Cara Menyembunyikan Grup Facebook dari Beranda

Facebook adalah salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Facebook memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi, saling bercanda dan saling berkomentar satu sama lain. Kita bisa saling berbagi momen yang unik yang bisa menarik perhatian orang lain dan mendapatkan banyak like. Salah satu fitur Facebook yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah adanya grup Facebook. Grup Facebook merupakan kumpulan komunitas atau grup yang dibuat di Facebook untuk menampung berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan yang sama. Keuntungan dari grup ini adalah kita bisa memiliki ratusan ribu bahkan jutaan teman. Dengan adanya grup ini, kita dengan mudah berbagi informasi yang tepat, karena anggota grup memiliki prinsip dan tujuan sama dalam satu grup. Banyak pengguna Facebook lebih memilih aktif di grup daripada di kronologinya sendiri. Ini dikarenakan Facebook hanya membolehkan setiap pengguna maksimal memiliki 5000 pertemanan saja.

Menyikapi terbatasnya teman yang bisa ditampung oleh setiap pengguna, maka adanya grup ini sangatlah membantu. Kita dengan cepat dan mudah mendapatkan informasi yang kita inginkan. Begitu juga sebaliknya kita dengan mudah menyasar target informasi yang kita sebarkan. Setiap anggota yang ada dalam grup biasanya memiliki kesamaan prinsip dan tujuan. Namun banyak juga pengguna yang menyalahgunakan Facebook sebagai ajang menyebarkan berita hoax atau provokasi yang membuat pengguna atau anggota lain merasa tidak nyaman. Banyak grup disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau grup yang sudah terbengkalai tidak terurus lagi yang membuat pengguna lain merasa tidak nyaman karena hanya mendapatkan informasi yang tidak penting.

Di sisi lain kehadiran grup memberikan kita banyak informasi sehingga Beranda Facebook kita penuh dengan postingan yang ada dari grup. Ini membuat kita kehilangan informasi dari teman-teman dekat kita, karena kita hanya mendapatkan berita atau kiriman yang berasal dari grup. Agar postingan yang ada dalam grup tidak memenuhi beranda, kita tidak perlu keluar dari keanggotaan grup. Melainkan cukup hanya dengan cara tidak mengikuti grup. Hal ini lebih baik dilakukan daripada kita harus keluar dan juga cara ini sangat mudah untuk kembali mengikuti berita di kemudian hari.

Cara menyembunyikan grup dari beranda Facebook

Menyembunyikan grup dari beranda Facebook bertujuan agar kita tidak mengikuti grup lagi atau dengan kata lain agar kiriman dari grup tidak memenuhi beranda facebook kita. Caranya pun cukup mudah berikut ini cara untuk menyembunyikan grup dari facebook. 

Menyembunyikan grup Facebook melalui desktop pada komputer

1. Langkah pertama adalah Anda harus masuk ke dalam Facebook Anda lalu cari grup yang dimaksud lalu Masuklah ke dalam grup yang ingin disembunyikan. Setelah anda masuk ke dalam grup tersebut. Perhatikan di bagian bawah gambar grup atau logo grup terdapat tulisan bergabung.

2. Silakan Klik tombol bergabung Maka akan muncul dua Tombol menu yaitu tombol berhenti mengikuti grup dan tombol keluar dari grup. Silakan Klik tombol berhenti mengikuti grup. Berhenti mengikuti grup ini berfungsi agar grup dan semua postingan tidak akan pernah terlihat di beranda Facebook anda. Sekarang anda sudah berhasil menyembunyikan grup dari beranda anda. Silahkan refresh Facebook Anda maka anda tidak akan pernah melihat isi grup lagi. Untuk melihatnya Anda bisa secara manual dengan cara mencari dan masuk dalam grup.

Cara Menyembunyikan Grup Facebook dari Beranda 1

3. Jika anda tidak ingin mendapatkan notifikasi apapun dari kiriman dan komentar Anda bisa melakukan nya dengan cara mematikan notifikasi kiriman grup. Caranya Klik tombol mengikuti lalu klik non aktif. Dengan demikian semua pemberitahuan seperti komentar baru kiriman baru atau kiriman yang ditandai tidak akan masuk ke daftar pemberitahuan Facebook anda.

Cara Menyembunyikan Grup Facebook dari Beranda 2

Cara menyembunyikan grup Melalui aplikasi Facebook

1. Langka pertama adalah Buka aplikasi Facebook Android dan Masuk ke akun Facebook yang anda inginkan. Selanjutnya cari grup ingin disembunyikan dan masuk ke dalam grup tersebut. 

Cara Menyembunyikan Grup Facebook dari Beranda 3

2. Silakan klik nama grup atau judul. Setelah anda masuk ke dalam tubuh maka akan muncul menu utama. Kita bisa melihat ada tombol mengikuti dalam keadaan centang. Ini artinya kita sedang mengikuti grup tersebut. Untuk menyembunyikan grup tersebut, silakan Klik tombol mengikuti hingga tombolnya berubah jadi ikuti tanpa tanda centang.

Cara Menyembunyikan Grup Facebook dari Beranda 4

Sekarang anda sudah berhasil menyembunyikan semua isi kiriman grup dari beranda facebook anda. Walaupun kita sudah berhasil menyembunyikan grup dari beranda kita masih tetap bisa masuk ke grup seperti biasanya dan bisa melakukan kiriman dan mengomentari postingan orang lain. Menyembunyikan grup dari beranda Bukankah keluar dari grup nyanyikan kita hanya tidak mengikuti kiriman yang ditulis oleh anggota lain. 

Cara memunculkan grup ke beranda Facebook

Ada kalanya kita ingin kembali melihat semua kiriman dan akan mendapatkan kiriman terbaru dari grup yang kita ikuti yang sebelumnya sudah kita unfollow. Untuk mengikuti grup yang sudah kita tinggal kamu caranya sangatlah mudah. Caranya hampir sama dengan langkah-langkah untuk menyembunyikan grup dari beranda Facebook. Caranya adalah sekolah masuk ke grup Facebook yang ingin diikuti.

Cara Menyembunyikan Grup Facebook dari Beranda 5

Lalu Klik tombol grup bergabung jika Anda menggunakan desktop lalu Klik tombol ikuti. Jika Anda menggunakan Android silakan klik nama Facebooknya lalu Klik tombol ikuti (follow). Ketika kita kembali mengikuti grup maka kita dengan mudah melihat kiriman dari anggota lain yang tampil di beranda Facebook, sehingga dengan mudah kita bisa mendapatkan informasi dan melakukan respon. 

Kesimpulan

Fitur grup Facebook bermanfaat untuk saling berbagi dengan mudah kepada seluruh anggota grup walaupun kita tidak dalam keadaan berteman. Semua kiriman dan informasi yang dibagikan ke dalam grup bisa dengan mudah kita akses. Grup Facebook sangatlah cocok tempat diskusi dan saling berbagi karena dalam satu grup tentunya memiliki prinsip yang sama. Namun ada kalanya kita sudah jenuh dan tidak tertarik terhadap kiriman dari suatu grup. Untuk menyikapinya kita bisa melakukan unfollow atau tidak mengikuti kiriman yang dibagikan ke dalam grup. Ketika kita menyembunyikan kiriman dari grup maka benda kita akan terlihat bersih dan hanya melihat kiriman dari teman-teman kita saja. Setelah kita berhasil follow atau tidak mengikuti suatu grup maka kita bisa kembali mengikutinya dengan mudah. Demikianlah tulisan kali ini semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kita semua. 

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share