Cara Inspect Element di Halaman Website dengan Mudah

Cara Inspect Element di Halaman Website – Inspect Element adalah teknik untuk mengubah, mengedit, memanipulasi sebagian atau seluruh isi website di peramban web browser tanpa mempengaruhi keadaan aslinya, atau tanpa mempengaruhi database website. Intinya dari inspect element ini adalah, mengubah stuktur atau menambah  susunan HTML website di peramban browser seperti Mozila Firefox, tetapi tidak akan merusak website tu sendiri karena hanya di browser kita saja, dan jika kita me-refresh halamannya, maka akan kembali ke semula.

Tujuan dan fungsi inpect element adalah membantu para develover untuk melihat struktur sebuah website atau blog. Selain itu, cara ini juga bisa untuk mengedit prevew sebuah tampilan situs. Bagaimana caranya? Misalkan ada sebuah situs yang ingin kata katanya anda ubah tanpa perlu mengutak atik kode, maka anda bisa melakukannya dengan inpeksi elemen (inspect element).

Kalau develover memanfaatkan fitur ini untuk prevew struktur, namun anda bisa melakukan ini untuk mengerjai teman misalnya. Kurang kerjaan banget pastinya, mengerjai teman dengan inspect element agar terlihat keren dan orang lain mudah percaya.

Cara Melakukan Inspect Element pada sebuah Situs atau blog

Inspect element dilakukan pada halaman website pada peramban web atau browser seperti mozila, firefox, opera dan lain sebagainya. Ditulisan ini kembali saya update ulasannya dengan lebih lengkap lagi dari sebelumnya.

Cara melakukan inspect element di firefox dan inspect element di chrome adalah punya cara yang sama. Namun jika anda bingung saya akan buatkan video tutorialnya di akhir tulisan ini nantinya jika punya kesempatan.

Baca Juga   Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berikut ini langkah langkah atau cara melakukan inpect element atau mengubah tulisan di website:

[Update] Cara Inspect Element di Forefox

Kali ini kita bahasa di sub bagian pertama adalah inspect element menggunakan browser mozila firefox. Saya kira kalian sudah punya browser ini. Jika sudah silahkan bukan firefoxnya, bagi yang tidak bisa lihat di sub bagian browser lain di bagian bawah.

1. Kunjungi situs yang akan digunakan untuk melakukan inspect element. Misalnya kalian ingin melakukan inspect element di situs Polda Aceh misalnya, maka kalian buka terlebih dahulu situs polda Aceh. Disini saya menjadikan contoh langsung di situs blog WeareID ini.

2. Untuk memudahkan proses inspect dan menemukan bagian yang ingin di ganti atau diubah. Sebagai contoh, lihat gambar dibawah, saya sudah memblok kata yang ingin saya ganti/inspect.

Pilih-Bagian-Inspect-Element

3. Klik kanan pada area halaman pada bagian no 2. Lalu pada menu yang muncul klik Inspect Element. Lihat gambar di dibawah untuk lebih jelasnya

Meu-Inspect-Element

4. Jendela inspect element segera terbuka. Bagian yang diinginkan berada pada daerah atau baris yang ditandai dengan warna “biru”. Perhatikan gambar dbawah untuk lebih jelas. Baris yang saya ingin inspect berada di dalam kode <p>…</p>.

Jendela Inspect Element

5. Klik tanda panah/segitiga di sapng kiri bagian yang di tandai warna biru. Pada kasus ini, klik tanda panah di belakang kode <p> untuk menampilkan detail dan isi bagian <p>…</p>, atau gampangnya klik saja dua kali, klik ganda pada bagian yang biru. Lihat gambar untuk lebih jelas.

Edit Bagian Inspect Element

6. Untuk mengedit bagian, klik dua kali dengan cepat (klik ganda), lalu cari kata yang ingin di ganti. Setelah selesai klik enter, lalu tutup jendela inspect element. Sekarang lihat hasil dan perubahannya.

Cara Inspect Element di Frefox

NB : Kalian bisa memilih elemen atau bagian lain yang ingin di ubah. Cara cepatnya adalah pada jendela inpect element, arahkan mous pada baris kode yang terlihat, maka secara otomatis halaman di website akan ditandai dengan warna biru. Selanjutnya anda bisa melihat detail dan mengubahnya.

[Update] Cara Inspect Element di Chrome

Pada bagian sebelumnya kita membahas inspect element di firefox. Sebenarnya caranya sama saja. Jika anda sudah berhasil melakukannya di firefox, secara otomatis bisa melakukannya di chrome, begitu pula anda bisa melakukan inspect element di opera browser, atau browser lain seperti UC browser, edge, ataupun internet explorer.

1. Buka halaman situs yang ingin dilakukan inspect element. Tndai kata atau bagian yang ingin di edit. Klik kanan lalu pada menu yang muncul pilih Inpect atau tekan tombol Ctrl + Shift + I.

Cara Inspect Element di Chrome

2. Jendela inpect element akan terbuka, pagian yang sudah anda tandai berada pada baris yang ditandai dengan warna biru.

3. Silahkan klik bagian warna biru dengan cara klik pada bagian panah atau langsung saja klik ganda untuk melihat isi bagian dari element <p>…</p>.

Inspect Element di Chrome

4. Klik dua kali untuk masuk ke editor, lalu ubah kata yang ingin di ganti, selanjutnya klik enter. Sekarang anda bisa melihat hasilnya. Silahkan tutup jendela inpect elementnya.

Inspect element melalui Mozila Firefox

a). Buka website yang akan di ubah isinya, disini saya meggunakan Mozila Firefox

Cara Inspect Element di Halaman Website dengan Mudah 1

b). Klik kanan pada halaman yang akan di ubah tulisannya, lalu klik “Inspect Element”

Cara Inspect Element di Halaman Website dengan Mudah 2

c). Cari tulisan yang akan di ubah. Gunakan tombol Ctrl+F lalu cari kata yang akan di ubah

Cara Inspect Element di Halaman Website dengan Mudah 3

d). Double klik di tulisan yang akan di ubah, lalu tekan “Enter”

e). Tutup jendela inspect element, mudahkan…

Apapun itu fungsinya, gunakanlah cara inspect element dengan tujuan baik, jangan sampai inpeksi elemen untuk manipulasi data, bahkan tugas sekolah. Kalau hanya terlihat keren sih sah sah saja. Demikianlah artikel tentang cara mengubah tulisan di website, semoga bisa bermanfaat buat kita semua, Terima Kasih

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share