Blog Lebih Ekspresif Dengan Domain .blog

Pernahkah anda mendengar kata domain? Domain ibarat sebuah alamat rumah yang menjelaskan tentang letaknya berada. Ibarat sebuah rumah, alamat digunakan untuk mengetahui lokasi keberadannya sehingga orang lain tidak tersesat menuju rumah tersebut. Domain ibarat sebuah alamat pada rumah. Domain menjadi alamat umtuk menuju sebuah website. Seseorang bias dengan mudah mengunjungi sebuah website dengan mudah melalui domain.

Seperti apakah domain itu? Mungkin kita semua tidak asing lagi dengan google.com atau blogspot.com. Google.com atau yang lainnya dinamakn sebagai domain.  Apakah harus dengan memiliki domain agar bias memiliki sebuah website? Tentu saja tidak. Kita bias membuat website dengan menggubakan alamat IP. Misalnya saja 198.160.80.80 tentu saja tidak menarik dan sangat sulit untuk diingat.

Salah satu fungsi domain adalah memberikan nama unik yang berbeda dengan yang lain dengan ekstensi tertentu. Beberapa ekstensi domain misalnya .com .net .org .id .blog dan masih banyak lagi. Pemilihan domain yang unik dan mudah diingat agar nama website yang kita miliki mudah diingat oleh pengunjung. Selain nama yang unik tentu saja pemilihan ekstensi yang benar dan tepat sasaran adalah prioritas juga.

Dari pembahasan di atas kita bias menarik kesimpulan bahwa domain adalah sebuah nama yang unik dengan ekstensi tertentu yang diberikan pada sebuah website sehingga dengan mudah untuk dikunjungi. Pemilihan nama yang unik dan berbeda akan memberikan kesan kepada pengunjung.

Domain .blog untuk situs blog

Domain .blog

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa penggunaan ekstensi pada domain salah satu prioritas yang digunakan agar memiliki keunikan tersendiri. Ekstensi domain .blog cocok digunakan untuk situs blog seperti blogger, wordpress maupun situs dari weebly dan sejeninya. Pemilihan domain .blog dimaksudkan agar blog kita lebih memiliki focus sehingga lebih professional. Hal ini juga sejalan dengan tujuan situs yang kita miliki yaitu menggambarkan ekspresi diri sendiri (pemilik blog).

Pastinya setiap orang memiliki prinsip yang berbeda beda sehingga pemilihan nama yang tepat akan menggambarkan kita yang sebenarnya.

Sekilas tentang domain .blog

Domain .blog adalah domain TLd (top level domain) yang setara dengan domain .com, .net, .org, .id dan domain TLD lainnya. Domain .blog masih tergolong baru sehingga masih banyak peluang untuk mendapatkan domain yang unik sebelum di ambil oleh orang lain. Sampai sejauh ini setidaknya 250 ribu domain .blog sudah di daftarkan. Ini artinya eksistensi domain .blog banyak diminati oleh kalangan blogger.

Kehadiran .blog memberikan suasana baru yang tentunya akan lebih mudah membedakan situs yang benar benar blog atau situs biasa dan perusahaan. Dalam hal keistimewaan tidaklah berbeda dengan tld lain. Bagi blogger domain ini juga bisa didaftarkan untuk adsense seperti domain lainnya. Domain ini di jual dengan harga yang bersaing dan masih terjangkau.

Situs seperti apa yang cocok menggunakan domain .blog?

Domain .blog

Sebenarnya tidak ada Batasan siapa saja yang akan menggunakan domain .blog ini. Pada dasarnya semua ekstensi domain memiliki fungsi yang sama yaitu sebuah identitas. Tentu saja semua orang ingin identitasnya harus dikenal oleh orang lain sehingga memiliki rating yang baik bagi pengunjungnya.

