara alami dengan menggunakan buah bit yaitu pertama kamu potong buah bit menjadi dadu, kemudian blender sampai halus. Saring demi mendapatkan sari buah bit, lalu kamu bisa campurkan dengan bubuk henna. Campuran ini yang bisa kamu oles ke seluruh rambut kamu, diamkan hingga 2 jam agar warna yang didapat menjadi sempurna. Setelah itu kamu bisa bilas menggunakan air hangat, dan kemudian keringkan rambut.

Bunga Calendula

Bunga calendulu memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, bunga calendula juga dapat kamu manfaatkan sebagai obat herbal untuk kesehatan kamu. Akan tetapi kamu juga bisa memanfaatkannya menjadi pewarna rambut alami yang mengasilkan warna oranye kecoklatan.

Cara mewarnai rambut secara alami dengan bunga calendula yaitu bunga calendula bisa kamu tumbuk bersama kelopak bunga hibiskus. Kamu siapkan air 2 cangkir sebagai tempat merendam kedua bahan yang telah ditumbuk tadi, diamkan sampai 30 menit. Larutan ini lalu dapat dioleskan ke rambut kamu dan diamkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air.

Herbal

Ada berbagai macam herbal yang dapat dimanfatkan sebagai cara mewarnai rambut secara alamidan aman. Ada rosemary, jelatang (nettle), dan sage yang termasuk sebagai herbal yang sering dimanfaatkan sebagai pewarna rambut alami.

Caranya yaitu kamu didihkan herbal pilihan kamu dengan air selama kurang lebih 30 menit. Dinginkan dan saring, lalu semprot atau bisa sikat pada rambut kamu.Setelah itu, kamu biarkan samapi satu jam. Kamu mungkin perlu melakukan cara ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share