Cara Install Laravel di Localhost Xampp

Laravel adalah framework PHP yang dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel adalah pengembangan website berbasis MVP yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu. MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi (dilansir dari idcloudhost).

Jadi laravel adalah sebuah framework. Framework disebut juga dengan kerangka kerja, dimana telah tersedianya model sebuah website dan kita tinggal mengubah dan mengembangkan sesuai tujuan dan minat kita. Laravel ditulis dalam PHP.

Bagi teman teman yang ingin mengembangkan website, laravel adalah salah satu pilihan yang tepat. Laravel didukung dengan keamanan yang bagus dan fitur fitur yang lengkap. Kendati demikian, agar lebih memudahkan dalam penguasaan laravel, sebaiknya kita setidaknya sudah memahami tentang PHP dan OOP pada PHP, serta perintah database.

Baiklah, adapun cara menginstal laravel di localhost xampp sangatlah mudah.
1. Download terlebih dahulu aplikasi Composer, anda bisa download melalui link ini. Lalu instal Composer seperti biasa menginstal aplikasi lain sampai selesai
2. Buka cmd, lalu tulis composer, selanjutnya klik enter, maka akan tampil command line composer seperti berikut.


3. Selanjutnya masuk ke folder xampp\htdocs dengan perintah cd xampp\htdocs. Sebelumnya anda sudah di folder c, jika masih di folder c:\\Windows\User, silahkan keluar dengan perintah “cd..” tanpa tanda kutip.
4. Langkah selanjutnya adalah tulis perintah berikut :

composer create-project –prefer-dist laravel/laravel Laravel

Lalu tekan enter, tunggu hingga proses download selesai. Kata Laravel pada baris terakhir bisa diubah sesuai keinginan anda, misal Web Saya

Waktu mendownload mungkin membutuhkan waktu yang lama, tergantung kecepatan akses internet kamu. Tidak perlu diliatin terus, bisa ditinggal youtuban atau ngopi. Jika sudah selesai, anda bisa melihat hasilnya di xampp\htdocs

Bagi yang tidak ingin cara diatas, anda bisa langsung download modul laravel dalam format zip melalui link ini. Selanjutnya ekstrak lalu tempatkan difolder xampp\localhost.
Demikianlah cara menginstal Framework Laravel di localhost xampp pada windows. Semoga artikel ini dapat membantu teman teman.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
+1