Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word Dengan Mudah

Membuat daftar isi di Microsoft Word bukanlah perkara yang sulit. Daftar isi biasanya berisi dari daftar isi suatu tulisan yang memuat judul besar disertai dengan halaman. Walaupun membuat daftar isi perkara yang mudah, namu masih banyak juga orang belum mengerti cara membuatnya secara otomatis. Bagi mereka yang belum bisa membuat secara otomatis, biasanya di tulis dengan manual. Mungkin kamu juga pernah membuat daftar isi secara manual dengan menuliskan satu satu, pekerjaan yang lambat bukan?

Fitur daftar isi sudah di buat secara otomatis di dalam word. Letaknya di bagian menu References dan teerlihat ada menu Table of contents. Sebelum membuat daftar isi, terlebih dahulu membuat kelengkapan agar daftar isi di buat secara otomatis.

Hal hal yang harus di perhatikan sebelum membuat daftar isi

Sebelum membuat daftar isi, pastikan sudah membuat elemen elemen yang di perlukan agar daftar isi bisa di tampilkan dengan baik. Berikut ini elemen yang harus di persiapkan

1. Membuat konten yang akan dibuatkan daftar isi

Untuk membuat daftar isi, tentunya harus memiliki tulisan atau isi. Isi suatu artikel pada umunya terdiri dari:

  • Sampul depan atau cover
    Sampul depan atau cover berisikan judul dari konten yang kita buat. Misalkan artikel yang kita tulis berupa makalah, maka cover depannya menjelaskan tentang judul makalah, penulis, instansi penulis serta tahun ditulisnya makalah. Sampul depan terletak pada bagian paling depan dari suatu makalah atau buku.
  • Kata pengantar
    Berisi kata sambutan atau kata pengantar yang menjelaskan tentang pembuatan isi. Pada makalah, kata pengantar biasa terletak di halaman kedua setelah sampul depan. Umumnya kata pengantar adalah halaman pertama dimuat angak romawi, seperti halaman I, ii, ii dst.
  • Daftar isi
    Berisi list dari isi suatu karya atau buku yang menjelaskan garis garis besar tentang pembahasan isi buku. Dengan daftar isi, kita dengan mudah menelusuri seluruh isi buku.
  • Bab Pendahuluan
    Bab yang berisi pendahuluan yang menerangkan latar belakang penulisan suatu karya, tujuan penulisan serta manfaat yang akan di dapatkan. Halaman 1 diawali dari bab pendahuluan.
  • Bab Isi
    Menerangkan seluruh isi, bisa berupa teori pendukung dan juga pembahasan dari karya yang dibuat
  • Bab penutup
    Berisi bagian akhir dan penutup suatu karya yang berisi kesimpulan dan saran yang di hasiilkan dari penulisan karya.
  • Daftar pustaka
    Berisi lisy sumber referensi yang digunakan dalam penulisan karya atau buku.
Baca Juga   Cara Menjalankan Program Java Melalui CMD

Itu adalah isi conten yang kan di jadikan daftar isi. Tentusaja saya membahasnya secara singkat saya, namun bisa dengan mudah dipahami.Setelah kita membuat semua isi content atau elemen yang di perlukan makaselanjutnya pembuatan daftar isi.

Langkah langkah membuat daftar isi

1. Pembuatan heading untuk judul dan sub judul

Langkah pertama yang paling penting adalah pembuatan heading untuk judul dan sub judul. Untuk judul besar jadikan heading 1, dan untuk sub judul jadikan heading 2. Untuk cara pembuatannya sebagai berikut.

  1. Blok salah satu judul besar, misalnya Bab I Pendahuluan. Pergi ke menu home, lihat di bagian sub menu styles, pilih heading 1.Ulangi cara ini untuk semua judul besar. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelas. Agar sub judul dua baris seperti pada gambar di bawah, di depan BAB I tepatnya sebelum kata pendahuluan tekan tombol Shift + Enter di keyboard. Kalau misalkan klik enter saja, maka akan menjadi dua baris kata yaitu  bab I dan pendahuluan dan jika pake shift + enter dia tetap satu kata Bab I pendahuluan meski terlihat dua baris.
  • Setelah membuat heading 1 untuk judul utama, selanjutnya membuat heading 2 untuk sub judul. Cara sama dengan cara pertama tadi. Blok salah satu sub judul, misalnya sub judul Latar belakang, lalu pergi ke menu home, lihat menu styles dan pilih heading 2, lakukan hal yang sama untuk semua sub judul. Untuk lebih jelas lihat gambar

Pastikan semua elemen isi sudah di baut heading 1 dan heading 2, mulai dari kata pengantar hingga daftar pustaka.

