Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam/Black screen

Layar lapto gelap atau biasa disebut juga sebagai black screen (layer hitam) adalah sebuah masalah yang terjadi pada computer dikarenakan ada perangkat tertentu baik hardware ataupun software yang tidak berfungsi semestinya. Jika sewaktu waktu laptop anda blank maka anda tidak perlu khawatir. Yang perlu anda pahami adalah permasalahan yang mungkin ada dan cara menyelesaikannya.

Layar blank hitam bisa saja diakibatkan karena kesalahan system seperti software yang tidak berjalan atau tidak kompatibel dengan perangkat laptop anda. Selain dikarenakan software juga bisa diakibatkan karena perangkat keras yang rusak seperti vga yang rusak atau ram tidak bekerja.

Pada tulisan ini admin akan memberikan sedikit tutorial kepada teman teman untuk mengatasi permasalahn layer laptopb black screen atau blank. Berikut ini langkah langkah yang harus dilakukan jika laptop mengalami layer hitam.

1. Cek Layar apakah berfungsi

Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa layer laptop anda memang berjalan. Karena bisa saja layer anda memang rusak dimana kabel penghubung rusak atau tidak berfungsi. Jika ini terjadi segera melakukan perbaikan atau service laptop anda ke took yang terkait. Jika anda yakin bahwa layer anda bekerja dengan baik ikuti petunjuk berikutnya.

2. Hapus aplikasi berat

Aplikasi berat banyak memakan memori penyimpanan. Memori penyimpanan yang sedikit akan mengakibatkan system tidak bisa berjalan dengan normal. Alhasil hanya menampilkan layer hitam saja. Gunakan saja aplikasi yang ringan dan kompatibel dengan perangkat computer anda. Tentu saja untuk memproses aplikasi besar memerlukan media disk yang besar sehingga system crash karena tidak bisa berjalan lagi.

3. Terkena virus

Layar hitam bisa saja disebabkan oleh serangan virus. Untuk mengatasi ini anda harus membersihkan laptop dari berkas berkas yang tidak penting dan mencurigakan. Hindari menggunakan aplikasi yang sumbernya tidak jelas karena bisa saja mereka membuat malware pada aplikasi yang tidak jelas. Gunakanlah antivirus sebagai antipasti dan untuk jaga jaga dari serangan virus.

Baca Juga   Menghilangkan Iklan di Windows dengan Mudah

4. Buka safe mode

Safe mode yaitu fitur pada windows dimana kita akan membuka windows hanya dengan aplikasi yang penting saja tanpa membuka aplikasi lain. Setelah anda masuk ke safe mode maka silahkan hapus aplikasi yang anda kira sebagai penyebabnya. Silahkan restart laptop anda setelah berhasil dari safe mode. Jika computer kembali normal berarti memang ada aplikasi yang tidak kompatibel atau tidak cocok dengan computer anda

  1. Nyalakan laptop;
  2. Sebelum masuk tampilan logo Windows, tekan tombol F8 (tergantung perangkat), beberapa kali, hingga masuk menu Boot Option Windows
  3. Dari opsi yang ada, pilih Safe Mode
  4. Setelah tampil safe mode, tunggu sekitar 5-10 menit lalu restart laptop dan nyalakn kembali laptop, langkah ini pernah diuji dan memang jika masalahnya tidak parah bisa menjadikan laptop menyala normal kembali;
  5. Biasanya masalah seperti ini diakibatkan oleh service Windows yang bermasalah atau timing service yang delay.

5. Install ulang Windows

Install ulang laptop dilakukan jika anda benar benar tidak bisa masuk ke dalam system dengan cara apapun. Biasanya windows dengan format MBR lebih lambat diakses pada laptop yang sudah support AHCI atau UEFI. Silahkanlah install laptop anda dengan windows dengan format UFEI. Menurut pengalaman saya sendiri, format UEFI ini lebih cepat diakses oleh komputer. Untuk melakukan install ulang sangatlah mudah. Anda bisa melakukannya sendiri dengan flash disk dan mendownloda file windowsnya dari situs resmi Microsoft.

6. Perbaiki di service center

Jika anda sudah mentok dan tidak tau lagi cara mengatasinya, maka saya sarankan bawa saja laptop anda ke service center untuk diperbaiki. Alangkah baiknya gunakan garansi jika masih berlaku. Karena tidak bisa juga dipungkiri hal ini disebabkan oleh hardware yang hanya bisa ditangani oleh teknisi yang berpengalaman. Sehingga disarankan anda membawanya ke service center terkait untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Baca Juga   Cara Menjalankan Program Java Melalui CMD

Penutup

Permasalahan layer hitam memnag kerapp kali dialami oleh pengguna laptop. Banyak yang mengeluhkan kejadian ini padahal belum lama mereka membeli laptop yang digunakan. Hal ini memang memiliki problem yang banyak artinya bisa saja disebabkan oleh beberapa masalah. Namun yang perlu juga disadari biasanya orang baru membeli laptop itu langsung menginstall aplikasi yang berat. Ini bisa saja mengakibatkan black screen karena system tak mampu memuat aplikasinya.

Sudah sebaiknya kita yang memiliki laptop agar lebih menjaga dan merawat laptop kita. Kita juga harus betul betul memahami kesanggupan latop kita. Jangan menginstal game besar seperti PUBG jika memang laptop kita tidak laptop untuk gaming. Jadi intinya disini rawatlah laptop dengan baik dan gunakan tepat guna sehingga laptop akan tetap berjlan dengan normal.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Satu tanggapan untuk “Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam/Black screen

  • 12 Maret 2019 pada 19:24
    Permalink

    saya pernah mengalami hal yg serupa yang terjadi pada layar, namun kalo saya beda kasus yaitu blue screen, dimana semua laya menjadi biru dan ada emoticon sedih, awalnya saya sempet kaget, ternyata permasalahanya hampir sama dengan apa yang telah agan paparkan diatas,

    thanks informasinya gan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share