Cara Agar Tidak Ditagihi Utang

Halo teman teman sahabat WeareID, selamat dating dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya yang tercinta ini. Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya agar kita tidak di tagihi utang oleh teman teman kita. Kita pasti pernah berhutang kepada teman kita, namun kita belum punya uang yang cukup untuk membayarnya. Agar teman kita tidak melulu menagihhi kita uangnya, maka disini saya punya tips sedikit yang bias membantu teman teman ketika memiliki hutang. Trik ini sudah saya lakukan dan hasilnya memuaskan bagi saya.

1. Perlihatkanlah disi anda apa adanya

Perlihatkan keadaan kita yang sesungguhnya, sehingga teman teman kita bias memahami kita sesungguhnya. Ketika mereka sudah mengerti tentang kita, kalua misalkan saja kita belum mampu membayar utang kita, tentu saja mereka memakluminya. Kita semestinya tampil apa adanya tanpa ada sandiwara lain.

2. Tetaplah bergaul

Kesalahan yang banyak orang lakukan adalah menjauhi teman kita yang punya piutang kepada kita. Ini adalah kesalahan yang fatal. Mungkin kita berpikir agar tidak di tagihi utang, namun ini adalah cara yang sangat salah. Hal ini bias membuat pandangan yang berbeda bagi mereka, karena bias saja kita dianggap tidak mau membayar. Jadi kita tetaplah berbaul agar mereka bias memahami keadaan kita, dan tentunya kita lebih bertanggung jawab dan bukan seolah olah mangkir

3. Ceritakan punya uang walau belum membayar

Beriksap jujr adalah hal utama dalam segala aspek kehidupan ini. Ketika kita jujur apa adanya tentang diri kita, maka orang lain tak akan berpikir negative tentang kita. Saya sering bercerita kepada teman saya bahwa saya belum bias membayar utang saya walau saya memiliki sejumlah uang. Namun uang tersebut pas pasan untuk kebutuhan saya. Ketika kita berani jujr dan menceritakan bahwa walau kita memiliki uang namun belum bias membayarnya karena uang yang kita miliki jumlahnya paspasan untuk kebutuhan kita. Tentu saja teman kita bias memakluminya.

4. Jangn sungkan ingatkan kalua kita punya utang

Ini berkesan kita tak melupakan bahwa kita memiliki utang. Makadisela sela perjumpaan kita setidaknya mengatakan kalua kita punya utang danmeminta maaf karena belum bias membayarnya. Ini akan membuat teman kita tetappercaya kepada kita karena kita tetap konsisten dan tidak mangkir atau mengelakdari utang yang kita miliki.

5. Ucapkan terima kasih ketika sudah melunasinya

Mengucapkan terima kasih yang banyak ketika kita sudahmelunasinya. Jangan lupa meminta maaf karena kita sangat lama untukmelunasinya. Ini akan memberikan efek emosional dan memberikan kepercayaankepada kita. Kita telah lama meminjam uang yang mereka miliki, sehingga ketikakita mengembalikannya dengan rasa terima kasih.

6. Pahami tempat anda berhutang

Sebenarnya poin ini adalah yang paling penting dan seharusnya saya letakkan di urutan pertama, namun baru kepikiran ketika diakhir. Memahami tempat kita berhutang sangatlah penting, karena ini yang akan menentukan semua poin yang sudah kita bahas diatas. Karena setiap orang tidak punya pemikiran yang sama di dunia ini. Tidak semua juga orang memiliki hati nurani yang sama. Kita harus betul betul memahami siapa orang tempat kita berhutang.

Ketika kita sudah berhutang kepada orang lain, tentunya kita harus membayarnya. Janganpula trik diatas dijadikan sebagai alasan ngeles agar tidak mebayar utang. Trik yang saya kasih adalah trik dimana kita lama membayar utang, bukan untuk tidak membayar utang. Poin yang paling penting adalah, kita jangan bersikap lagak kepada oarng yang kita utangi. Karena sangat banyak kita lihat di dunia luar, ketika di ingatkan utangnya malah bersikap kasar, ironisnya berujung criminal. Semoga informasi ini bias bermanfaat buat kita semua.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.