2. Membuat halaman

Untuk menampilkan daftar isi tentunya harus memiliki halaman sebagai acuan dari daftar isi. Untuk membuat halaman sangatlah mudah. Berikut ini langkah langkah membuat halaman di Microsoft Word dengan mudah

  1. Pisahkan halaman depan atau cover dengan isi. Caranyaadalah, letakkan kursor di paling akhir halaman cover. Pergi ke menu Layout (BahasaIndonesia ada di menu tampilan), di bagian menu Page setup, pilih Breaks (BahasaIndonesia berhenti), dari menu yang muncul pilih Next Page (Bahasa Indonesiahalaman selanjutnya). Sekarang kita sudah memisahkan cover dengan isi.
  2. Langkah selanjutnya adalah memisahkan halamankata pengantar dan daftar isi dengan bab isi ( bab I – bab 3). Caranya,letakkan kursor di akhir halaman dafra isi, ingat sebelumnya siapkan halamanDaftar isi yang kosong yang nantinya juga di jadikan tempat daftar isi. Pergike menu Layout, di bagian Page setup pilih Breaks. Dari menu breaks yang munculklik Next page. Perhatikan gambar di bawah untuk lebih jelasnya.
  3. Langkah selanjutnya adalah menomori halaman.Pergi ke halaman kata pengantar. Pergi ke menu Insert, lihat di bagian Header & footer, lalu klik page number. Silahkan pilih letak halaman, pada umumnya adalah di bagian bawah, maka pilih bottom of page, dan pilih letak nomorhalaman (plain number)
  4. Selanjutnya nomor halaman sudah muncul, jikabelum terurut jangan kawatir, akan kita lanjutkan lagi. Pastikan anda berada dimenu Design(letaknya di ujung akhir urutan menu, jika tidak ada menu design diujung (dibelakang menu view), klik dua kali di bagian footer atatu tempat nomorhalaman yang barusan dibuat.
  5. Di bagian header & footer, pilih pagenumber, lalu klik format page number, maka muncul jenela seperti di bawah. Dibagian number format, pilih formt halaman yang di inginkan, dalam hal iniadalah format halaman romawi. Pada bagian start at, isi angaka romawi I laluklik ok. Sekarang kita sudah membuat halaman angka romawi.
  6. Langkah selanjutnya, pergi ke halaman bab Ibagian penfahulua. Lihat bagian bawah(footer), jika sudah ada halama maka tidakperlu lagi di tambahkan halaman. Jiak tidak ada halaman, maka tambahkan halamanseperti cara yang sudah kita bahas diatas. Jika misalnya nomor hamana bukan dimulai dari angak 1, maka klik dua kali di bagian footer, maka pastikan andasudah di menu Design (menu paling ujung, bukan menu setelah Insert atau lijatno 4).Di bagian header & footer, pilih page number, lalu klik format pagenumber. Silahkan pilih format halaman di bagian number format, da nisi angka 1di bagian sart at.
  7. Perhatikan bagian cover. Jika terdapat nomorhalaman, klik dua kali di bagian halama(footer), maka anda akan di bawa ke menudesign. Di bagian headrr & footer pilih page number, lalu klik remove pagenumber. Maka halaman di bagian cover sudah tidak ada.

Kita sudah berhasil membuat halaman di seluruh isi karya atau makalah. Pastikan anda mengikuti semua langkah langkahnya dengan benar.

 3. Membuat daftar isi secara otomatis

Kita sudah membuat semua elemen yang diperlukan untuk membuat sebuah daftar isi. Pastikan semua elemennya sudah lengkap. Jika sudah, berikut ini cara membuat daftar isi.

  1. Pergi ke halaman Daftar isi yang sudah kita buat tadi, jika misalnya anda belum buat, silahkan tambahkan halaman kosong setelahhalaman kata pengantar. Letakkan kursor di halaman daftar isi yang sudah dibuat.
  2. Pergi ke menu References, di bagian table ofcontents, pilih table of contents. Lalu pilih automatic table 1
  3. Maka daftar isi akan muncul secara lengkap.Hapus saja kata contents karena kita sudah membuat judul daftar isi. Perhatikangambar
  4. Silahkan rapikan semua halaman karena bisa sajaterjadi pergeseran.
  5. Jika terjadi perubahan judul dan sub judul,silahkan update atau perbarui daftar isi dengan otomatis, caranya klik daftarisinya , klik di bagian update table, lalu pilih update entry table, lalu ok. Perhatikan gambar

Sekarang kita sudah berhasil membuat daftar isi dengan mudahsecara otomatis. Memnag sekilas terlihat susah dan ribet, namun itu terjadikarena kita baru saja melakukannya. Bagi orang yang sudah terbiasa, mungkin iniadalah hal yang mudah.

Kira kira begitulah cara membuat daftar isi secar otomatisyang pernah admin lakukan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapatmembantu teman teman untuk memahami cara membuat daftar isi dengan mudah.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share