10+ Strategi dan Cara Lulus CPNS yang Harus Dicoba

Strategi dan Cara Lulus CPNS adalah sejumlah langkah yang harus dilakukan jika Anda ingin sukses menjadi abdi negara sebagai CPNS. CPNS salah satu pekerjaan yang banyak diminati, karena prospek dan masa depan yang jelas dan dijamin oleh negara. Karena itu tidaklah heran jika kita melihat banyak yang berambisi menjadi CPNS dan melakukan segala hal yang dianggap bisa membantu lulus.

Selain itu, bekerja sebagai CPNS juga dianggap sebagai pekerjaan yang bagus. Terutama jika Anda ingin menarik perhatian calon ibu mertua hahaha. Bukan tanpa alasan, sudah saya sebutkan sebelumnya memang pekerjaan ini punya masa depan yang bagus.

Enaknya lagi, sebagai CPNS kita masih bisa mengambil pekerjaan sampingan. Misalnya didaerah saya, PNS yang sudah bekerja memiliki banyak pekerjaan samping. Sebut saja misalnya berdagang (membuka warung), berkebun, dan masih banyak lagi.

Ternyata Cara Lulus CPNS tidaklah Susah seperti yang dibayangkan

Cara lulus CPNS tidaklah seperti yang dibayangkan selama ini yang dominan susah. Memang kalau kita lihat dari sisi jumlah pelamar dan kuota yang diterima perbandingannya sangatlah jauh,

Misalnya saja pelamar CPNS tahun ini lebih dari 4 juta pelamar, sedangkan penerimannya Cuma 150 ribuan. Tentu perbandingannya sangat tinggi sekali. Namun bukan itu sebenarnya tantangan yang berat.

Baca Juga   Cara Meninggikan Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping

Tantangan yang berat itu menyelesaikan semua langkah yang diminta atau istilahnya prosedur tahap demi tahap.

Dengan jumlah pelamar yang banyak, maka sangat jelas hanya mereka yang benar benar mempersiapkan diri dan kompetenlah yang berhak lulus.

Karena itu diperlukan sejumlah kesabaran dan tindakan untuk mempersiapkan diri. Pada tulisan kali ini yang membahas cara lulus CPNS, saya akan bagi bagi tips kedalam beberapa sub bagian.

1. Persiapan Cara Lulus CPNS

  • Mengenali potensi diri
  • Permilihan formasi
  • Pemilihan lokasi

2. Persiapan Berkas

  • Mematuhi aturan
  • Teliti dan penuhi persyaratan
  • Kirim berkas tepat waktu

3. Meningkatkan Kemampuan diri

  • Berdoa
  • Berlatih
  • Belajar dan membaca buku

Jadi disini saya sudah membagi dalam 3 sub bagian yang akan kita bahas mengenai cara lulus CPNS dan strategi apa yang akan kita gunakan.

Dalam menghadapi seleksi CPNS, jangan pernah merasa takut atau mempermasalahkan besarnya jumlah pelamar dan kecilnya lowongan. Karena hal itu menandakan Anda benar benar tidak siap mengikuti dan lulus CPNS. Fokuskan saja untuk menggali dan meningkatkan potensi diri

Strategi dan Cara Lulus CPNS yang harus Anda ketahui

Cara Lulus CPNS

Seperti yang sudah saya bahas diatas. Disini saya akan membahas beberapa sub bagian yang sudah disebutkan sebelumnya. Sebaiknya Anda membaca dan memahainya betul betul, alangkah baiknya memperbanyak referensi.

Karena bisa saja cara lulus CPNS yang saya bagikan untuk Anda memiliki perbedaan dengan cara yang ditulis orang lain. Yang pasti semua bertujuan untuk memotivasi kalian yang sedang mengikuti seleksi CPNS. Langsung saja berikut ini penjelasannya dari bagian perbagian.

Persiapan cara lulus CPNS

Jika Anda memang tertarik menjadi seorang CPNS, maka sudah pasti Anda melakukan berbagai persiapan diri. Setiap orang pasti punya posri persiapan diri yang berbeda, tergantung seberapa besar ambisinya untuk mengikuti seleksi CPNS.

Orang yang betul betul dan optimis bisa kita perhatikan dari gerak geriknya yang selalu sibuk mencari informasi yang benar dan teliti, bertanya ke orang yang terkait, serta aktif di forum forum CPNS.

Sekarang kan zamannya internet, jadi Anda dengan mudah mencari informasi dan berdiskusi di forum forum yang bagus. Banyak forum pelamar CPNS terutama di Facebook. Anda bisa bergabung didalamnya dan aktif dalam memncari serta bertanya info yang dibutuhkan.

Salah satu forum yang membahas CPNS adalah grup Facebook Info CPNS Indoensia, silahkan bergabung disana dan bertanya serta aktif.

