Cara Merawat Kucing yang Baik dan Benar

Pada dasarnya cara merawat kucing bukanlah sesuatu yang sulit, tetapi bukan hal yang bisa disepelekan atau bisa jadi gampang gampang susah. Yang terpenting adalah memahami kebutuhan kucing kesayanga Anda dan secara otomatis mudahlah untuk merawatnya.

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan pavorit di dunia ini. Tingkahnya yang lucu serta bisa diajak bermain membuat orang orang suka. Kucing peliharaan secara otomatis langsung tinggal dalam rumah pemiliknya sehingga tidaklah terlalu memikirkan kandang khusus seperti peliharaan lainnya.

Di Indonesia sendiri secara umum terdapat dua jenis kucing, yaitu kucing ras dan kucing kampung. Paling sering kita jumpai di rumah rumah adalah kucing kampung (juga disebut kucing umum). Kucing kampung ini merawatnya sangat mudah. Kadang makannyapun sama dengan pemiliknya yaitu nasi dan lauk.

Menjaga Lingkungan Kucing

Lingkungan-Kucing
instagram.com/park_kkone

Cara yang mudah memastikan kucing Anda aman selalu adalah dengan menjaga tempat sekitar kucing bermain. Menjaga lingkungan kucing ini dimaksudkan agar kucing terhindar dari hal hal yang membahayakannya. Anda pasti tidak ingin kucing Anda kenapa napa kan. Bagaimana cara menjaga lingkungan kucing yang aman?

1. Singkirkan benda benda tajam

Benda benda tajam bisa membahayakan kucing, karena itu pastikan tidak ada dan tidak terjangkau oleh kucing. Kucing tidak tahu apakah benda itu taja atau tdak, kalau kucing merasa tertarik bisa saja didatanginya.

Simpanlah peralatan tajam seperti pisau, paku, jarum dan sejenisnya di tempat yang aman. Akan lebih baik lagi jauhkan dan buat ruangan khusus yang tidak bisa dijangkau kucing dengan cara bisa mengkuncinya.

2. Jauhkan dari benda benda yang beracun

Jangan biarkan kucing Anda mendekati bahan bahan kimia yang bisa saja memiliki rajun. Anti nyamuk misalnya yang mungkin banyak dirumah, anti nyamuk ini mestinya disimpan dilaci khusus dan dikunci. Kalau tidak kucing akan menggigit gigitnya dan bisa berbahaya bagi kesehatan si Manis kalia.

Bahan yang mungkin beracun lainnya adalah pembersih lantai dan deterjen. Patikan berada di tempat aman dan tidak ada tumpahan, karena bisa saja kucing menganggapnya sebagai minuman.

3. Jangan membuat tempat bermain yang terlalu tinggi

Tempat Bermain Kucing
instagram.com/cats_of_instagram

Tempat terlalu tinggi bisa membahayakan kucing ketika ingin melompat. Pastikan tempatnya aman. Jika harus tinggi buatlah jalan sedemikian rupas, misalnya berbentuk tangga agar si kucing tidak langsung melompat dari ketinggian.

Hal ini akan menghindari kucing terpelncir atau terkilir. Kita tahu kalau rumah pasti memiliki lantai kasa, karena itu sangat berbahaya jika memberikan tempat terlalu tinggi dan tidak memiliki sejenis tangga penyambung.

4. Bersihkan dan berishkan tempat bermain

Segera rapikan alat permainan kucing ketika dia sudah tidak bermain lagi. Tujuannya adalah agar rumah tetap rapi dan mudah dibersihkan. Ini juga agar pemndangan indah dan tidak membuat stress.

Kucing juga mungkin akan lebih nyaman beristirahat atau tidur jika lingkungannya bersih dan rapi. Anda sebagai pemilik kucing tentu tidak pusing melihat hal hal yang berantakan.

