3 Tips Cara Menghemat Memori HP Agar Tidak Penuh

3 Tips Cara Menghemat Memori HP Agar Tidak Penuh – Memori pada sebuah smartphone ataupun gadget adalah salah satu elemen penting yang tidak bisa untuk diabaikan, karena fungsi dari memori tersebut yaitu untuk menyimpan file data penting ataupun tidak penting dan selanjutnya, ketika memori HP kalian dalam keadaan masih leluasa maka kalian pun bisa menyimpan apapun yang diinginkan, akan tetapi ketika memori smartphone sudah penuh maka dipastikan kalian tidak bisa menyimpan file multimedia atau file apapun pada smartphone sehingga, kalian harus mengetahui cara menghemat memori HP agar tidak penuh.

Sedikitnya ada 3 tips cara menghemat memori HP supaya tidak terlalu penuh yang bisa kalian lakukan dan untuk cara yang akan kami bahas pada artikel kali ini dipastikan sangat mudah untuk dilakukan, asalkan kalian menyempatkan waktu untuk melakukan langkah ini dan dipastikan, memori HP akan tetap terjaga tanpa ada peringatan memori penuh.

Ketika memori mengalami informasi penuh dari sistem HP, maka biasanya akan ada beberapa kendala yang bisa kalian rasakan seperti smartphone menjadi lambat dan juga terasa berat dan Selanjutnya apabila kalian terus tidak membersihkan sampah yang ada pada smartphone, maka hal ini malah bisa membuat smartphone kalian cepat rusak dan pastinya sangat merugikan.

Selain kalian biasa melakukan backup data ke PC komputer atau laptop dari smartphone kalian supaya memori tidak penuh dan atau menambahkan memori eksternal, kalian pun bisa mencoba 3 langkah ini agar memori tidak lagi penuh.

Cara Menghemat Memori HP

Untuk kalian semua yang penasaran apa saja langkah yang harus kalian lakukan supaya bisa menghemat memori smartphone agar tetap dapat menyimpan file data yang diinginkan, maka silahkan untuk mengikuti tutorial kami berikut ini.

Rajin membersihkan sampah (Cache)

Apa yang harus kalian lakukan, yaitu rajin membersihkan sampah yang ada pada Smartphone atau biasa dikenal dengan Cache dikarenakan ketika kalian jarak membersihkan smartphone baik menggunakan aplikasi cleaner bawaan smartphone atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka dipastikan smartphone kalian akan mengalami memori penuh dan biasanya akan muncul pemberitahuan file tidak bisa disimpan karena memori sudah penuh.

Rajin membersihkan sampah yang ada pada smartphone kalian maka hal ini bisa menghemat memori dikarenakan ketika sampah menumpuk maka bisa dalam hitungan gigabyte sehingga akan membebani kinerja smartphone dan pastinya kalian akan kesulitan menyimpan file data dan oleh karena itu, silakan bersihkan cache yang ada pada HP kalian.

Pindahkan aplikasi ke memori eksternal

Selanjutnya cara kedua yang bisa kalian lakukan yaitu dengan memindahkan aplikasi yang memang bisa dipindahkan ke memori eksternal sehingga direkomendasikan, apabila kalian membeli smartphone dengan memori internal kecil seperti 32GB, maka belilah memori eksternal yang ukurannya minimal 32 GB atau lebih tinggi seperti 64GB, supaya kalian bisa menyimpan file dengan leluasa.

Memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat kalian Unduh di Google Play Store.

Tidak instal aplikasi yang tak penting

Apabila kalian ingin mempunyai memori HP yang penuh dan tidak terisi dengan aplikasi atau game yang memang jarang dimainkan, maka silakan hapus dan tidak menginstal aplikasi tersebut, karena hal tersebut akan membuat memori menjadi penuh.

Itulah penjelasan kami tentang tips cara menghemat memori HP agar tidak penuh yang bisa kalian lakukan di rumah dan semoga tips yang kami tulis pada hari ini, dapat menjadi referensi untuk kalian semua dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share