Definisi dan Konsep Data Mining  

Definisi dan Konsep Data Mining  – Kalau kita membahas tentang Data Mining, tentulah kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi dari Data Mining. Secara umum Data Mining terbagi atas 2(dua) kata yaitu:

  • Data yaitu Kumpulan Fakta yang terekam atau sebuah entitas yang tidak memiliki arti dan selama ini
  • Mining yaitu proses Penambangan
  • Sehingga Data Mining itu dapat diartikan sebagai proses penambangan data yang menghasilkan sebuah ouput (keluaran) berupa Selain itu juga Definisi Data Mining dapat dikutip dari beberapa sumber yaitu:

Menurut Pramudiono:

Data Mining adalah analisis otomatis dari data yang berjumlah besar atau kompleks dengan tujuan untuk menemukan pola atau kecenderungan yang penting yang biasanya tidak disadari keberadaanya. (Pramudiono,2006)

Menurut Larose:

Data Mining merupakan analisis dari peninjauan kumpulan data untuk menemukan hubungan yang tidak diduga dan meringkasdata dengan cara berbeda dengan cara yang berbeda dengan sebelumnya, yang dapat dipahami dan bermanfaat bagi pemilik data. (Larose, 2005)

Data Mining merupakan bidang dari beberapa bidang keilmuan yang menyatukan teknik dari pembelajaran mesin, pengenalan pola, statistic,database, dan visualisasi untuk penanganan permasalahan pengambilan informasi dari database yang besar. (Larose, 2005)

Mengapa kita perlu memahami Data Mining? Karena manusia menghasilkan banyak sekali Data yang sangat besar baik dalam bidang Bisnis, Kedokteran, Cuaca, Olahraga, Politik dan sebagainya. Contohnya dalam Dunia Olahraga kita mengetahui Dari FIFA berapa banyak Lionel Messi Mencetak Gol selama semusim, berapa banyak Lionel Messi memberikan Asisst. Pada Bidang Bisnis khususnya Saham, kita memperolehnya dari Bursa Efek Jakarta, kapan Harga Saham Naik maupun Turun. Pada Bidang Cuaca kita mengetahui data tentang Curah Hujan, Suhu, Kelembaban dan lain sebagainya.

Kita mengetahui bahwa setiap proses terdiri dari 3 (tiga) fase yaitu:

INPUT -> PROSES -> OUPUT

Dari gambaran di atas bahwa mengetahui suatu hal itu dapat diselesaikan dimulai dengan sebuah Inputan (data) kemudian di Proses sehingga menghasilkan sebuah keluaran. Tentunya di dalam data mining juga mengalami fase tersebut. Yang membedakannya adalah pada Data Mining yang menjadi Input adalah Himpunan Data, Prosesnya adalah Algoritma atau metode dalam Data Mining itu sendiri, dan Keluarannya adalah berupa Pengetahuan dalam bentuk Pola, Decision Tree, Cluster dan lain-lain.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
+1