Cara Mendidik Anak Usia Bayi

Assakamualaiku buat seluruh pembaca situs ini, kali ini saya akan membahas tentang pendidikan anak diusia bayi. Pendidikan sangatlah penting bagi anak anak kita untuk melatih kecerdasanya. Sebagai orang tua yang sayang akan anaknya sudah pasti sangat memperhatikan pendidkan anak. Tentu tidak hanya kebutuhan kesehatan saja yang perlu teapi semua aspek perlu termasuk pendidikan terhadap anak guna melaih kecerdasan anak, yang juga mempengaruhi kecerdasan anak dimasa depanya.

Bagi orang tua yang baru saja dikaruniai anak, tentu sebuha kebanggaan yang besar da tentunya sebuah anugerah bagi keluarga. Mendidik bayi sagatlah berbeda dena pedidikan anak diusia lainnya. Kta harus berhati hati dalam melakukan sesuau dihadapan dan juga terhadap bayi demi keamanan bayi kita.
Untuk memberikan pemdidikan dan pelatihan kepada bayi, kita tentunya harus peka tehadap gerak gerik sibayi. Karena semua pembelajaran yang kita berikan harus sesuai dengan kadaannya gerak geriknya.

Pendidikan Bayi Usia 1 – 2 Bulan

1. Genggam jari jemari bayi dengan lembut
Ketika sibayi menggerakkan jari jemarnya, anda bisa membantunya dengan cara memberi genggaman lembut di tangan dan jarinya. Ini berfungsi untuk melatih dan memberi rangsangan kepada sibayi sekaligus melatih otot otot jarinya untuk bisa menggenggam.

2. Berikan hiburan dan tawa (celuk ba)
Anda bisa menghibur sibayi dengan beberapa mainan. Anda bisa memberikan hiburan berupa senyuman , tawaan atau permainan celuk ba. Berikan hiburan secukupnya, jangan sampai berlebihan karena akan membuat sibayi capek atau lelah.

3. Panggil nama bayi dengan lembut
Cobalah melaih respon bayi dengan cara memanggil namanya dengan nada dan intonasi yang lembut. Coba juga memanggil bayi dari arah atau posisi yang berbeda untuk melaih sensor atau rangsangan pendengaran bayi. Jangan pernah bersuara kasar karena akan membuat bayi menangis.

4. Bernyanyi dengan lembut kepada bayi
Nyanyikan lagu lagu yang lembut kepada bayi. Anda juga bisa memberikan tepuk tangan yang ringan. Jangan bertepuk tangan terlalu keras, karena akan memekikkan bagi bayi. Berikan juga nyanyian lembut ketika bayi ingin tidur, bernyanyi lembutlah hingga bayi terlelap.

Pendidikan Bayi Usia 2 – 3 Bulan

1. Gerakan
Bayi usia 2 – 3 bulan sudah mulai menunjukkan gerakan gerakan seperti telungkup. Anda bisa mebantunya telungkup dengan catatan anda tetap memegang bayi anda, karena bayi belum sanggup menahan bebannya. Jangan terlalu berlebhan dalam memberikan latihan

2. Berbicara
Latihlah bayi dengan mengucapkan kata kata ringan, seperyi ma, pa, mama atau sebagainya. Memang bayi belum bisa berbicara , tetapi anda tidak sepenuuhnya diam saja. Karena ini akan melatih rangsangan kepada bayi.

3. Memberikan gambaran emosional
Berikanlah gerakan gerakan tertentu, seperti bertepuk tangan. Anda juga mengajakan atau memberikan senyuman dan gambaran wajah yang senag. Anda juga bisa mempelihatkan mua yang cemberut, lalu senyum atatu gerakan gerakan mata.

Itulah beberapa latihan pebelajaran yang dapat diberikan kepada bayi anda. Berikan latihan yang wajar dan secukupnya saja karena jika berlebihan akan membuat bayi merasa capek dan lelah. Berikan juga latihan latian yang lain yang masih wajar dan selagi bayi merasa nyaman dan senang. Jangan jua memperlihatkan sesuatu yang buruk bagi bayi, misalnya marah ke orang lain, atau berteriak teriak. Demikian artikel kita kali ini, jangan lupa tunggu artikel dan tips lainnya disitus ini, Terima kasih.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.