5. Kotak pasir untuk kucing

Kucing membutuhkan pasir untuk buang air. Kucing juga sangat menjaga privasinya ketika ingin pub, karena itu tempatkan ditempat yang sepi dan jauh dari keributan.

Kucing akan terganggu buang air kalau suasana ribut, karena itu Anda bisa memilih menempatkan box pasir di sudut ruangan.

Siapkan kotak pasir cadangan, sehingga ketika ingin membersihkan bak pasir yang satunya, maka bak pasir cadangan sebagai penggantinya.

Memberikan Makanan dan Minuman yang Sehat

Makanan adalah hal yang perlu diperhatikan untuk si kucing. Jika ingin kucing hidup sehat tentu tidak asal sembarangan memberikan makanan kepada kucing. Akanan sembarang bisa berakibat membuat kucig Anda sakit dan gangguan pencernaan. Karena itu pastikan memberikan makanan yang benar.

1. Berikan makanan dengan porsi yang pas

Jangan memberikan makanan terlalu banyak atau juga terlalu sedikit. Memberikan makanan yang terlalu banyak bukanlah bentuk kesayangan karena akan membuat kucing Anda tidak teratur.

Jika ini terus berlanjut maka kucing bisa jadi kegemukan dan tidak sehat. Menggemukkan kucing memang benar, tapi jangan berlebihan dan usahakan memiliki tubuh ideal. Atur jadwal serta jumlah porsi setiap harinya untuk kucing kucing kalian. Hal ini juga membiasakan kucing makan teratur.

2. Berikan minuman yang cukup

Kucing juga sangat membutuhkan air. Kucing bisa diberi minuman berupa air minum biasa yang bersih dan sehat layaknya minuman manusia. Hindari memberi minuman yang beralkohol dan bersoda karena tidak baik bagi kucing.

Minuman kemasan yang mengandung pengawet sebaiknya tidak perlu diberikan, kecuali memang minuman khusus kucing dan sudah terjamin oleh dokter hewan atau badan kesehatan yang berwenang.

3. Berikan makanan tambahan

Kucing Makan Ikan
instagram.com/kucingpetanii

Kucing adalah salah satu hewan karnivora, karena itu Anda juga bisa memberikan makanan berupa daging. Misalnya daging ayam, ikan dan sejenisnya yang sehat bagi kucing. Lebih baik menghindari memberiknya nasi dan sayur yang umumnya dilakukan oleh masyarakat. Tujuannya adalah agar kucing benar benar sehat.

Ada juga susu tambahan bagi kucing untuk menunjang utrisi tambahan. Semua nutrisi dan susu tabahan ini mudah kok didapatkan. Selain itu bisa juga memberikan cemilan khusus untuk kucing.

Menjaga Kesehatan Kucing

Walaupun kita manusia, kita harus peka dan bisa melihat dari Sudut hewan sehingga memahami keadaan kucing kucing yang dipelihara. Ksehatan adalah hal paling penting agar kucing bisa menjalani hari harinya dengan bahagia.

Bukan hanya manusia, kucingpun perlu perhatian khusus untuk kesehatannya. Bukan berarti hewan tidak sakit, hanya saja dia tidak bisa berbicara langsung. Namun sebagai manusia kita bisa membaca dan melihatnya dari gerak dan perilakunya.

1. Membersihkan dan merapikan bulu kucing

Bulu kucing itu mudah rontok dan bertebaran jika tidak dirapikan. Karena itu usahakan rajin dan rutin membersihkan bulu bulunya. Tidak sulit melakukannya, cukup dengan sapu tangn juga bisa, tapi disarakan menggunakan kaos tangan khusus untuk memberishkan bulu kucing.

Kaos tangan khusus kucng ini dirancang memang khusus untuk bulu kucing dan dipastikan aman, karena bahannya lembut dan akan membersihkan bulu yang rontok.

Ini juga akan membuat buu kucing bersih dan lembut, serta kulit dan pertubuhan bulu barunya cepat dan tidak terhambat.

