Cara Membuat Augmented Reality (Unity + Vuforia 100% Berhasil)

18. Kita akan membuat folder baru di Assetss. Klik kanan pada Assets > New > Folder. Beri nama folder Objek

Folder Assets

19. Klik kanan pada folder yang baru dibuat Objek > Imposrt New aset, lalu pilih file objek 3D, yang sudah kita siapkan.

New Assets

20. Klik kanan lagi pada folder Objek > New > Folder, beri nama folder Textures, bagian ini untuk memberi warna pada objek (caranya seperti no 18). Klik kanan pada folder Textures > Imposrt New Assets, lalu oilih semua isi folder textures lalu imposrt

Impurt Assets

Jadi penampakannya sudah seperti berikut.

Isi Bagian Assets

21. Seret file 3D dari folder objek ke halaman utama editir, atau ke atas marker tadi. Lalu atur ukurannya di kolom inspector.

Import Objek

Teman teman juga bisa memperkecil objek dengan cara menekan tombol Scale, silahkan optimalkan tombol ini untuk mengatur posisi dan ukuran.

Menu Utama

Pastikan gambar 3Dnya teapt didepan marker, usahakan ukurannya pas dan bagus, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Mengatur Objek

22. Jika sudah selesai mengatur ukuran, sekarang buka folder Textures, lalu seret texture yang diinginkan ke gambar 3Dnya. Pastikan objek 3Dnya dalam keadaan terpilih agar texturenya masuk.

Menambahkan Tekstur

23. Selanjutnya kita menambahkan pencahayaan agar objek terlihat terang, buka menu GameObject > Light > Directinal Light

Menambahkan Cahaya

24. Gunakan tombol rotasi untuk mengatur arah datangnya cahaya, gunakan tombol move untuk memindahkan letak cahaya.

Mengatur Cahaya

25. Jika sudah selesai, pilih file objek 3Dnya dan Directional Light di kolom hirarki, lalu seret ke dalam ImageTarget

Menggabungkan ke Imagetarget

26. hal ini agar kedua file tersebut menjadi satu dengan Imagetargetnya, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut.

Bagian pada ImageTarget

27. Selanjutnya buka menu File > build Settings > Player Settings. Di bagian Player Setting isi Comapy Name dengan nama Company Anda, contoh kameraJomblo (tanpa spasi), lalu isi nama aplikasi pada bagian project name. Pada bagian icon kalian bisa kreasikan sendiri ikon aplikasinya, dikosongkan juga tidak masalah.

Pengaturan Nama Project

Masih di player settings, gulir kebawah pada bagian Other Settings, isi Package Name dengan format com.CompanyName.ProjectName, contoh pada hasus ini adalah : com.KameraJomblo.JombloKamrea (tanpa spasi, walau project name di atas tadi ada spasi, tapi di package name harus tanpa spasi). Jangan lupa hapus centang Androit TV Compatibility.

Pengaturan Build

28. Selanjutnya hubungkan HP android kalian dengan PC/laptop menggunakan kabel data. Pastikan Settingan USB Debugging di HP android kalian sudah di aktifkan.

Cara Membuat Augmented Reality (Unity + Vuforia 100% Berhasil) 1

29. Klik tombol Buld and Run, tunggu hingga proses selesai. Jika proses selesai maka otomatis aplikasinya terinstall dan terbuka di HP kalian.

Cara Membuat Augmented Reality

30. Silahkan arahkan kamera ke gambar marker yang sudah kita buat sebelumnya. Buka gambarnya bebas, bisa di HP, laptop, atau kalian print di kertas. Sekarang anda sudah berhasil membuat augmented reality.

Dibawah ini adalah Screenshot hasilnya.

Bagi kalian yang mau install apknya bisa download disini, lalu install, buka dan arahkan ke gambar marker pada bagian alat dan bahan di awal artikel ini.

Bagi kalian yang ingin projectnya silahkan download disini, lalu import dan jalankan di Unity kalain, agar tidak error buka project ini di unity versi Unity 2018.4.12f1. Sampai disini project cara membuat augmented reality sudah kita selesikan dengan mudah. Jika masih bingung silahkan di baca lebih teliti lagi.

Demikianlah teman teman postingan kali ini yang membahas tentang bagaimana cara membuat Augmented Reality menggunakan Unity terbaru dan Vuforia SDK, semoga bisa memberi pelajaran singkat yang mudah teman teman mengerti. Jika ada yang perlu di pertanyakan silahkan sampaikan di kolom komentar blog ini.

Baca Juga   Cara Inspect Element di Halaman Website dengan Mudah

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share