Cara Membuat Efek Foto Bergerak

Foto bergerak atau photo motion merupakan salah satu bentuk media berupa foto yang berbentuk video. Foto bergerak ini sangatlah berbeda dengan video, dimana awalnya adalah sebuah foto biasa, kemudian diedit sehingga foto memiliki efek bergerak. Tren inipun muncul di media social, dimana sangat banyak juga peminatnya. Phot motion in pnmenjad daya ariknetizen sehngabaya jugayagmebeli jasa pembuatan foto bergerak di  social media. Foto bergerak ini sangat cocok sebagai pajangan di akun akun kita di internet. Memiliki foto bergerka membrikan kesan yang lebih terhadap momen di gambar kita.

Karena masih banyak yang belum mengerti cara pembuatan photo motion ini, maka di tulisan ini saya akan menjelaskan langkah langkahnya dengan mudah hanya bermodalkan HP android saja. Jadi ditutorial ini kita tidak menggunakan computer sebagai alat pembuatnya, melainkan cukup pakai android saja agar semua orang bisa mempraktekkanya.

Peralaan yang dibutuhkan untuk mmebuat photo motion

Untuk membuat efek foto bergerak, kita membutuhkan peralatan agar bisa membuat foto bergeak. Peralata yang dibuuhkan antara lain

  1. Smartphone Android
    Peralatan yang digunakan untuk membuat foto bergerak adalah HP android. Untk iphoe saya sendiri kurang memahami karena saya tidak pernah menggunakan iphone. Untuk pengguna iponemungkin saja ada aplikasinya yang sejenis.

  2. Aplikasi pembuat foto bergerak
    Aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat photo motion banyak tersedia di gogle play store. Ntuk apliasna aka kitabahas di bawah.

Setelah peralatannya, saatnya menginstal aplikasinya. Aplikasi phoho motion bisa di instal secara gratis melalui google play store di hp masing masing. Terdapat beberapa aplikasi untuk membuat foto bergerak, pilih salah satunya, atau pilih sekalian. Berikut ini 5 daftar nama aplikasi pembuat foto bergerak:

Baca Juga  Cara Melaporkan Aplikasi Palsu di Google Play Store

1. Zeotropic-free

Aplikasi ini benar benar gratis untuk digunakan tanpa ada watermark atau tulisan di belakang gambar. Aplikasi ini gratis tersedia di play store. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti membuat arah pergerakan, pemberi batas dan masih banyak lagi. Aplikasi ini mampu menghasilkan kualitas video yang sudah HD, sehingga dipastikan bisa membuat puas.

2. Picture in Motion

Aplikasi ini bisa didapatkan dan digunakan secara gratis oleh siapa saja. Aplikasi ini adalah yang paling rekomendasi dari semua aplikasi yang sudah admin coba. Fitur yang lengkap serta tampilan yang ramah buat awam membuat aplikasi ini jadi rekomendasi. Aplikasi ini juga mampu menghasilkan kualitas HP yang semakin membuat puas dalam menggunakannya

3. Photo in Motion Effect

Aplikasi pembuat foto bergerak selanjutnya adalah Photo in motion effect. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga mudah dalam penggunaannya. Aplikasi ini tidak diragukan lagi kualitasnya yang mampu menghasilkan kualitas HD.

4. Photo in Motion

Photo in motion adalah salah satu aplikasi pembuat foto bergerak dengan mudah. Aplikasi ini adalah gratis didapatkan melalui play store. Aplikasi ini mudah di gunakan karena tampilan yang sederhana dan mampu menghasilkan kualitas video efek yang bagus.

5. FinalPhotoMotion

Tampilannya yang sederhana dan lengkap, sehingga mudah dalam menggunakannya. Aplikasi ini juga mampu membuat kualitas HD, dan merupakan aplikasi yang paling sering admin pakai saat ini.

Langkah langkah membuat efek foto bergerak

Sekarang waktunya untuk membuat efek foto bergerak. Silahkan install aplikasi yang sudah di jelaskan di atas. Pilih mana yang paling nyaman bagi anda. Jika sudah berhasil menginstal aplikasinya, sekarang silahkan buka aplikasinya. Pada tutorial ini, admin menggunakan aplikasi Picture in motion.

  1. Silahkan buka aplikasi pembuat efek foto bergerak yang sudah kamu instal, Selanjutnya klik add image untuk menambahkan gambar yang ingin di buat efek.

  2. Selanjutnya kita membuat efek bergerak. Foto dibawah ini akan saya jadikan menjadi bergeak. Agar lebih maksimal, silahkan zoom gambar agar detail lebih lengkap


  3. Untuk membuat arah pergerakan, klik menu Motion, lalu arahkan tanda panah searah sesuai gerakan yang diinginkan. Lakukan ke semua bidang yang ingin di buat bergerak. Dalam contoh ini, saya membuat laut dan awan bergerak.


  4. Agar pergerakan tidak saling berantakan, maka klik tombol Stabilizied dan letakkan di daerah pembatas. Untuk melihat hasil sementara, bisa dengan mengklik tombol play di aplikasi. Klik tombol zoom jika ingin menggeser gambar agar tidak salah pengaturan.


  5. Jika semua sudah siap, selanjutnya kita menyimpan hasilnya dalam bentuk video. Silahkan klik tombol save yang biasa terletak di pojok kanan atass.Disini, kamu bisa menentukan kecepatan gerak dan kualitas videonya. Silahkan klik tombol create video dan tunggu proses sampai selesai.


    Maka hasilnya akan seperti berikut.

Sekarang anda sudah berhasil membuat efek foto bergerak dengan mudah hanya melalui hp android saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silahkan atur sendiri pembuatannya dengan lebih teliti dan rapi agar hasil yang di buat sangat memukau.

Kesimpulan

Foto bergerak menjadi tren di sosial media. Pembuatan foto bergerak sangatlah mudah dan tanpa perlu mengeluarkan biaya, dan tidak perlu juga menggunakan peralatan mahal seperti computer. Efek foto bergerak menghasilkan video pendek dari sebuah foto yang seolah olah hidup. Demikianlah tutorial kali ini, semoga tutorial ini bisa bermanfaat kita semua.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
+1