Blogger Pemula? Baca Tips Membuat Desain Blog Ini

Blogger Pemula Baca Tips Membuat Desain Blog Ini

Blogger pemula, tidak ada salahnya jika membaca tips membuat desain blog agar blog terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Tips ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi blogger pemula, melainkan juga bagi blogger lain yang ingin membuat blognya lebih menarik untuk membuat pengunjung blog lebih nyaman.

Tidak bisa dipungkiri jika visual memiliki daya tarik tinggi terhadap minta pembaca dalam sebuah blog. Selain judul artikel yang harus bombastis, biasanya minat pembaca juga akan ditentukan dari tampilan yang diberikan oleh blog tersebut. Tampilan yang paling banyak disukai biasanya yang tidak terlalu ramai, memiliki warna tema kontras dengan tulisan.

Sayangnya, seorang blogger pemula biasanya merasa bingung harus mulai dari mana terlebih dulu. Selain itu, membuat sebuah tampilan yang menarik pada sebuah blog biasanya akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para blogger. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di sini akan kami berikan solusinya.

Mantapkan Tujuan Membuat Blog

Tips membuat desain blog yang pertama ialah Anda harus memantapkan terlebih dahulu apa tujuan Anda membuat blog tersebut. Hal ini perlu dilakukan sebelum Anda memilih akan menggunakan warna apa saja, jenis font apa dan sistem penulisannya bagaimana. Hal ini karena tujuan blog akan menjadi tema bagi blog Anda.

Hal yang dimaksud dengan memantapkan tujuan di sini ialah, apa dasarnya Anda membuat blog tersebut? Apakah untuk sekedar ngevlog biasa, untuk berjualan, atau untuk berbagi informasi. Kemudian, jika berbagi informasi sub tema apa yang akan Anda ambil? Apakah mengenai kesehatan, otomotif, horoskop, tips dan trik, atau yang lainnya.

Jika sudah jelas apa tujuan Anda untuk membuat blog, Anda baru bisa menentukan pemilihan warna blog, jenis font, dan yang lainnya. Karena, tidak mungkin jika Anda menentukan warna terlebih dahulu sedangkan topik yang akan di update masih belum jelas. Pilihlah tema yang sesuai dengan topik pembahasan.

Merancang Struktur Blog

Setelah Anda berhasil menentukan tujuan dari pembuatan blog, tips membuat desain blog yang selanjutnya ialah dengan merancang sendiri struktur blog. Dalam sebuah struktur blog, biasanya terdiri atas konten utama, sidebar, header, dan footer. Anda dapat mengatur struktur blog tersebut seseuai dengan selera.

Apa saja isi dari setiap bagian struktur yang telah disebutkan di atas? Anda akan menemukan judul atau nama blog beserta penjelasan singkat mengenai blog yang Anda miliki pada bagian header. Kemudian, pada menu navigasi, Anda akan menemukan kolom pencarian. Biasanya kolom pencarian ini memang terletak pada header.

Selanjutnya, pada bagian sidebar Anda menemukan profil yang bisa diisi dengan akun media sosial yang Anda miliki. Sebagai tips membuat desain blog, bisa juga mengisinya dengan artikel paling populer, rekomendasi artikel bagi pembaca, arsip artikel yang telah Anda buat, atau Anda juga bisa menyediakan tombol subscribe bagi blog Anda.

Berikutnya, ialah bagian konten utma. Pada bagian yang satu ini merupakan tempat dimana Anda akan menumpahkan isi pikiran Anda di sini. Ini merupakan tempat untuk menulis konten atau artikel pada blog Anda. Dan bagian yang terakhir ialah footer yang berisi disclaimer, privacy policy, kontak, dan tombol share.

Menyusun Navigasi Sederhana pada Blog

Tips membuat desain blog berikutnya ialah membuat sebuah navigasi yang sederhana. Navigasi ini sebenarnya berbentuk seperti sebuah pilihan menu yang akan mengarahkan pembaca untuk memilih topik tertentu yang ada dalam blog yang Anda buat. Jadi, navigasi ini bisa dikatakan sebagai pintu menuju ruangan di dalam blog Anda.

Jika blog diibaratkan sebagai sebuah rumah, menu pada navigasi ini bisa diibaratkan sebagai pintu yang akan membawa ke dalam ruangan yang ada di rumah, baik itu ke dapur, kamar tidur, kamar mandi dan ruangan lainnya. Begitu pula dengan navigasi pada sebuah blog.

Sehingga, Anda harus merancang sebuah navigasi yang bisa membuat pengunjung blog lebih mudah untuk menemukan judul artikel yang mereka cari. Misalnya saja, Anda bisa membuat beberapa pilihan menu seperti kesehatan, gaya hidup, zodiak, dan sebagainya. Anda bisa mengupload artikel yang Anda buat pada menu yang telah dibuat tersebut.

Pertimbangkan Jika Ingin Menggunakan Slider

Ketika Anda memutuskan akan menggunakan slider, sebaiknya dipertimbangkan dengan baik. Tips membuat desain blog menyarankan agar tidak terlalu mengandalkan slider. Menurut riset, hanya satu persen saja pengunjung yang mau mengklik slider tersebut. Meskipun memang nampaknya keren, namun jika kurang efektif sebaiknya tidak usah.

Apalagi, slider memakan waktu yang cukup lama ketika proses loading. Hal ini tentu saja bisa mengurangi kinerja dari SEO yang Anda miliki karena loading blog yang lambat. Selain itu, tidak semua slide bisa digunakan dengan optimal dalam versi mobile. Dengan begitu, kesimpulannya penggunaan slider tidak menjadi pilihan.

Menjadi seorang bloger memang tidak gampang, karena ada beberapa hal yang harus dipikirkan. Meskipun, mungkin bagi penonton ini nampaknya mudah. Hanya tinggal membuat situs dan membuat tulisan. Tapi jika untuk menarik pembaca, maka diperlukan tips membuat desain blog untuk membuat blog lebih menarik.

Baca Juga : Tips Membuat Artikel Agar Pembaca Tidak Bosan

Baca Juga   Cara Daftar Adsense Agar Mudah Diterima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share