Cara Menulis Artikel Blog Yang Berkualitas

Menulis artikel blog atau postingan blog adalah kegiatan rutin bagi para blogger untuk mengisi konten di blog atau websitenya. Kegiatan menulis sudah menjadi kebiasan para blogger, bahkan menjadi hobby setiap harinya. Untuk menghasilkan konten yang berkualitas, tentunya kita butuh teknik dan strategi menulis dengan baik dan benar, sehingga konten yang kita hasilkan berkualitas bagi para pengunjung dan mesin pencari.

Banyak orang yang bingung bagaimana membuat artikel yang berkualitas. Sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang kita butuhkan adalah banyak banyak membaca sebagai referensi pengetahuan kita dalam dunia blogging. Saya sendiri belum begitu lama mengetahui dan memahami teknik penulisan artikel yang berkualitas. Namun seiring waktu, saya selalu mencoba mencari tau sedikit demi sedikt, sehingga banyak ilmu yang bias didapatkan.

Artikel yang berkualitas akan membuat blog kita juga berkualitas. Blog akan menjadi sehat di mata mesin pencari dan memberikan kepuasan bagi para pengunjung karena apa yang di cari sesuai dengan harapannya.

Tips menulis artikel yang berkualitas

Disini kita akan membahas bagaimana tips menulis sebuah artikel yang berkualitas. Implementasinya sangat mudah karena semua sudah tersedia di editor blog kita.

1. Gunakan Bahasa yang baku

Bahasa yang baku akan memudahkan pengunjung untuk memahami apa yang kita sampaikan pada postingan kita. Ketika pengunjung merasa nyaman, maka akan meningkatkan bounce rate blog kita dan mendongkrak PA atau ranking halaman blog kita. Tentu saja ini sangat membantu dalam SEO. Gunakanlah Bahasa yang umum dan tidak bertele tele. Penggunakan kata dan tanda baca yang tepat sehingga artikel yang kita tulis mudah di pahami.

2. Membuat kata kunci yang tepat

Gunakan penempatan kata kunci yang strategis dan jangan berlebihan. Kata kunci yang tepat bias mewakili beberapa paragraph bahkan bias mewakili seluruh konten yang kita tulis. Kata kunci ibarat sebuah kunci untuk membuka gembok, ketika kata kunci tepat dan mewakili konten, maka dengan mudah article kita bertengger di mesin pencari karena mengandung nilai yang berkualitas.

3. Melengkapi struktur dan susunan artikel

Artikel yang berkualitas tentu lengkap emua struktur dan susunan artikel. Susunan artikel yang lengkap merupakan artikel uang sangat SEO dan mudah untuk deindex oleh mesin pencari. Berikut ini beberapa susunan artikel yang berkualitas

  • Judul
    Judul merupakan gambaran dari isi artikel yang kita tulis. Judul yang baikterdiri dari 5 kata sampai 12 kata dengan menggunakan Bahasa yang baku.Penulisan judul yang tepat bias mewakili seluruh isi konten. Alangkah lebihbaik jika penulisan judul menggunakan konsep SPOK sehingga judu; terlihatlengkap.
  • Sub judul
    Sub judul berfungsi sebagai bagian penjelas dari judul utama. Sub juduldiguanakn sebagai induk dari paragraf demi paragraph. Sunjudul digunakansebagai penjelas lebih detail dari judul utama yang memberikan rincian singkatyang akan di jelaskan pada bagian paragraf suatu artikel
  • Paragraf
    Paragraf berisi penjelasan suatu artikel. Paragraf yang baik harus berkaitandan berkesinambungan antara judul dan sub judul, sehingga artikel mudah untukdipahami. Paragraf yang baik berisikan minimal 3 kalimat yang bias menjelaskanisi topik yang di bahas.
  • Media (Gambar dll)
    Media pada umumnya yang sering digunakan adalah gambar. Jangan lupa menambahkanteks deskripsin atau tag pada gambar yang berkaitan dengan tema artikel kita.Media ini ditujukan sebagai pununjang agar para pembaca lebih memahami. Denganadanya tag gambar, membuat artikel kita menjadi lebih SEO oleh mensin pencari.

4. Artikel yang original

Tulislah artikel sesuai dengan pemahaman anda. Ketika kita tidak ada ide, kita bias mencari ide dengan berkunjung ke blog orang lain, membaca artikelnya dan kita pahami, lalu menuliskan topik yang sama, namu sesuai dengan apa yang sudah kita pahami. Kita tidak salah membuat topik bahkan judul yang sama dengan orang lain, selagi itu berdasarkan yang kita pahami, meskipun idenya dari artikel orang lain.

5. Panjang artikel

Panjang artikel tentunya mengikuti topik yang dibahas, semakin menarik tema yang kita bahas tentu panjang artikelnya juga semakin banyak. Panjang artikel sebaiknya ditulis dengan minimal 500 kata, karena ini adalah panjang artikel yang standar diman memiliki penjelasan yang bagus dan mudah di pahami. Untuk bias menulis artikel yang panjang, tentu pemikiran kita tidak boleh kaku. Cobalah buka beberapa situs ebagai refernsi, karena semakin banyak anda membaca, semakin tumbuh ide kreatifmu.

Penutup

Kita sudah membahas bagaimana menulis postingan blog yang berkualitas. Kunci uatama agar tetap rajin menulis adalah, perbanyak melihat blog orang lain, sehingga kita tetap memiliki ide dari referensi yang kita dapat. Semoga postingan ini bias membantu dan bermanfaat buat teman teman semua.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.