4 Trik Mempercepat Booting Windows 10 Yang Lambat

Booting Windows 10 – Bagi anda semua yang menggunakan Windows 10 dikarenakan window ini menjadi window terakhir yang tidak lagi update ke Windows 11 dan lainnya, maka biasanya apabila kalian mempunyai laptop dan PC komputer yang kurang mumpuni seperti menggunakan RAM 2 GB dengan hardisk yang minim, biasanya hal pertama ketika kalian instal ulang Windows 10 dan selanjutnya menjalankan Windows tersebut akan mengalami lelet ketika booting sehingga kalian pun harus mengotak-atik bagaimana cara mempercepat booting Windows 10 yang lambat.

Harus kalian ketahui apabila tepat dan lamanya untuk masalah waktu booting Windows 10 hal ini tergantung pada pengaturan yang ada pada Windows milik kalian, dikarenakan walaupun kalian hanya menggunakan RAM 2GB Akan tetapi jika kalian menonaktifkan beberapa fitur yang memang tidak berguna pada Windows 10, maka kecepatan booting Windows akan lebih terbantu sehingga akan ada perubahan yang signifikan dan pada tiga kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua.

Cara mempercepat booting Windows 10

Apabila kalian memang merasa terganggu dengan booting Windows 10 lambat atau lelet maka ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan dan Kami mempunyai 4 tips dan trik cara mempercepat booting Windows 10 dan langkahnya terbilang sangat mudah dan gampang kalian lakukan.

Apabila kalian penasaran Apa saja cara yang dapat kalian lakukan supaya mempercepat Windows saat melakukan booting, maka silakan untuk mencoba langkahnya berikut ini.

Hilangkan elemen transparan

Untuk cara pertama yang bisa kalian lakukan supaya bisa mempercepat di saat Windows 10 booting yaitu dengan menghilangkan elemen transparan dan untuk caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan Klik Kanan di bagian layar desktop
  2. Setelah itu silakan pilih personalize color
  3. Selanjutnya silakan matikan seluruh pengaturan yang berada di dalam position dan menjadi off.
Baca Juga   Cara Membuat Logo Merek Laptop dan PC di Properties Windows

Aktifkan Fast Startup

Selanjutnya cara Ini adalah cara yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat booting Windows 10 yang paling banyak dilakukan dan caranya adalah sebagai berikut.

Fast Startup

  1. Silahkan kalian Klik di bagian kanan di icon baterai di taskbar
  2. Setelah itu silakan pilih power option
  3. Selanjutnya pilih di bagian: (Choose what the power button does – Change settings that are currently unavailable)
  4. Selanjutnya kalian tinggal Beri tanda centang di bagian: Turn on fast start-up
  5. Terakhir pilih Save Changes dan selesai

Menghilangkan efek windows 10

Selanjutnya cara ini merupakan cara yang sangat kami rekomendasikan apabila kalian ingin mempunyai booting Windows 10 yang cepat tanpa lelet yaitu dengan menghilangkan beberapa efek pada Windows 10 dan cara ini banyak dilakukan oleh mereka yang mempunyai spek komputer yang terbatas

Menghilangkan efek windows 10

  1. Silakan Klik Kanan di tombol Start
  2. Selanjutnya pilih: Systems–Advanced System Settings
  3. Setelah itu silahkan kalian pilih di bagian opsi performance dan pilih settings
  4. Setelah itu kalian tinggal memilih opsi di bagian: Adjust for best performance dan jangan lupa pilih yang sesuai dengan kemauan kalian atau bisa melihat contoh kami berikut ini:
  5. Terakhir silahkan klik apply dan oke.

Disable program yang jalan saat startup

Terus selanjutnya yang bisa kalian lakukan agar waktu booting PC komputer lebih cepat maka kalian bisa mendisable atau menonaktifkan beberapa aplikasi yang biasa jalan saat Windows Startup dan caranya adalah sebagai berikut.

  1. Silakan Klik Kanan di tombol Start
  2. Setelah itu pilih Task Manager
  3. Selanjutnya silakan kalian mematikan aplikasi yang memang tidak berguna yaitu dengan pilih disable pada status.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya dapat mempercepat booting Windows 10 yang memang dianggap lama dan seluruh cara diatas merupakan cara yang sangat direkomendasikan untuk anda semua dan dijamin 100% kecepatan saat booting akan lebih cepat dan bagus. Namun apabila cara diatas masih tidak berhasil maka ada kemungkinan hadits kalian sudah mengalami bad sector atau terdapat sistem error. Semoga artikel yang kami tulis bisa menjadi referensi dan kami ucapkan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share