Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Mudah Dipahami

Blog adalah salah satu jenis web yang berisikan sejumlah artikel informasi yang di update secara berkala. Ketika Anda mencari artikel di Google, misalnya cara membuat foto bergerak. Maka google akan menampilkan banyak artikel yang dicari. Ketika diklik, maka diarahkanlah lah ke artikel lengkapnya. Yempat artikelnya itu disebut sebagai blog.

Website dan blog bedanya apa ya? Website dan blog adalah sama sama web. Bloh lebih kepada jenis situs yang memuat artikel posting yang ditulis dan diupdate secara berkala dan berkesinambungan. Inti dari blog adalah artikel informasi.

Sedangkan website adalah sekumpulan halaman web yang saling terhubung dengan link yang berisi informasi berupa artikel, gambar dan video. Jadi tidak ada bedanya website dengan blog, tetpai yang benar adalah blog adalah salah satu jenis website.

Website memiliki banyak jenis, selain blog adalah ecommerce, profil perusahaan, sistem informasi, video sharing dan web pribadi. Semuanya itu disebut website (situs web dalam bahasa Indonesia)

Karena judul kita tentang blog, maka kali ini kita fokus membahas blog saja. Untuk memiliki blog apalagi pemula bisa didapatkan dengan gratis. Jadi jangan pikirkan kalau punya situs blog atau websiyte harus memiliki uang banyak. Itu jelas persepsi yang salah.

Yang ada butuhkan hanyalah koneksi internet dan perangkat pendukung. Perangkat pendukung bisa berupa smartphone ataupun laptop dan PC. Lebih maksimal menggunakan laptop, tetapi bermodalkan HP juga bisa.

Saya sendiri diawal awal mengenal blog 100% dikelola dari HP. So jangan berkecil hati,, yang terpenting adalah niat dan tekun.

Blogger adalah salah satu alat atau tempat atau yang biasa dikenal juga sebagai flatform untuk membuat blog. Sebenarnya banyak flatform untuk membuat blog, seperti wordpress, joomla, weevly, tumbrl dan masih banyak lagi.

Baca Juga   Mengembangkan Ide dan Menghasilkan Uang dari Menulis

Namun di artikel ini khusus membahasa blogger saja. Untuk topik yang lain akan kita bahasa topik berbeda dilain waktu.

Cara Membuat Blog di Blogger

Saya sendiri menyarankan membuat blog di blogger bagi pemula. Banyak alasannya, misalnya adalah Blogger itu gratis. Anda hanya butuh koneksi internet saja maka sudah bisa membuat blog.

Blog ini nantinya akan berdomain .blohspot. Domain itu adalah alamat. Misalnya google.com,. Google.com itu disebut nama domain. Contoh lain adalah www.weare.id.

Kalau blogspot, blog kamu nantinya beralamat di namakamu.blogspot.com. Misalkanlah Kagura, aka domain nya nantinya jadi www.kagura.blogspot.com. Sampai disini saya kira sudah paham ya.

Persiapan Membuat Blog

Saya sarankan jangan langsung asal membuat blog. Tetapi ditekankan punya persiapan yang matang. Persiapan matang bertujuan agar blog Anda berkembang dengan cepat.

Jangan sampai blog itu terbengkalai. Blog butuh perawatan, diibaratkan adalah rumah Anda. Ruah yang baik adalah rumah yang nyaman. Kalau di dunia blog juga butuh kenyamanan.

Untuk itu Anda harus membuat sebanyak mungkin persiapan. Beberapa yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut:

Apa tujuan Anda membuat blog?

Untuk membuat blog pastinya punya tujuan kan. Contoh ketika dulu saya pertama kali membuat blog tujuannya adalah agar terkenal. Saya beranggapan kalau sudah punya blog akan dikenal oleh banyak orang. Punya rasa gengsi lah pokoknya ketimbang teman yang tidak punya. Bagaimana tidak nama kita ada di internet.

Sesuatu tanpa tujuan tidak akan berkembang dengan baik. Jadi secara spesifik bisa dibuatkan tujuan kedepannya, misalnya

  • Sebagai tempat menulis diary
  • Untuk berbagi informasi tutoria
  • Untu tepat galery online
  • Untuk situs pribadi
  • Untuk mencari uang
  • Untuk jualan sayuran dll
Baca Juga   Cara Meningkatkan Kualitas Artikel atau Postingan Blog

Itu hanyalah contoh kecil saja. Anda bisa membuat tujuan sendiri yang akan memotivasi kalian.

Menentukan tema yang tepat

Kalau sudah punya tujuan, baiknya menentukan tema. Banyak orang yang membuat blog terlebih dahulu, setelah jadi blognya, langsung bingung mamu membuat apa.

Saya sarankan sesuaikan dengan basik kalian agar kedepannya mudah dalam menemukan ide dan topik. Untuk enemukan ide terhadap konten lebh baik sesuai pengalaman. Anda dapat membaca artikel tentang mengembangkan ide menulis.

