Cara Mengaktifkan USB Debugging Semua HP Android

Assalamu ailaikum teman teman, selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Di postingan kali ini, kita akan membahas tentang cara mengaktifkan USB debugging semua HP Android pada opsi pengembang (Developer Mode) di Android terbaru tentunya. Opsi pengembang ini digunakan agar kita bisa mengaktifkan USB debugging dan lain sebagainya yang berfungsi untuk membantu developer atau yang suka ngoprak aprik HPnya.

Bagi kalian yang mau root hp atau menguprak aprik dalamnya, maka yang paling pertama adalah mengaktifkan USB debugging atau opsi pengembang. Tidak terlalu sulit untuk mengaktifkan mode ini. Hanya saja beberapa HP dan keluaran terbaru, opsi pengembang tidak ada di pengaturan default.

Pengertian USB Debugging

Cara Mengaktifkan USB Debugging Semua HP Android

USB Debugging adalah fitur pada perangkat smartphone yang berfungsu untuk menjembatani antara HP dengan komputer untuk keperluan pengembangan dan akses ke dalam sistem.

USB debugging ini digunakan untuk menginstall aplikasi oleh para developer sebagai tester, juga untuk menginstall custom ROM bagi yang suka mengroot android.

USB debugging berada pada menu atau opsi pengembang (Developer mode), sehingga jika Anda ingin mengaktifkan USB debugging, maka langkah utama adalah mengaktifkan opsi pengembang pada android Anda.

Tanpa mengaktifkan opsi pengembang maka, USB debugging tidak bisa diaktifkan. Karena itu di artikel ini kita juga membahas tentang Opsi Pengembang.

Fitur fitur Opsi Pengembang (Developer Mode)

Beberapa waktu lalau, saya ditantang oleh tim di tempat saya praktek. Katanya, coba kamu root HP ini sembari memberikan 2 buah perangkat Xiaomi, yaitu xiaomi redmi 4x dan Xiaomi redmi note 4. Salah satu syarat untuk bisa melakukannya adalah mengaktifkan USB debugging ini.

Saya ingat caranya gampang, ternyata beda ketika dulu saya menggunakan android versi lawas dengan yang sekarang. Tapi sebenarnya sama saja isinya hanya saja terkadang letaknya berubah.

Opsi pengembang atau Pilihan Pengembang adalah pengaturan tambahan pada android yang di tujukan dalam hal pengembangan perangkat.

Ketika kita mengaktifkan pengaturan ini, maka sejumlah fitur pengembangan otomatis bisa diakses dan diaktifkan dengan leluasa.

Adapun fitur fitur umum yang ada pada pilingan pengembang :

  • Debugging USB (yang akan kita bahas)
  • Cabut otorisasi debug USB
  • Pitasan laporan log
  • Pilh aplikasi lokasi palsi
  • Verifikasi aplikasi melalui USB
  • Pelacakan sistem
  • Dll

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Baiklah teman teman semua, kali ini langsung saja kita praktek bagaimana cara mengaktifkan USB debugging. Pada tutorial ini saya menggunakan HP samsung Galaxy A10. Apapun merek HPnya, cara dan kerjanya adalah sama saja. Langsung saja ikuti step by step dibawah ini.

1. Buka HP kesayangan kalian, lalu masuklah ke pengaturan telepon (Settings)

2. Gulis ke bawah, cari menu “tentang Ponsel/Perangkat” atau menu “About Phone”. Bisanya letaknya di bagian bawah pengaturan, tapi beberapa HP ada di paling atas seperti Xiaomi.

Pengaturan android

3. Setelah berada pada menu Tentang ponsel, silahkan klik menu “Informasi perangkat lunak” untuk melihat detail system HPnya. Beberapa HP menu tentang Ponsel berada di pengaturan lainnya > Tentang ponsel, seperti HP Vivo.

Pengaturan perangkat

4. Maka akan di tampilkan semua detail perangkat lunak seperti pada gambar di bawah, kebanyakan HP ketika di tekan menu tentang ponsel, maka sudah otomatis menampilkan semua detail perangkat, tanpa perlu masuk ke menu lainnya lagi.

Mengaktifkan Opsi Pengembang

5. Silahkan klik beberapa kali dengan cepat pada “versi perangkat lunak” atau di HP lain “Nomor versi” hingga ada notifikasi “Anda sudah menjadi pengembang”

Sudah menjadi Developer Mode

6. Sekarang perangkat Anda sudah berada pada mode pengembang, saatnya kita mengaktifkan USB debuggingnya, silahkan masuk ke menu “Pilihan pengembang” atau Developer mode’. Pada HP Vivo misalnya, opsi pengembang ini ada di menu “Pengaturan lainnya” lalu gulir ke bawah dan klik menu opsi developer/pengembang.

Menu Opsi Pengembang

7. Gulir ke bawah dan Anda akan melihat opsi USB debugging, silahkan di aktifkan untuk keperluannya.

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Sekarang opsi pengembang telah aktif dan Anda bisa dengan leluasa melakukan debugging ke android. Juga sudah bisa melakukan unlock OEM dan melakukan root untuk perangkat android kalian.

Topik lainnya:

Demikianlah teman teman postingan saya kali ini tentang bagaimana cara mengaktifkan usb debugging di HP android. Semoga post ini bisa memberikan manfaat dan ilmu yang bisa kalian gunakan dan praktekkan, jangan lupa berikan masukan dan komentarnya yang membangun agar admin semakin semangat menulis post buat kalian semua.

Baca Juga   4 Cara Download Video Youtube di HP/PC dengan Mudah

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share