Baca Juga  Jagoan Hosting: Web Hosting Murah Terbaik Indonesia #MakinMudah

Domain .blog bias dipakai disemua flatform seperti blogger dan wordpress. Domain .blog memberikan ciri kepada pemiliknya bahwasanya dia adalah seorang blogger. Selain itu mencirikan halaman website berisi informasi. Blog pada hakikatnya berisi informasi atau artikel yang terurut berdasarkan waktu menerbitkannya.

Apakah domain .blog hanya untuk blogspot atau wordpress saja? Domain .blog tepat juga dipakai untuk website informasi sebuah perusahaan atau instansi sejenisnya. Mungkin banyak diantara kita pernah melihat website perusahaan yang memiliki salah satu menu blog yang di dalamnya memuat banyak informasi yang terupdate.

Kita ambil contoh halaman blog dari jagoan hosting yang beralamat di jagoanhosting.com/blog. Ini menujukkan bahwa penggunaan situs blog tidak terbatas hanya pada kalangan perorangan saja (blogger biasa). Akan lebih menarik dan professional jika alamat blog yang tadinya namadomain.com/blog diganti menjadi namadomain.blog sehingga terlihat lebih mandiri dan profesioanl.

Dari pemaparan yang sudah kita baca sebelumnya dapat kita Tarik kesimpulan bahwa domain .blog cocok untuk semua kalangan bukan hanya blogger di blogspot ataupun wordpress saja, namun cocok juga bagi website atau brand besar yang memiliki halaman blog pada websitenya.

Keuntungan menggunakan domain .blog

Domain .blog

Sebelum terlanjur memilih ekstensi domain tentu kita juga harus memikirkan keuntungannya sehingga kelak tidak ada yang namanya penyesalan. Kita harus benar benar matang dan mengerti pemilihan nama domain kita. Hal ini dimaksudkan agar tujuan kita benar benar tercapai bias memiliki nama domain yang bagus dan memiliki blog yang bagus pula. Berikut ini keuntungan menggunakan domain .blog:

1. Mudah diingat

Domain .blog memnag unik dan berbeda dengan domain .com yang terkesan sangat umum dan terlalu pasaran. Penggunaan .blog mengingatkan bahwa website kita benar benar memberi informasi yang tepat. Kita menyadari bahwa rata rata orang tau kalua informasi yang mereka dapatkan dari internet berasal dari blog sehingga tidaklah rugi menggunakan domain .blog. Ini juga akan membedakan blog kita dengan website pada umumnya.

2. Blog lebih ekspresif

Maksud dari ekspresif adalah berisfat menerangkan atau memberikan gagasan dari diri sendiri. Artinya adalah orang akan yakin bahwa infromasi yang mereka dapatkan dari blog yang berdomain .blog benar benar ide kita. Banyak situs blog yang memberikan informasi yang ternyata hasil copy pasti alias plagiat. Tentu saja memiliki domain .blog memberikan kepercayaan pengunjung terhadap isi blog kita yang bukan sembarangan saja.

3. Menggambarkan jati diri

Domain .blog memberikan kesan terhadap jati diri pemiliknya yaitu seorang blogger. Memperkenalkan jati diri lewat ide dan informasi menarik tentu memberikan rasa bangga terhadap pemiliknya. Tanpa berpikir Panjang sekalipun orang akan tahu bahwa pemilik domain .blog berprofesi sebagai seorang blogger lewat nama domain kita. Jati diri yang baik akan memberikan banyak motivasi dan ispirasi bagi orang lain.

4. Menunjukkan komunitas

Coba bayangkan ketika kita memiliki domain .blog, tentu ini menggambarkan sebuah komunitas kita. Domain .blog tidak akan membedakan apakah kita dari blogger blogspot atau wordpress tetapi menyatukan menjadi komunitas blogger secara unity atau menyatu. Ini akan menggambarkan kekompakan antar blogger yang membuat semakin tinggi rasa empati dan saling menghargai dimana akan menghasilkan para blogger yang lebih profesional, dalam artian lebih percaya diri dan tidak saling plagiat.

Baca Juga  Lika Liku Saya Mengenal Dunia Internet

Apakah domain .blog SEO?

