Dampak Pertumbuhan Penduduk Indonesia dan Upaya Penanggulangannya

Seperti halnya negara-negara berkembang pada umumnya, negara kita senantiasa mengalami peningkatan jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang besar (mencapai 203.456.000 berdasarkan sensus penduduk tahun 2000), maka tidak heran jika Indonesia dianggap sebagai pasar yang menjanjikan bagi kalangan dunia usaha. Sebenarnya, jumlah penduduk yang besar merupakan salah satu modal dasar pembangunan. Kenaikan jumlah penduduk di tiap negara tersebut secara otomatis memengaruhi banyaknya jumlah penduduk dunia. Kondisi ini merupakan bentuk dinamika penduduk dunia.

Hal ini berarti Indonesia mengalami laju per- tumbuhan penduduk. Namun, jika diperhatikan, laju pertumbuhan penduduk Indonesia dari periode ke periode cenderung mengalami penurunan. Perhatikan tabel di samping.

1) Dampak
Permasalahan kependudukan yang ditimbul- kan dari pertumbuhan penduduk memiliki ke- samaan dengan permasalahan yang ditimbulkan dari banyaknya jumlah penduduk.

2) Upaya Penanggulangan
Adapun usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan penduduk antara lain meliputi hal-hal berikut ini.

  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan dan kemudahan dalarm menjadi akseptor Keluarga Berencana.
  2. Mempermudah dan meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan, sehingga keinginan untuk segera menikah dapat dihambat.
  3. Meningkatkan wajib belajar pendidikan dasar bagi masyarakat, dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Saat ini, besarnya jumlah penduduk Indonesia menempati urutan pertama di antara negara-hegara ASEAN, menempati urutan ke tiga di Benua Asia setelah RRC dan India, serta menempati urutarn ke empat dunia setelah RRC, India, dan Amerika Serikat.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
+1