(100% Anti Jingling) Cara Menghubungkan Domain Blogger ke Cloudflare

Assalamu alaikum sahabat pembaca blog saya ini. Semoga Anda sedang dan selalu bahagia. Nah salah satu permasalahan para blogger dari tahun ke tahun adalah adanya serangan pengunjung bot atau jingling. Bot ini sangat merusak reputasi blog yang Anda miliki jika terus menerus terserang. Karena itu artikel kali ini saya membahas cara mengatasi jingling dengan cara menghubungkan domain blogger ke Cloudflare.

Tapi sebelum kita beranjak lebih dalam tentang topik ini. Tutorial ini hanya berlaku untuk blogger yang sudah memiliki domain TLD. Jika belum punya domain, silahkan beli dulu. Banyak domain TLD yang bagus seperti .com .net .id  dan masih banyak lagi. Pastikan membeli dari provider domain atau perusahaan resmi.

Perlu juga saya beritahu teman teman, jangan mudah tergiur dengan harga domain yang sangat murah dan tidak masuk akal. Sebab biasanya didapatkan dengan cara illegal atau c*rding. Biasanya domainnyapun tidak berumur lama dan bakalan di suspen. Tentu kalian tidak mau domain ke sayangan kalian tersuspen gara gara didapatkan dengan cara tida benar.

Jika kalian tidak tahu dimana tempat membeli domain maupun hosting yang terpercaya, silahkan komentari artikel ini, dan pastinya saya akan balas dan memberikan rekomendasi yang terbaik. Teman teman bisa baca tips mendaftar Adsense di tulisan saya yang dulu.

Sekarang kita kembali ke topik. Jadi bagi teman teman yang ingin menghubungkan domainnya ke Cloudflare pastikan sudah TLD dan fll control. Kenapa harus full control? Karena disini kita perlu mengubah name server domain kita ek Cloudflare. Tapi sebelumnya yuk kita kenali dulu apa itu jingling dan bahayanya untuk blogger.

Apa itu Jingling?

Seperti sebelumnya saya sudah menyinggung bahwa jingling itu adalah bot yang digunakan untuk mengirimkan visitor ke blog tertentu. Seolah olah ada pengunjung yang datang ke blog kita dan memang terdeteksi di statistik.

Kalau kita membaca artikel tentang jingling, katanya bot ini berasal dari china. Tapi pastinya yang saya tahu adalah untuk menambah visitor ke blog secara cepat dan bukan organik.

Saya sudah mengenal lama tentang jingling. Biasanya ada rekan atau blogger lain yang suka usil ke blog kita dengan cara mengirimkan bot ini. Banyak para blogger yang kecewa dan frustasi karena sering dikirim jingling.

Bahaya jingling untuk blog

Jingling sangat berbahaya bagi kesehatan blog. Memang sih tidak ada virus sejenis trojan maupun yang lain di kirimkan lewat jingling. Tetapi blog kita akan terkena spam karena bot ini. Setidaknya ada beberapa bahasa jingling di antaranya sebagai berikut:

  1. Blog akan dianggap spam oleh Google karena adanya aktivitas tidak wajar. Imbasnya adalah blog Anda akan deindex di mesin pencarian google. Tapi ada sih orang yang membantah ini, tapi kebanyakan sepakat.
  2. Bagi penayang iklan Adsense akan terancam banned jika menggunakan bot jingling. Imbasnya adalah invalid trafict, salah satu alasan yang paling banyak ketika publisher di banned. Tentu Anda rugi sendiri sampai berlipat kali, sudah deindex, Adsense di banned lagi.

Itulah inti dari bahayanya jingling jika menyerang blog kita. So mulai sekarang segera hati hati dan jauhi sumber masalah ini. Di akhir tulisan ini saya juga akan membahas menghindari datangnya jingling ke blog kita. So jangan skroll, baca terus ya teman teman.

Cara Menhubungkan Domain ke Cloudflare

Cloudflare adalah CDN (Content Delivery Network) yang berfungsi untuk perantara antara server ke website dan mempercepat loading akses pada situs. Kira kira begitulah intinya dari cloudflare. Cloudflare sebagai cdn yang banyak di gunakan karena punya fitur yang lebih, seperti ddos protection yang aka kita gunakan untuk menangkal jingling.

Baca Juga   Cara Daftar Adsense Agar Mudah Diterima

Adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Atur name server domain kamu dari tempat Anda membeli domain mengarah ke NS cloudflare, atau Anda bisa atur terakhirpun tidak masalah, langsung saja ke nomor 2.

