Cara Menggunakan Fitur NFC di Smartphone 2020

Cara Menggunakan Fitur NFC – Sekarang ini beberapa smartphone terbaru sudah dipastikan menggunakan fitur NFC untuk pembayaran di mana fitur dari singkatan Near Field Communication merupakan salah satu teknologi protokol yang sekarang ini telah dikembangkan dan mulai terkenal di tahun 2020 di mana perkembangan teknologi NFC sebetulnya sudah dimulai sekitar tahun 1990 akan tetapi baru populer di saat ini. Maka bagi kalian yang ingin menggunakan fitur NFC di Smartphone bisa mengikuti cara yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Cara menggunakan fitur NFC di smartphone Android tidaklah sulit dan bisa kalian lakukan di rumah dan untuk menggunakan fitur ini yang pastinya smartphone kalian sudah harus memiliki fitur NFC dikarenakan ketika masih belum ada maka tidak akan bisa menggunakan fitur tersebut untuk melakukan apapun termasuk salah satunya pembayaran online. Sehingga bisa disimpulkan apabila fitur envici adalah protokol yang bisa menghubungkan dua perangkat elektronik yang berada ada dalam jarak yang dekat sampai 4 cm.

Selanjutnya fitur ini sekarang ini sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan smartphone yang ada di dunia sehingga bisa kalian dapatkan fitur NFC di Xiaomi, fitur NFC di Redmi, fitur NFC di Samsung, fitur NFC di realme, fitur NFC di Oppo, fitur NFC di Vivo, dan beberapa jenis smartphone lainnya yang memang yang harus terbaru untuk melakukan support fitur ini.

Cara Menggunakan Fitur NFC di Smartphone 2020

Ketika smartphone kalian sudah dibekali dengan adanya sensor NFC akan tetapi kebanyakan dari para pengguna smartphone malah belum mengetahui dan Belum sadar apabila fitur ini bisa digunakan dengan syarat harus mengaktifkan terlebih dahulu sebelum digunakan kan dalam Aktivitas keseharian dan oleh karena itu untuk melakukan aktivasi ataupun cara menggunakan fitur NFC, bisa kalian lakukan dengan melihat tutorial berikut ini.

Baca Juga   Cara Inspect Element di Halaman Website dengan Mudah

Cara mengaktifkan fitur NFC

Untuk langkah pertama yang harus kalian lakukan apabila smartphone sudah support dengan fitur NFC maka silakan kalian terlebih dahulu mengaktifkan fitur ini di smartphone Android dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

  1. Silakan masuk ke bagian homescreen
  2. Silakan Swift atas kapal layar dari atas ke bawah sehingga muncul quick menu
  3. Setelah itu silakan kalian memilih tombol NFC apabila memang sudah support
  4. Setelah aktif maka kalian bisa langsung memakai fitur ini untuk berbagai kebutuhan dan pastinya kalian pun bisa menggunakan aplikasi atau layanan yang memang mendukung.

Cara transfer data melalui NFC

Selanjutnya, di bawah ini kalian bisa menggunakan fitur NFC untuk melakukan transfer data dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

  1. Silakan mengaktifkan sensor NFC di kedua smartphone
  2. Setelah itu kalian tinggal mendekatkan bagian belakang kedua handphone supaya bisa saling berhadapan
  3. Untuk perangkat utama kalian tinggal memilih file yang akan dikirimkan
  4. Selanjutnya silakan tekan tombol share dan silakan memilih Android Beam
  5. Biasanya perangkat kedua akan muncul menu permintaan penerimaan file
  6. Silakan kalian menekan tombol Accept supaya bisa memulai proses dan Silakan tunggu sampai selesai
  7. File yang sudah ditransfer melalui fitur NFC biasanya akan tersimpan di Smartphone kedua kalian.

Cara menggunakan fitur NFC di toko online

Selanjutnya cara ini bisa kalian lakukan untuk menggunakan fitur MPC di beberapa toko online dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

  1. Silakan kalian menginstal salah satu aplikasi toko online baik shopee bukalapak Tokopedia dan lainnya.
  2. Selanjutnya kalian ketika akan melakukan pembayaran tinggal menempelkan kartu di bagian belakang handphone dan ini adalah cara untuk melakukan top up dan melakukan pengecekan saldo
  3. Selanjutnya kalian tinggal memasukkan nomor pin dan tinggal mau bayar tagihan kalian.
Baca Juga   Cara Hapus File Duplikat di PC Dengan 4 Aplikasi Gratis

Itulah pembahasan kami tentang bagaimana cara menggunakan fitur NFC di smartphone terbaru 2020 yang bisa kalian lakukan di rumah dan semoga artikel yang kami tulis pada hari ini, ini dapat menjadi referensi untuk kalian semua dan kami ucapkan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share