Mengenali Potensi Diri

Janganlah terlalu gegabah terhadap diri sendiri. Anda harus paham dengan keahlian dan kemampuan yang Anda miliki, sehingga bisa dengan cermat menempatkan diri pada formasi yang tepat.

Jangan juga beranggapan kalau sudah pintar, sudah pasti lulus, karena kepintaran ukurannya samar samar, apalagi ukurannya sebuah nilai. Beda soal tentu beda nilai.

Karena itu yang dibutuhkan dalam mengenali potensi diri adalah CERMAT dan TEPAT.

Pemilihan Formasi

Ketika sudah mengenali potesi Anda dengan cermat dan tepat, maka dengan mudah mengarahkan diri Anda keformasi yang dipilih. Ingat penilaian kelulusan sepenuhnya tidak dari niai tes tertulis, melainkan ada namanya tes wawancara.

Formasi yang dipilih juga berpengaruh dengan lokasi yang dipilih. Yang pasti rasio persaingan tidaklah sama antara tempat yang satu dengan yang lainnya walaupun juruannya sama.

Berpijak dari latar belakang akademik adalah hal yang diprioritaskan. Silahkan kumpulkan sebanyak mungkin daftar formasi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda.

Pemilihan Lokasi

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa walau formasinya sama tetapi lokasinya beda pasti mempunyai rasio persaingan yang beda. Itulah sebabnya Anda harus benar benar jeli dan mendaftar formasi apa saja yang sesuai dengan latar pendidikan Anda.

Dari daftar formasi yang sudah Anda buat, selanjutnya membuat daftar lokasi yang menerima formasi yang sudah Anda susun. Semua dafatr itu sebaiknya Anda susun jauh sebelum seleksi tes sehingga tidak buru buru dan punya waktu yang santai.

Dari sekian daftar formasi dan lokasi yang sudah didaftar, selanjutnya mencari tahu setiap lokasi tersebut. Tidak mesti berkunjung langsung, kan zamannya internet. Hal hal yang harus Anda ketahui dari lokasi adalah, sosial budayanya, pekerjaan masyarakat, pemerintahan. Simak betul betul pembangunannya apakah berkembang, maju atau lambat.

Dari sini nanti Anda bisa mempertimbangkan kira kira seperti apa orang yang menjadi saingan Anda. Dengan begitu cara lulus CPNS dengan strategi dan langkah ini bukanlah hal yang sulit.

Persiapan Berkas Lulus CPNS

Berkas adalah syarat wajib yang harus Anda penuhi. Jika strategi dan cara lulus CPNS pada sub bagian sebelumnya Anda abaikan masih tidak menjadi masalah. Tapi kalau sudah menyangkut berkas, salah sedikit langsung gagal.

Karena itu, berkas disiapkan jauh jauh hari sebelum pembukaan. Kalau bisa persiapkan saja lebih awal, dan ketika pemerintah membuka lowongan, berkas tinggal susun.

Bacalah setiap petunjuk yang sudah disediakan oleh instansi yang dipilih. Jangan hanya membaca sekilas, tetapi baca dan pahami sehingga Anda memahami aturan yang ada. Karena pelanggaran yang sedikit akan berkaibat fatal jika aturan terabaikan.

Teliti dan penuhi persyaratan yang sudah tertera. Banyak kasus pelamar CPNS yang tidak teliti. Misalnya dalam hal surat lamaran. Setiap instansi berbeda formatnya. Ada instansi yang meminta tulis tangan, dan ada yang meminta diketik.

Kesalahan yang sering terjadi adalah, membaca aturan di instansi A, tapi mengrim berkasnya ke instansi B. Ini adalah kesalahan yang benar benar fatal. Sehingga sering seperti kasus salah tulis surat lamaran CPNS. Alhasil gagal cara lulus CPNS.

Berkas yang sudah disiapkan, sebaiknya diperhatikan dan dibaca ulang aturan yang ada. Jika sudah merasa benar, coba konfirmasi dengan teman teman, entah itu di forum Facebook atau ke tetangga yang sudah berpengalaman.

Jika semua dirasa sudah aman, selanjutnya mengirim berkas sesuai target waktu yang sudah ditentukan. Perhatikanlah berkali kali portal penerimaan CPNS untuk memastikan data Anda benar benar terkirim.

Meningkatkan Kemampuan diri adalah Kunci Cara lulus CPNS

Tidak ada cara lulus CPNS selain mengandalkan kemampuan diri sendiri dbarengi dengan doa. Karena itu berlatihlah agar siap menghadapi tes CPNS. Aktiflah mencari informasi di internet. Banyak situs web seperti eCPNS atau yang lainnya yang membahas seputar info CPNS.