2. Silahkan daftar dan login ke Cloudflare. Selanjutnya masukkan nama domain di kotak add your site, atau klik darimenu add site di pojok kanan atas. Selanjutnya klik next

Cara Menghubungkan Domain Blogger ke Cloudflare

3. Disini Anda akan di suruh memilih jumlah langganan. Pilih saja yang fress lalu klik next.

Berlangganan ke Cloudflare

4. Anda akan di hadapkan pada halaman untuk mengatus DNS domain. Silahkan tambahkan IP Blogger seperti dibawah ini. IP blogger ini harus mengarah ke blog kalian. Sederhananya adalah : namadomain.com pointing to IP blogger.

Pengaturan DNS Domain di Cloudflare

IP Blogger:

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Tambahkan juga CNAME blogger Anda, untuk mendapatkan CNAME bisa melalui dasbor Blogger>Setting>Basic. Lalu tambahkan domain seperti biasa dan salin CNAMEnya.

Pengaturan NS Blogger

5. Jika sudah semua beres, selanjutnya klik Continue dan Anda akan di suruh mengubah name server domain kalian jika NSnya belum mengarah ke Cloudflare. Silahkan ubah sesuai NS Cloudflare yang di sediakan.

NS domain ke Cloudflare

NS Cloudflare:

  • jake.ns.cloudflare.com
  • mia.ns.cloudflare.com
Pengaturan NS Cloudflare

6. Selanjutnya klik done dan cek NSnya apakah sudah terhubung ke Blogger. Selanjutnya parkirkan domain kalian ke blogger.

Pointing Domain ke Blogger

Jika domain kalian tidak bisa diakses, jangan khawatir. Biasanya agak lama sih, bisa satu ja. Maksimalnya 24 jam seperti yang diberitahukan oleh Cloudflare.

Sekarang Anda telah berhasil bagaimana cara menghubungkan domain blogger ke cloudflare demi mengurangi serangan jingling, ddos dan sejenisnya. Jika ingin layanan lebih baik lagi silahkan berlangganan paket cloudflare yang diinginkan.

Tips Terhindar dari Serangan Jingling

Walapun kita sudah menghubungkan domain kita ke Cloudflare, namun kita tidak boleh gegabah. Pastikan tetap terhindar dari hal hal yang kemungkinan mendatangkan bor trafik dan sejeninya demi kesehatan blog kalian. Beberapa tips yang mungkin bisa saya berikan buat teman teman adalah sebagai berikut:

1. Jangan berbagi link blog ke forum yang tidak terpercaya/kemungkinan ada yang usil

Sebaiknya tidak berbagi link ke grup tidak terpercaya, atau ke grup yang terpercaya namun kemungkinan di dalamnya terdapat orang orang yang tidak bertanggung jawab. Beberapa kasus yang dialami oleh blogger adalah, mendapatkan serangan jingling saat membagikan link blog mereka ke grup komunitas. Kesempatan ini biasanya di manfaatkan oleh orang orang yang usil dan iri kepada blog kalian.

Ancaman lebih parah adalah adanya bom klik terhadap iklan adsense yang berujung banned. Anda pasti tidak ingin jerih payah kalian sia sia. So mulai dari sekarang main aman saja.

2. Hanya berbagi dengan teman dan komunitas yang punya prinsip sama

Jika ingin saling berbagi link, yang biasanya kita kenal dengan sebutan BW (Blog Walking) sebaiknya hanya kepada orang yang terpercaya dan di komunitas yang bersih dan memiliki prinsip yang jujur dan sama dengan diri kalian.

Biasanya komunitas seperti ini saling membangun dan mengingatkan. Memang kadang tidak ramai karena seakan garing sebab isinya tentu keseriusan. Jadi cobalah nyaman bersama komunitas yang bersih.

3. Jangan berkunjung dan berkomentar ke blog yang banyak spam

Sebaiknya menghindari berkunjung ke blog yang mengandung spam, apalgi itu berkomentar. Anda mungkin bisa saja tidak menyadari kalau komentar Anda bisa diikuti oleh bot atau orang orang yang jahil.

Kata pepatah “ seribu jalan menuju roma” juga berlaku bagi para enjingling dan spammer. Jadi teman teman mesti ekstra hati hati.

Saya kira pembahasan saya cukup sampai disini. Bila ada kesulitan dan belum mengerti cara menghubungkan domain blogger ke cloudflare bisa komenkan kendalanya. Jika misalnya teman teman punya tips untuk menghindari spam bisa di tambahkan melalui komentar. Mari saling membangun dan menjaga solidaritas dan respek sesama blogger. Banyak anggota blogger yang mencari secuil rezeki dengan ikhlas dan jujur. Sangat di sayangkan jika adapula yang mengusili pekerjaan seperti ini.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

2 tanggapan untuk “(100% Anti Jingling) Cara Menghubungkan Domain Blogger ke Cloudflare

  • 29 September 2019 pada 07:41
    Permalink

    Terimakasih Gan Sukses 100 % sesuai dg judulnya hehe
    Semoga bener-bener bisa menangkal jinggling, Semoga blognya tambah sukses ya 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share