Cara Membuat Augmented Reality (Unity + Vuforia 100% Berhasil)

Assalamualaikum teman teman pembaca yang sudah mampir di blog saya ini. Sesuai judul, kali ini kita akan membahas cara membuat augmented reality menggunakan vuforia dan Unity terbaru. Tapi sebelum kita membahas lebih lanjut tetang bagaimana membuat aplikasi augmented reality, maka kita bahas dulu pengertian, contohnya dalam kehidupan kita serta apa manfaatnya.

Apakah kalian pernah mendengar kata Augmented Reality atau AR? Kalau belum maka ini saatnya kita ulas singkat. Namun sebenarnya saya yakin kita ini sudah pernah melihat bahkan menggunakan yang namanya Augmented Reality atau AR. Namun, mungkin saja kita tidak tahu namanya.

Semakin berkembangnya teknologi yang ditujukan untuk memudahkan penyebaran informasi yang cepat juga mempengaruhi penggunaan teknologi AR ini.

Cara Membuat Augmented Reality

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan objek maya di tampilkan ke dalam dunia nyata dengan bantuan peralatan komputer seperti kamera, handphone, dll. Untuk melihat hasil dari AR ini dibutuhkan perangkat penunjang seperti kamera dan komputer dengan objek yang sudah ditentukan.

Teknologi AR banyak digunakan untuk keperluan riset dan penelitian, penunjang pendidikan, sebagai sarana promosi bahkan untuk keperluan latihan militer. AR ini bisa berupa bentuk 3D maupun 2D.

Penggunaan teknologi ini akan sangat membantu dalam menyampaikan suatu informasi kepada pengguna. Prinsipnya secara umum masih sama dengan virtual reality, yaitu bersifat interaktif, immersion (membenamkan/memasukkan), realtime, dan objek virtual biasanya berbentuk 3 dimensi. Namun kebalikan dari virtual reality yang menggabungkan objek nyata (user) kedalam lingkungan virtual, augmented reality menggabungkan objek virtual pada lingkungan nyata.  Kelebihan utama dari Augmented reality dibandingkan Virtual reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah (dikutip dari jurnal Effendi, dkk. hal 30)

Manfaat Augmenteed Reality (AR)

Adapun manfaat dari teknologi AR dalam kehidupan sehari hari diantaranya adalah sebagai berikut:

Hiburan (Entertainment)

Teknologi AR banyak digunakan untuk hiburan yang lebih interaktif dengan manusia. Misalnya game yang populer menggunakan teknologi AR adalah Pokemon Go. Saya kira Anda pasti mengenal yang namanya Pokemon Go bukan?. Game yang satu ini menggunakan prinsip AR. Kalau penasaran kalian bisa instal game dari pokemon go ini.

Engineering & Desainer

Ilmu keteknikan banyak menggunakan teknologi AR untuk visualisasi dan memperkenalkan projeknya. Teknologi AR tentu sangat memudahkan para desainer dan enginnering membuat objek tertentu sebagai bahan acuan desain yang interaktif dan mudah digunakan dimana dan kapanpun.

Promosi

Dengan melakukan promosi atau iklan menggunakan AR tentu membuat pelanggan lebih puas melihat sebuah detail dari produk. Selain itu tentu lebih mencuri perhatian konsumen akan barang atau produk yang di tampilkan. Apalagi zaman sekarang ini yang ingin serba cepat dan informasi yang didapat lengkap, sangat perlu bantuan AR dalam sebuah produk untuk menghemat waktu membaca dekripsi produk.

Kedokteran

Teknologi AR bisa dimanfaatkan dalam dunai kedokteran. Misalnya untuk memperkenalkan dan melihat detail dari organ tunuh manusia atau makhluk hidup. Memperkenalkan objek objek biologi seperti sel, mikroba dan lainnya dengan lebih detail, selain itu untuk mempermudah belajar bedah pada kedokteran.

Pendidikan

Teknologi AR bisa dimanfaatkan sebagai media belajar yang paling interaktif di lingkungan sekolah. Dengan bantuan teknologi AR, para siswa lebih mudah mengerti dengan alat peraga yang interaktif dan efisien ketimbang alat peraga fisik.

Sosialisasi

Teknologi AR bisa dimanfaatkan untuk sosialisasi oleh instansi pemerintah ataupun swasta kepada masyarakat atau untuk keperluan intern sebuah instansi. Kita ambil contoh seperto sosialisa simulasi tes untuk mendaftarkan SIM (surat ijin mengemudi) oleh kepolisian.

Militer

Teknologi AR banyak dimanfaatkan untuk kegiatan latihan dan riset oleh militer. Teknologi ini tentu sangat membantu dalam latihan karena akan berada seolah olah di lapangan tempur. Tentu sangat meningkatkan mental dan pematangan seorang prajurit militer.

Cara Membuat Augmenteed Reality dengan Mudah

Kita sudah tahu dan mengerti apa itu teknologi AR. Sekarang kita akan membuat contoh sederhana dari AR. Tutorial ini saya akan menulis cara membuat Augmented Reality dengan Unity terbaru serta menggunakan Vuforia SDK.

Hasil akhir adalah sebuah aplikasi android yang jika dijalankan berbentuk kamera dan jika diarahkan ke marker AR maka akan menampilkan objek 3D pada tampilan layar kamera. Marker adalah salah satu istilah dalam AR yang merupakan gambar penunjuk yang berisi informasi AR itu sendiri. Marker inilah yang akan di scan kamera untuk menampilkan teknologi ARnya.

Alat dan Bahan untuk membuat Augmented Reality

Sebelum kita lanjut ke tutoial pembuatannya, teman teman harus mempersiapkan alat dan bahan yang saya sebutkan ini agar nantinya tidak pusing cari kesana kemari mencari alamat (anj*y macam ayu t*ng2). Alat alat ini tempatkan pada satu tempat yang dekat dengan Anda, tidak banyak sih.

Peralatan fisik yang harus disiapkan:

  1. HP Android (karena dalam tutorial ini saya menggunakan android)
  2. Kabel USB yang bagusn anti lecet ya
  3. Laptop atau komputer yang gahar biar tidak lambat hehehe (bercanda gan)

Peralatan berupa software yang akan di install.

  1. Andorid SDK, bagi kalian yang sudah instal Andoid Studio gak perlu lagi, tinggal arahkan ke foldernya saja.
  2. Unity3D, instal unity terbaru saja teman teman, atau dalam tutorial ini saya make yang 2018.4
  3. Vuforia SDK untuk Unity
  4. Perlengkapan tambahan yang akan diinstal di dalam Unity jika belum lengkap.

Peralatan pendukung wajib lainnya

  1. Akun Vuforia, silahkan daftar di website Vuforia (Kita butuh licency key dari sini gais, jangan lupa subrek dulu)
  2. Akun Unity jika diperlukan, tapi saya sih pakai akun.
  3. Gambar marker, bisa downloda jika ingin persis dengan tutorial ini, download disini
  4. File marker berupa unity package yang dibuat di Vuforia (sabar genges nanti ada tutorialnya dibawah, baca saja dulu)
  5. File atau objek 3D, bisa download gratis di webiste open source atau download yang saya guanakn download disini.

Peralatan penunjang

  1. Nutrisari susu dingin (saya tidak suka kopi, tapi sebenarnya pas buat tutorial ini gak ada minum, adapun air galon)
  2. Semangat belajar

Selanjutnya klik next page untuk melakukan persiapan membuat augmented reality

Baca Juga   Cara Memperbaiki Wifi Palang Kuning

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share