Domain .blog

Pertanyaan perihal SEO tak ada habis habisnya. Pertanyaan ini sangat banyak ditanyakan oleh para blogger di forum blogger tentang ke-SEO-an sebuah domain. Begitu juga dengan domain .blog tentu saja banyak pertanyaan apakah domain ini mudah dicari dan terindek oleh mesin pencari seperti google. Untuk menjawab pertanyaan ini berikut akan kit aulas Bersama tentang ke-SEO-an domain .blog

1. SEO tidak selalu bergantung pada ekstensi domain

SEO (Search Engine Optimation) tidak selalu bergantung pada ekstensi domain. Domain .blog memiliki tingkat dan pandangan sama oleh mesin pencari dengan domain .com dan sejenisnya. Mesin pencari tidak akan membedakan setiap ekstensi apalagi menganak tirikan ektensi domain. Perlu digaris bawahi bahwa SEO pada hakikatnya adalah pengoptimalan pada situs blog, bukan pada ekstensi nama domainnya.

2. SEO bergantung pada kualitas konten

Kualitas sebuah konten menjadi tolak ukur mesin pencari dalam memberikan rating pada situs blog kita. Buktinya adalah kita bias melihat ketika mencari sebuah artikel di google misalnya, maka google akan menampilkan berbagai ekstensi domain dan bisa saja domain blogspot atau wordpress yang paling atas mengalahkan domain TLD lainnya. Ketika anda mencari berbagai sumber yang membahas masalah SEO pasti poin utama yang dibahas adalah kualitas konten. Ini dikarenakan mesin pencari memilih website blog berdasarkan seberapa relevan informasi yang mereka cari dengan konten kita.

Jadi, domain .blog akan SEO jika kita benar benar membuat konten yang berkualitas dan situs blog yang memberikan mabfaat kepada pengunjung. Ekstensi domain tidaklah mencerminkan ke-SEO-an, melainkan dipengaruhi oleh kualitas blog kita.

Apakah harga domain .blog terjangkau?

Mengingat domain .blog ditujukan kepada para blogger tentu mempertimbangkan harga yang akan ditetapkan. Domain .blog tergolong masih baru namun sudah memiliki sekitar 250 ribu domain yang terdaftar. Karena domain ini untuk blogger maka harga yang ditawarkan juga sesuai dengan harapan para blogger yaitu harga murah dengan banyak promo.

Membeli domain .blog di Jagoanhosting.com

Kita juga harus mempertimbangkan dimana kita membeli domain .blog agar memiliki harga yang murah. Selain harga murah juga harus merupakan provider yang terpercaya agar domain kita selalui live untuk diakses. Berikut ini kenapa harus membeli dari Jagoanhosting.com

1. Jagoan hosting memberikan banyak promo

Domain .blog sebenarnya belum lama diperjual belikan oleh jagoan hosting, namun sudah berberapa kali memberikan promo pembelian domain .blog dengan harga yang murah. Harga yang ditawarkan tidak akan menguras isi kantong kita karena dijual dengan terjangkau. Promo domain .blog yang sudah dilakukan oleh jagoan hosting memiliki harga 18 ribu rupiah dan 25 ribu rupiah saja. Selain promo harga murah jagoan hosting melakukan flashk sale berkala dengan harga yang fantastis bahkan dibawah harga 10 ribuan. Silakan beli domain .blog disini

Baca Juga  TravelBlog.id: Tempat Berbagi dan Mencari Informasi Travelling

2. Control domain dan pointing ke situs blog

Jagoan hosting memberikan kemudahan untuk melakukan konfigurasi DNS domain .blog dengan control panel domain yang mudah dipahami. Kita bisa dengan mudah mengatur DNS untuk blog kita baik di blogspot maupun wordpress atau cpanel sekalipun. Dengan control yang mudah kita juga dengan mudah melakukan perpanjangan domain jika sudah expired.

