Cara Melaporkan Aplikasi Palsu di Google Play Store

Cara Melaporkan Aplikasi Palsu di Google Play Store – Googple play store merupakan market aplikasi resmi untuk HP smartphone berbasis android. Play Store sendiri merupakan aplikasi buatan google sebagaimana perusahaan dari Android itu sendiri. Berbicara tentang play store sudah pasti berkaitan dengan aplikasi aplikasi atau game yang banyak jumlahnya. Terlepas dari banyaknya aplikasi yang ada di play store, ternyata ada aplikasi yang merusak sistem, atau aplikasi abal abal dan pishing bahkan aplikasi enggak berguna yang isinya enggak jelas cuma dimanfaatkan kita untuk iklannya yang ada di aplikasi abal abal tersebut, dan mereka mendapatkan untungnya, Pastinya sebal bukan kalau udah capek capek download aplikasi habis pulsa atau paket, eh pas dibuka ujung ujungnya php. Tentu saja ini sangat menyakitkan dan gak boleh dibiarkan memakan korban lagi.

Terkait dengan fenomena yang sudah disebutkan tadi, tentu kita ingin aplikasi abal abal tersebut yang tidak jelas, maunya cuma cari untung dari kepolosan kita mesti dibersihkan oleh play store. Tentu itu adalah harapan kita semua, agar tidak ada lagi yang merugikan kita. Google sendiri sudah meningkatkan sistem keamanan terbaru mereka yaitu play protect untuk memverifikasi sebuah aplikasi yang ada di play store, namu masih saja ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang orang tertentu untuk mengelabui sistem keamanan ini.

Nah, kita sebagai konsumen, tidak ingin dirugikan lagi. Tentunya kita punya andil untuk memberantas aplikasi aplikasi palsu yang ada di play store. Google sendiri sudah menyediakan feedback di setiap aplikasi untuk melaporkan aplikasi apakah palsu atau melanggar kebijakan goole, sehingga pihak google akan menghapus aplikasi tersebut dari sistem mereka. Nah berikut ini cara untuk melaporkan aplikasi palsu yang ada di Play Store.

1. Buka aplikasi Play Store, aplikasi play store ini sudah terinstal di HP android dari bawaanya karena memang aplikasi fital di HP android


2. Cari aplikasi yang menurut kamu benar benar palsu, abal abal, pishing dan merugikan kamu. Banyak iklan di aplikasi bukanlah alasan tepat untuk melaporkan sebuah aplikasi.


3. Setelah anda menemukan aplikasi yang anda rasa merugikan, maka scroll sapai kebawah sampai paling ujung aplikasi play store.


4. Klik menu paling bawah yang bertulisan “Tanda sebagai tidak pantas”, agar lebih jelas anda bisa melihat gambar berikut.


5. Maka akan muncul banyak pilihan, silahkan pilih kira kira apa alasan yang mewakili aplikasi tersebut akan anda laporkan. Singkatnya, pilih apa alasan anad melaporkan aplikasi tersebut, lalu klik tombol kirim.


6. Maka akan muncul kotak dialog, di kota tersebut tuliskan kerugian apa saja yang anda dapatkan diaplikasi tersebut, anda bisa menjelaskan apa saja kesalahan pada aplikasi tersebut sehingga anda melaporkannya. Setelah selesai klik tombol Ok.


7. Tunggu sebentar, jika laporan terkirim amak akan muncul pesan “Laporan terkirim”, seamat anda sudah berhasil melaporkan aplikasi yang anad rasa merugikan atau tidak pantas.

Setelah anda melaporkan sebuah aplikasi, maka pihak google akan mencoba meninjau lapran anda dan meninjau aplikasi yang anda laporkan. Anda juga harus tau, aplikasi yang anad laporkan belum tentu dihapus oleh google, karena mungkin bagi mereka itu masih wajar. Jika aplikasi tersebut memang terbukti melanggar setelah di tinjau oleh pihak google, maka aplikasi tersebut akan dihapus dari market play store.

Cukup sekian artikel kita kali ini, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kita semua, dan jangan lupa share artikel ini ke media sosial kamu agar teman teman kamu yang lain tau informasi ini.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.