2. Mandikan kucing secara berkala

Untuk menjaga tubuh kucing bersih, maka silahkan mandikan secara berkala. Dengan memandikan kucing Anda akan menghindarinya dari kutu yang jahat serta bakteri yang menempel dikulitnya.

Gunakan sabun yang dikhususkan dengan kucing serta air bersih. Pastikan memandikan kucing dengan baik agar kucing Anda tidak merasa takut. Jika ini rutin dilakukan, maka kucing Anda akan terbiasa bahkan bisa memintanya sendiri untuk dimandikan.

3. Berikan vaksin dan periksa secara berkala ke dokter

Untuk menjaga tubuh kucing dari serangan bakteri dan virus, Anda bisa memberikan vaksin untuk kucing kucing Anda. Vaksin kucing bisa didapatkan melalui dokter hewan.

Persiksalah kesehatan kucing secara berkala ke dokter hewan. Tidak harus setiap minggu, cukup sekali sebulan misalnya.

Memberikan Hiburan kepada Kucing

Kucing Bermain
instagram.com/pleasantcats/

Kucing adalah hewan yang lucu dan memberikan hiburan kepada pemiliknya. Disamping itu kucing juga butuh hiburan agar tidak merasa bosan. Dengan hiburan yang baik, maka kucing Anda akan selalu bahagia bersama Anda.

Siapkan juga hiburan khusus yang bisa dimainkan kucing kucing Anda ketika pemiliknya pergi sebentar, misalnya ketika Anda kerja.

1. Mengajak kucing bermain

Mengajak Kucing Bermain
instagram.com/park_kkone

Kucing sangat tertarik dengan benda benda unik ataupun mencolok, benda benda bergerak. Anda bisa bermain bersama kucing Anda dan tertawa. Ini akan membuat kucing semakin semangat.

Permainan yang bisa Anda laukan bersama kucing misalnya dengan bermain bola kecil, lampu laser atau tali yang aman.

Permainan tidak melulu harus dengan benda benda mati, Anda juga bisa bermain dengan kucing langsung dengan jari dan tangan tangan kalian.

2. Bawa kucing rekreasi

Cara Merawat Kucing
instagram.com/catloversclub

Rekreasi yang saya maksud adalah membawa kucing kucing Anda keliling luar rumah. Misalnya memawa kucing Anda bermain main dihalaman rumah. Ini juga agar kucing tidak melulu dirumah. Kucing juga pasti butuh dunia luar, karena itu bawa dia keluar dan bermain bersama di dunia lepas.

Ini juga membuat kucing semakin mengenali lingkungannya, dan ketika dia keluar rumah dan pergi, bisa ingat kembali kerumah pemiliknya. Apalagi kucing rumahan umumnya, kucing kucing sering bertandang ke kucing tetangga. Karena itu dia butuh mengenali lingkungan sekitarnya.

3. Memberikan simulasi dan pendidikan

Melatih Kucing
instagram.com/park_kkone

Kucing bisa menjadi pintar dan mandiri jika diberikan simulasi dan pendidikan yang rutin. Berikan simulasi permainan atau membuka makanan sendiri. Ini juga berfungsi membuat kucing mandiri ketika ditingga kerja oleh pemiliknya.

Kita seringkan melihat kucing kucing lucu bertingkah, misalnya membuka pintu sendiri, buka kran minum sendiri, pub di wc dengan mandiri. Ini semua didapatkan ketika pemiliknya rajin memberikan simulasi dan pendidikan yang benar kepada kucing.

Kucing itu hewan yang menggemaskan dan lucu. Merawatnya juga mudah bahkan merawat kucing adalah hiburan karena dia selalu bertingkah lucu. Sebagai hewan yang lucu, tentu dia juga butuh perhatian pemiliknya. Demikianlah artikel tentang cara merawat kucing, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan kepada pembaca seklian.

Baca Juga   Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share