Tema alangkah baiknya sesuai dengan tujuan Anda membaut blog. Jika tujuannya misalnya untuk blog tutorial, sekarang menentukan tutorial apa. Kira kira rangkumannya adalah:

  • Tujuan : Blog tutorial
  • Tema : Tutorial HP

Setelah menentukan tema, maka akan mudah membuat blog

Kita mencoba melihat blog yang sudah besar sebagai bahan contoh yang bisa kalian tiru.

1. PanduanIM

PanduanIM aalah blog yang membahas strategi dunia internet. Bahasa kerennya internet marketing. Internet marketing itu termasuk didalamnya adalah bagaimana Anda membangun blog menjadi besar. Banyak artikel yang berkualitas yang patut Anda baca untuk menambah wawasan.

2. Sugeng

Blog Sugeng juga blog yang mempunyai tema khusus yaitu blogging. Blog ini terkenal dengan pembuat beberapa template populer di blogger. Blog ini khusus membahas dunia blog, mulai dari template hingga bagaimana cara menerapkan SEO pada blog.

3. Bukugue

Blog bukugue ini banyak membahas tetang sosial media, termasuk didalamnya berbagai trik dan cara penggunaan sosial media. Anda bisa mengunjungi Bukugue dan akan melihat postingan tentang trik sosial media yang mungkin bisa menjadi referensi menarik bagi kalain. Atau bahkan juga tertarik ingin membahas hal yang serupa.

Ada juga yang membuat blog dengan multi tema. Itu tergantung kemampuan Anda membangun tema. Tidak ada salahnya juga sih memiliki banyak tema sekaligus. Saya sendiri menggunakan beberapa tema di blog ini.

Baca Juga   Dilema Yang Sering Dialami Blogger

Saya kira itu saja sih perispan yang paling mendasar yang harus ada bagi yang ingin membuat blog.

Langkah langkah Membuat Blog

Blogger adalah salah satu produk dari Google, karena itu untuk membuatnya kalian harus menggunakan Gmail sebagai emailnya.

Langsung saja ke tuorial cara membuat blog, silahkan simak step by stepnya berikut ini.

1. Kunjungi website blogger.com, lalu klik masuk/sign in atau bisa juga dengan mengklik tomblol “create your blog”. Silahkan masuk atau pilih email gmail kalian.

2. Anda akan disuruh untuk melakukan konfirmasi profil. Silahkan isi nama profil untuk blognya, bisa menggunakan nama sendiri atau bisa juga nama blog. Nama profil bukanlah nama blog, tetapi bisa disamakan. Simpenya adalah profil itu nama pemilik blog.

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog

3. Anda akan dihadapkan pada halaman awal yang masih kosong. Silahkan klik tombol Create new blog untuk membuat blog.

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog

4. Selanjutkan akan dihadapkan pada tampilan pembuatan blog

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog
  • Title (Judul) adalah nama blog. Contoh nama blog, WeareID, Detik. Google. Bukugue, dll
  • Address (alamat url) adalah alamat atau nama domain. Contoh nama domain google.com, weare.id, detik.com, bukugue.com dll. Jika Anda membuat detik, maka url Anda nantinya menjadi detik.blogspot.com. Isilah sesuai dengan keinginan, misalnya dengan anama Anda. Nama domain tidak ada spasi.
  • Theme adalah tema yang akan digunakan atau tampilan blog.
  • Terakhit tekan tombol Create Blog (buat blog)
  • Jika muncul perintah membeli domain silahkan klik tombol No Thanks.

5. Sekarang Anda sudah berhasil membuat blog. Beberapa fungsi dari menu yang ada pada blogger

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog
  • New Post (Pos Baru) berfungsi untuk membuat postingan atau artikel di blog
  • Publish berfungsi untuk membagikan artikel di halaman blog
  • Stats/ statistik berisi informasi satistik blog seperti jumlah pengunjung blog
  • Comments/komentar berisi informasi komentar yang masuk
  • Pages/halaman berfungsi untuk membuat halaman yang berisi informasi atau artikel, perbedaannya dengan postingan adalah, halaman sifatnya tetap atau statis.
  • Layout/tata letak berfungsi untuk mengatur tampilan dan urutan tata letak blog
  • Theme/tampilan berfungsi untuk mengatur dan mengganti tema, kalian bisa mengganti template dengan mudah: Template blogger terbaik
  • Setting/pengaturan berfungsi untuk pengaturan tingkat lanjut.
  • Earning/penghasilan untuk halaman adsense

Mengembangkan Situs Blog

Jika Anda sudah berhasil membuat blog, maka selanjutnya akan berhadapan dengan tugas yang berat. Tugas itu adalah mengembangkan blog yang sudah dibuat agar bisa bermanfaat, memiliki pengunjung dan mampu bersaing dengan blog lain.