Aktif juga mencari informasi di web BKN serta mencari info langsung ke BKD daerah instansi berada sehingga mendapat informasi yang benar. Karena kita tahu banyak oknum yang memanfatkan penerimaan CPNS untuk menyebarluaskan hoax dan menipu orang lain. Itulah sebabnya info yang didapat harus dipastikan kebenarannya.

Menjaga kesehatan tubuh juga harus diperhatikan agar tidak terkendala nantinya. Kesehatan sangat berpengaruh pada kemampuan berpikir dan menghadapi berbagai rintangan dan masalah.

Berdoa kepada Allah agar Lulus CPNS

Berdoalah kepada Allah untuk selalu dimudahkan urusan kita masing masing. Doa adaah ridho dan keberkahan yang kita harapkan akan cita cita yang kita perjuangkan.

Keberkahan suatu pekerjaan dan kegiatan adalah kunci suksesnya jika ingin sukses dalam berbagai kegiatan. Karena itu disela sela kesibukan Anda dan dikala melakukan sholat perpanjanglah Doa dan permohonan dimudahkan segala urusan.

Hasil dari Doa memang sebuah kejutan, karena kita kadang tidak sadar ternyata keberhasilan kita adalah Doa yang kita pinta. Minta lah restu dan ridho dari orang tua. Karena Rhido orang tua adalah Ridho-Nya Allah.

Yang pasti jangan ketika mau tes CPNS baru ingat berdoa, tapi berdoalah selalu dan perbaiki iman kita masing masing. Mungkin saat ini kita hanya bisa berkata saja, siapa tahu kelak diberi Hidayah oleh Allah. Amin.

Berlatih Soal soal TKD, TWK, ITU dan lainnya

Berlatih soal soal yang berkaitan dan mungkin memiliki tema yang sama dengan tes CPNS sebanyak mungkin agar menambah wawasan. Ingatkan kata pepatah yang populer, Alah bisa karena biasa.

Ketika Anda terbiasa berlatih soal soal yang temanya akan keluar pada seleksi CPNS, maka nantinya tidak asing bagi Anda jika menemukan tema yang sama ketika ujian.

Yang pasti, soal soal CAT dan latihan lainnya yang beredar di kalangan pelamar CPNS bukanlah soal yang keluar. Melainkan temanya saja yang keluar.

Ya, karena memang BKN sudah memberi tahu temanya apa. Misalnya TWK atau tes wawasan kebangsaan. Apapun soalnya nantinya, maka perbanyaklah latihan wawasan kebangsaan sebanyak mungkin.

Belajar dan membaca buku

Jangnlah bosan belajar dan latihan. Perbanyak referensi dengan buku buku pendukung. Anda tak perlu membeli panduan tes CPNS yang tebal tebal, sebab yang online dan aplikasi juga sudah ada. Sebaiknya pilih yang mobile saja.

Sedangkan buku yang Anda butuhkan adalah referensi dari soal latihan yang ada diinternet atau aplikasi. Sehingga bukan double nantinya. Tetapi buku itu lebih ke ilmu pengetahuan yang dijadikan refernsi.

Saya langsung kasih contoh saja. Silahkan daftar di LatihanCATCPNS untuk memperoleh soal soal latihan CPNS yang sudah lengkap dan online bisa diakses dimana saja. Selanjutnya membeli buku sebagai referensi untuk soal.

Misalnya:

TWK : Buku referensinya misalnya buku UUD45, RPUL, PPKN, Pendidikan Pncasila, Pengamalan Pancasila dll

Sampai disini saya kira Anda sudah paham maksud saya. Jadi tak perlu beli buku soal soal CPNS yang berat dan tebal yang pasti tidak Anda baca semuanya, cukup beli buku referensi bahkan gratis membaca di perpustakaan.

Penutup

Mungkin tidak terlalu banyak yang bisa saya sampaikan terkait strategi dan cara lulus CPNS. Namun sedikit ini bisa dijadikan sebagai tambahan referensi bacaan teman teman sekalian.

Intinya adalah jika ingin lulus CPNS, maka langkah pertama adalah mengenali diri sendiri dan potesi yang dimiliki, selanjutnya Anda dengan mudah dan tepat menempakatkan diri kemanapun nantinya pergi.

Tidak ada cara lulus CPNS yang instan, semuanya butuh proses yang panjang dan dengan jerih payah yang sungguh sungguh. Harus dengan belajar giat dan menentukan pilihan yang tepat untuk bisa bersaing dengan jumlah pelamar yang banyak.

Lowongan dan pelamar yang tak seimbang harus dibayar dengan tindakan yang terukur, yaitu cermat dan tepat dalam memilih dan menentukan formasi. Sekian dari saya, jangan lupa beri komentar tentang pengalaman Anda mengikuti CPNS di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share