2 Alasan Buah Utuh Lebih Baik Dari Jus

2 Alasan Buah Utuh Lebih Baik Dari Jus – Anda semua pasti sudah tahu bila buah utuh itu sangat baik untuk kesehatan. Karena mampu memberi nutrisi yang lebih dan punya banyak komponen yang bisa dikonsumsi. Yaitu daging buah dan kulitnya. Sedangkan jus buah itu memang sehat, dan lebih enak, namun ada sejumlah bagian yang dihilangkan dan tidak dikonsumsi. Sehingga, manfaatnya ada yang hilang. Maka bisa disimpulkan jika Buah Utuh Lebih Baik Dari Jus.

Buah Utuh Lebih Baik Dari Jus memang sudah sangat bisa dipahami. Meskipun ada banyak orang mengatakan bahwa dilihat dari segi manfaat untuk kesehatan itu keduanya sama-sama baik. Namun, sebenarnya semua kandungan dan nutrisi yang tinggi dari buah itu bisa saja langsung hilang seketika ketika dilangsungkan sebuah proses jus itu sendiri.

Buah Utuh Lebih Baik Dari Jus

Namun, selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa mengkonsumsi jus itu memberi kemudahan tubuh untuk menyerap nutrisi dengan baik. Sehingga, bisa mengurangi terjadinya resiko kanker dan bisa meningkatkan sistem imun tubuh, juga bisa membantu diet, beserta membantu masalah pencernaan.

Akan tetapi, hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah bahwa jus itu lebih sehat dari mengkonsumsi buah utuh.

Alasan Buah Utuh Lebih Sehat dari Jus

Ada banyak alasan yang membuat kenapa Anda harus mengkonsumsi buah utuh dari pada mengkonsumsi jus untuk kesehatan. Beberapa alasan itu meliputi di bawah ini:

  1. Nutrisi lebih bisa ditemukan dari buah utuh. Hal ini dikarenakan buah itu punya banyak komponen yang bisa dikonsumsi. Misalnya saja seperti mengkonsumsi buah anggur. Kulitnya ini sangat baik sekali untuk menurunkan terkenanya resiko kanker dan bisa membantu kulit terlindung dari sinar ultra violet. Namun, bila buah ini dijus, maka kulit menjadi dihilangkan. Sehingga, manfaatnya tidak bisa didapatkan secara penuh.
  2. Bagian pulp buah itu adalah sumber serta dan juga nutrisi terbaik dari sebuah buah. Namun sayangnya, bila Anda mengolahnya dengan cara dijus, justru bagian ini harus dihilangkan. Misalnya saja seperti buah jeruk. Bagian putih yang biasanya menempel di bagian daging jeruk itu sering kali dihilangkan saat proses jus. Padahal, justru bagian inilah yang tinggi dengan kandungan flavanoid.
Baca Juga   5 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Manusia

Jus Buah itu Sehat Tidak?

Sebenarnya jika mencari tahu tentang sehatkah atau tidak sehat mengkonsumsi jus buah itu bergantung dari cara pengolahannya dan cara mengkonsumsinya. Jus yang biasa dijual di berbagai swalayan itu umumnya punya kandungan serat yang lebih rendah dan nutrisinya juga lebih rendah. Selain itu, jus buah bisa membuat kadar gula darah semakin cepat meningkat, dibandingkan mengkonsumsi buah utuh. Kadar gula dari jus buah itu jauh lebih tinggi dari buah yang masih utuh.

Jus buah yang sudah dikemas itu umumnya memiliki kandungan ekstrak buah asli yang sedikit saja. Selain itu, jusnya juga ditambahkan dengan pemanis buatan. Sehingga, hal ini membuat tubuh mendapat asupan kalori yang makin tinggi, tanpa memberikan nutrisi yang tepat ketika dikonsumsi setiap hari.

Cara Membuat Jus Sehat

Agar manfaat dari buah utuh yang telah dijus itu tidak hilang, sebaiknya cara pengolahannya itu tidak begitu banyak ditambahkan dengan gula. Sayuran dan buah yang diblender sendiri itu bisanya bisa memberi Anda banyak nutrisi yang sehat dan serat yang banyak dibandingkan Anda membeli di luar rumah.

Sehingga, jika Anda mengolahnya sendiri, hal ini bisa membuat kadar gula dalam darah tidak meningkat dan bisa dikontrol. Meskipun masih ada kandungan nutrisi yang hilang sedikit, namun nutrisinya itu tidak hilang seketika seperti saat Anda mengkonsumsi jus yang telah dikemas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share