3. Layanan Jagoan Hosting yang memuaskan

Jagoan hosting memberikan pelayanan kepada costumer dengan baik dan memuaskan. Layanan jagoan hosting memiliki nilai rating 4,4 dari 5. Ini menunjukkan bahwa jagoan hosting berkomitmen memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Selain layanan yang memuasakn, jagoan hosting adalah provider yang berpengalaman sejak tahun 2007 sampai sekarang. Layanan yang diberikan sangat terpercaya sehingga anda tidak perlu ragu akan kehilangan data dan domain kesayangan anda.

Cara membeli domain .blog

Jika anda sudah memahami semua tentang domain .blog, sekarang saatnya membelinya. Tidak perlu menunggu lama karena bisa saja nama domain yang anda inginkan sudah diambil oleh orang lain. Pastikan nama domain .blog kesayangmu benar benar jatuh kepelukan anda. Berikut ini cara membeli domain .blog dari jagoan hosting:

1. Yang pertama adalah pikirkan nama domain yang unik atau lucu yang menggambarkan situs blog atau kreatifitasmu. Selanjutnya kunjungi website jagoanhosting.com. Pastikan anda mendapatkan promo yang menarik. Masukkan nama domain di kolom pencarian dan pilih ekstensi .blog lalu klik tombol cek domain.

Domain .blog

2. Jika sudah akan menampilkan nama domain yang kamu inginkan jika masih tersedia. Selanjutnya klik add to cart dan jangan lupa klik tombol lanjutkan review order.

Domain .blog

3. Silahkan isi data diri kamu dengan benar untuk membuat akun di jagoan hosting. Jika sebelumnya anda sudah memiliki akun klik saja login agar masuk ke akun kamu.

4. Kita akan diarahkan ke halaman checkout dimana terlihat harga domain yang akan kita bayarkan. Harga domain biasanya akan ditambahkan dengan harga pajak (PPN). Silahkan klik tombol Chekout untuk melanjutkan.

5. Kita akan disuguhkan berbagai metode pembayaran. Silahkan pilih yang tersedia untuk anda. Jika malas keluar rumah bisa pilih pembayaran melalui Go-pay atau ovo saja. Lalu klik tombol checkout sekarang.

6. Silahkan konfirmasi pembayaran jika menggunakan transfer bank. Tunggu hingga domain anda aktif dan siap digunakan. Biasanya waktu yang dibutuhkan agar domain aktif tidaklah lama.

Cara parker domain .blog ke blogger

Setelah anda memiliki domain .blog yang terdaftar dan sudah aktif. Sekarang saatnya anda melakukan cuxtom DNS-nya agar domain mengarah ke blog kita ketika diakses oleh pengunjung. Berikut ini cara custom domain dari jagoan hosting

1. Langkah pertama adalah masuk ke akun blogger anda. Lalu klik menu pengaturan (setting). Pada bagian basic pilih Third party domain settings dan klik add atau tambahkan. Masukkan nama domain di kolom yang disediakan dan klik tombol save.

2. Ketika menekan tombol save akan muncul DNS yang harus kita masukkan pada domain .blog kita di member area jagoan hosting. Silahkan masuk ke member area jagoan hosting dan pilih domain yang dimaksud.

3. Klik menu pengaturan dan pilih setting blogspot. Silahkan masukkan CNAME yang sudah kita dapat dari dasbor blogger sebelumnya, Jika sudah merasa benar silahkan save.

4. Kembali ke blogger. Silahkan kembali klik tombol save untuk menyimpan nama domain. Jika konfigurasi sudah benar maka akan cepat terpasang. Jika belum bisa di save tunggu beberapa menit dan coba lagi. Maksimal butuh 24 jam untuk mengarahkan name server ke  blogger.

Setelah berhasil memasang domain .blog di blogspot maka anda bisa mengakses blog dengan alamat yang baru dan pastinya domain TLD. Domain .blog juga bisa di parkirkan ke blog berbasis wordpress. Untuk blog yang menggunakan cpnael cukup dengan mengarahkan name servernya ke cpanel blognya. Sekarang domain .blog kamu siap launcing dan selalu live.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.