Untuk mengembang blog sangatlah panjang alurnya. Kalau tadi sudah mendaftar, setelah selesai baru Anda mungkin menyadari kalau ternyata membuat blog itu sangat mudah.

Ya betul, cara membuat blog memang mudah, tetapi kita ditantang untuk mampu mengembangkannya.

Rata rata blogger yang banyak gagal karena tidak mampu mengembangkan blognya dengan baik.

Yang perlu diketahui bahwa, jangan membuat diri Anda merasa terbebani, tetapi jadikan sebagai tantangan atau hobi untuk target yang sudah ditentukan sebelumnya.

1. Membuat konten

Ara blog bisa berkembang tentu harus memiliki konten yang memadai. Karena memang tujuan dibuatnya blog itu adalah agar diisi konten tertentu. Jika merasa kebingungan, banyak sekali artikel yang mengulas tentang tips menulis artikel blog.

Blog yang baik adalah jika kontennya rajin dan optimis di update. Tidak mesti harus banyak, tapi punya skedul yang bagus.

Misalnya dengan skedul 1 artikel perminggu, jika rutin dan berkelanjutan bisa dikatakan blog anad adalah tekun. Jadi tidak harus membuat 10 dalam waktu satu hari. Itu namanya kerja secara paksa yang belum tentu membuat blog menjadi berhasil.

Untuk membuat konten tentu harus mampu mengembangkan ide yang baik. Silahkan baca artikel Mengembangkan Ide Menulis disini.

Jika sudah punya ide yang bagus, maka dengan mudah membuat konten apa saja yang menarik sesuai dengan bidang kalian.

2. Mengimplementasikan SEO

SEO adalah singakatn dari Search Engine Optimatiaon, kalau di terjemahkan menjadi Mengoptimalkan Mesin pencari. Kata kunci dari SEO adalah “mesin pencari”. Artinya adalah, agar blog kita bisa terdeteksi atau mampu bersaing di halaman Google, maka perlu pengimplemetasian yang namanya SEO.

Ketika Anda punya blog, tentu ingin artikel atau konten yang Anda tulis ada di pencarian Google, terutama dihalaman pertama. Untuk itu diperlukan yang namnya SEO.

Untuk pembahasan SEO sendiri sangatlah panjang. Akan kita bahas topik topik khusus di artikel yang akan datang.

Usaha usaha yang dilakukan agar blog muncul do Google adalah definisi sederhana dari SEO. Salah satu langkah awal yang bisa nada lakukan adalah Mendaftarkan Blog atau Website ke Google Webmasters.

Google webmasters merupakan tools atau alat bantu untuk blogger agar mudah melacak perkembangan blognya di pencarian Google. Webmasters dilengkapi berbagai alat yang membantu pemilik blog agar situsnya mudah diakses oleh mesin pencari. Biasnya disebut sebagai crawl atau pengindeksan Google.

Adapun lengkapnya pembahasan SEO adalah :

  1. Mendaftarkan Blog ke Google Webmasters
  2. Optimasi SEO pada konten (Artikel, gambar, video dll)
  3. Optimasi On Page dan Off Page Blog
  4. Link building dan Backlink

3. Merawat Blog

Ketika blog sudah berjalan bukan berarti lepas tangan. Semakin lama umur blog anad semakin besar tantangannya. Karena Anda harus dituntut tetap mengembangkan blog dan konten secara berkesinambungan. Anda juga harus dituntut bisa merawat blog Anda.

Agar blog tetap sehat, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan. Artikel yang lama sebenarnya perlu dan tetap dilakuakn optimasi dan update secara berkala. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan tenggelam bahkan kalah saing dengan blog baru atau pesaing.

Tentu kita tak ingin peluang yang sudah dimiliki diambil oelh orang lain. Karena itulah diperlukan yang namanya perawatan.

Perlu juga memperhatikan sosial di dunia blogging. Mungkin ada pengunjung yang memberi atensi berupa komentar yang membutuhkan balasan dari pemilik blog. Ini juga membantu blog menjadi ramah dan serasa hidup.

Komentar komentar yang masuk juga sangat beragam, sebaiknya menghapus yang spam agar blog tidak buruk bagi mesin pencari.

Sangat perlu memperhatikan kulitas Backlink yang ada diblog Anda. Jika terdapat spam akan beresiko bagi pencarian mesin pencari.

Sebagai tambahan, untuk pengguna HP bisa memanfaatkan bebrapa tools atau peralatan blogger yang membantu kinerja kalian. Silahkan simak ulasan yang pernah saya tulis : Aplikasi yang membantu kinerja blogger.

Sampai disini dulu tulisan tentang panduan cara membuat blog. Jika ada yang kurang dipahami bisa langsung ditanyakan melalui kolom komentar.

One thought on “Cara Membuat Blog Untuk Pemula 100% Mudah Dipahami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share