Cara Membuat Augmented Reality (Unity + Vuforia 100% Berhasil)

Langkah langkah membuat Augmented Reality dengan Unity dan Vuforia

Sekarang kita sudah masuk ke intinya teman teman. Mulai sekarang fokuskan pikiran dan ushakan minum air putih secukupnya (loh tadi suruh buatkan nutri sari). Tapi sebenarnya tidak sulit ya teman teman untuk membuat augmented reality nya jadi jangan tegang dulu. Aman dari penulisan koding, soalnya kita masih tahap dasar.

Langkah langakh menginstal Unity

Peralatan pertama (kalau bisa sekaligu antara Android SDK jika belum ada, akun Vuforia dan Vuforia package for unity) yang akan kita instal adalah Unity. Unity ini sebagai editor kita untuk membuat AR.

1. Silahkan download unity terbaru dari situs resmi. Pilih yang personal biar gratis. Tapi kalau teman teman punya banyak uang bisa transfer ke saya (via OVO atau paypal lewat menu Contact di blog ini). Silahkan download unity personal tadi, sembari download kalian bisa buat akun vuforial (lihat sub bagian di bawah). Klik get started untuk download unitynya

2. Instal unity seperty biasanya kalian menginstal aplikasi di laptop. Kalau tidak tahu cara instal aplikasi di laptop coba cari di yutub tutorial cara bernafas, kalian akan cepat paham.

3. Jika sudah langsung saja buka unitynya, tidak ada masalah. Kalau latop teman teman speknya pas pasan mending tutup saja dulu sembari kita siapkan bahan lainnya, ntar blank kasian saya kepada kalian.

Baca Juga   Deteksi Wajah Secara Realtime Menggunakan Matlab

Langkah langkah menginstal Android SDK.

Jika teman teman belum punya android SDK (biasa satu paket dengan Android Studi bagi kalian yang punya) maka kalian harus instal SDKnya dulu agar bisa build aplikasinya ke android. Kalau teman teman tidak mau juga tidak apa apa, hanya saja akan error atau ARnya tidak jalan.

1. Silahkan buka halaman Android Developer, lalu skroll ke bagian bawah, dibagian Command line tools only, lalu download untuk windows (jika kalian pakai windows), eh terserah kalian. Atau langsung klik https://dl.google.com/android/repository/sdk-tools-windows-4333796.zip

2. Ekstrak file rar atau zipnya, lalu letakkan di folder terserah kalian. Biasanya letaknya ada di : C:\Users\ahmad\AppData\Local\Android lalu terakhir ada folder Sdk, lihat gambar saja biar jelas. (btw Ahmad itu nama saya ya, jangan kalian cari cari di laptop kalian, sesuaikan dengan user laptop masing masing)

SDK Android Tools

3. Pastikan folder Sdk berisi seperti gambar berikut (tidak harus sama ya, soalnya itu dari Android Studio)

Android SDK

4. Folder Andoid SDK yang benar berisi folder tools ya teman teman. Disini kalian mendownload dengan nama “sdk-tools-windows-4333796.zip” Setelah selesai ekstak dengan cara klik kanan, lalu pilih extract to folder sdk-tools-windows-4333796.zip (nama filenya). Lalu otomatis ada folder yang namanya : sdk-tools-windows-4333796.zip, lalu folder itu ubah namanya Sdk biar gak panjang (tidak di uabh juga tidak masalah). Hasilnya seperti di gambar bawah dan letakkan pada folder seperti yang sudah disebutkan diatas, atau bebas yang penting tahu tempatnya:

Android-SDK-Tools-Unity

Membuat Marker dan database Vuforia unity

Disini saya sudah anggap kalian punya akun vuforia, tinggal daftar saja seperti daftar akun pada umunya. Jika sudah kita bisa lanjut ini teman teman. Minum dulu kalau sudah haus, pastingan jangan lupa subrek dulu.

1. Sediakan gambar marker, jika ingin menggunakan gambar marker yang saya gunakan download disini (anj*y nampak kali)

2. Login ke akun Vuforia kalian, pada halaman yang muncul klik tombol “Get Development Key” Selanjutnya isi nama Licensenya, contoh disini saya buat namanya ‘Jomblo”, jangan lupa centang kotak yang ada tulisan By checking this box…., lalu klik Confirm.

Membuat License Key

3. Selanjutnya klik nama license yang baru dibuat “Jomblo”, maka akan muncul kotak berisi license key, kalian bisa copy dan simpan, atau abaikan saja gak bakaln ilang, nanti kode license itu kita butuhkan di Unity, intinya kalian tahu saja letaknya. Tapi saran kalian bisa salin ke notepad biar tidak bolak balik ke akun vuforia lagi nanti.

License Key

4. Selanjutnya kita akan membuat database marker, caranya klik tab “target Manager” letaknya di samping License Manager.

License manager

5. Klik tombol “Add database” lalu isi namanya, dan pilih bagian Device. Selanjutnya klik tombol Create.

Cara Membuat Augmented Reality (Unity + Vuforia 100% Berhasil) 1

6. Selanjutnya klik nama database yang baru dibuat “MasihJomblo” Lalu kita akan ditampilkan halaman sebagai berikt

Database marker

7. Klik tombol Add target:

Type = Single Image (wow jomblo = singel)

File = pilih file gambar marker yang sudah kita siapkan sebelumnya

Width = 400 (lebarnya ini kata orang)

Lalu klik tombol Add

Membuat Marker Vuforia

8. Selanjutnya akan nampak list database yang baru dibuat, jumlah rating menandakan kualitas gambar untuk di scan

List Database Marker

9. Centang databsenya, lalu klik tombol Download database (1), lalu pilih Unity Editor, lalu klik Download. Sekarang di bagian Vuforia belum beres, masih ada satu step lagi.

Download Marker

Menginstal Vuforia SDK di Unity

Pada bagian bahan yang ini nomor atas, tapi pas di bagian step kok paling terakhir ya. Sekarang kita akan menginstal Vuforia SDKnya ke dalam unity yang sudah kita instal tadi. Adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download Vuforia SDK untuk unity, caranya buka halaman website Vuforia, lalu pilih menu downloda dan download yang bagian ini Download for HoloLens Development in Unity..

Vuforia SDK

2. Instal SDKnya, tempatkan satu folder dengan file unity (biasa di C:\Program Files\Unity). Kalau tidak satu folder dia akan ngamberk. Tapi unitynya ditutup dulu ya ketika lagi mengintsal Vuforia SDKnya.

3. Jika sudah selesai berarti sudah.

Menyiapkan file 3D untuk di tampilkan di Augmented Realitynya

Selanjutnya adalah kita akan menyiapkan file 3D untuk di tampilkan pada aplikasi ARnya. Jika kalian bingung kalian bisa download di situs penyedia gratis atau opensource. Jika ingin sama dengan tutorial ini silahkan gunakan gambar 3D seperti yang sudah kalian download tadi di bagian bahan. Klik nect pahe untuk belajar lebih lanjut cara membuat augmented reality.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share