7 Penyakit Dengan Gejala Kuku Kaki Rusak dan Hitam

7 Penyakit Dengan Gejala Kuku Kaki Rusak dan Hitam –  Kuku Anda pada dasarnya protein mati, dan terbuat dari keratin – substansi yang sama yang membentuk tanduk, kuku, dan cakar hewan. Tapi kuku manusia berbeda-mereka hanya penutup tembus di atas tempat tidur jaringan lunak penuh kapiler kecil dan saraf, dan karena itu, mencerminkan perubahan fisiologis. Ternyata, Gejala Kuku Kaki Rusak dan Hitam menjadi pertanda dari sebuah penyakit.

Gejala Kuku Kaki Rusak dan Hitam dipastikan bisa menjadi petanda kalau anda sedang mengidap sebuah penyakit dan akan kami bahas pada artikel kali ini. Bahkan cepat melihat warna kuku Anda dapat mengungkapkan banyak untuk seorang praktisi medis. Tapi, warna bukan satu-satunya indikator; bintik-bintik putih, alur, dan lunula (setengah lingkaran putih kecil di dasar kuku), semua bisa mengungkap kondisi kesehatan Anda. Kuku tidak hanya mengekspos masalah fisik meskipun, mereka juga dapat mengungkap keadaan mental orang seperti kondisi stres

Meskipun berguna untuk diagnosis, menentukan suatu penyakit atau gangguan harus diserahkan kepada seorang dokter, yang juga cenderung untuk mengambil bantuan dari beberapa tes diagnostik lainnya untuk secara akurat menentukan keadaan kesehatan Anda. Namun demikian, perubahan warna atau tekstur kuku dapat menjadi indikasi dari beberapa masalah kesehatan.

Gejala Kuku Kaki Rusak dan Hitam

Bagi anda yang belum mengetahuinya, maka silahkan untuk membaca artikel kami dibawah ini.

Infeksi jamur

infeksi jamur seperti kandida atau kaki atlet dapat membuat kuku berubah warna menjadi kuning, hijau, putih, atau bahkan hitam. kuku atau kuku yang terinfeksi juga akan menebal dan terlihat sangat sedap dipandang. Kondisi kuku biasanya akan mulai retak, mengelupas, dan seluruh kuku bahkan mungkin lepas.

Baca Juga   4 Bahaya Angin Malam Patut Diwaspadai

Infeksi sering juga dapat menjadi indikasi dari sistem kekebalan tubuh atau penyakit lain, misalnya diabetes.

Kekurangan gizi

Jika Anda mengunjungi seorang dokter mengeluh kelelahan atau kelelahan, ia / dia mungkin pertama mengamati tangan Anda, atau kuku tepatnya. Alasan untuk ini adalah bahwa, perubahan kecil dalam penampilan kuku dapat disebabkan sejumlah kekurangan gizi, seperti:

  • Koilonikia – atau kuku berbentuk sendok dapat disebabkan karena anemia defisiensi besi atau defisiensi vitamin B12. Mereka juga dapat membuat kuku Anda lebih putih atau pucat dibandingkan dengan warna pada biasanya.
  • Bintik-bintik putih kecil atau garis pada kuku dapat mengindikasikan pola makan kurang zinc.

Psorias

Kuku rusak dan tampak jelek juga dapat disebabkan oleh psoriasis, yang menyebabkan kulit untuk meletus dalam warna merah, ruam bersisik. Kuku psoriasis dapat memberikan warna kekuningan-coklat ke kuku, atau bahkan pemisahan kuku dari dasar kuku, yang disebut onycholysis. Tanda lain dari psoriasis adalah pitting dari paku, di mana kecil, lubang pin berbentuk atau lubang muncul pada kuku.

Masalah peredaran darah

Sebuah warna kebiruan pada kuku boleh menjadi gejala dari srikulasi darah yang buruk kerana kondisi paru-paru. Kurangnya oksigen juga bisa menyebabkan kuku keluk turun sekitar mereka. Hal ini bisa terjadi akibat beberapa masalah terkait dengan jantung atau paru-paru, seperti kanker paru-paru, batuk kering, atau fibrosis. keadaan jantung tertentu juga dapat menyebabkan kuku berwarna merah.

Masalah tiroid

Munculnya titik kecil, manik-manik, menegak pada kuku bisa jadi gejala masalah tiroid. kuku rapuh dan pergunungan menegak sangat umum pada orang dengan hipotiroidisme, bersama-sama dengan kulit kering, memori menurun, dan berat badan.

Penyekit liver

kuku terry, keadaan kuku yang ditandai dengan kehadiran bagian gelap pada ujung kuku, merupakan gejala kuat dari penyakit hati seperti sirosis hati, walaupun kuku tersebut juga dapat terlihat akibat penuaan, kondisi jantung, atau kondisi buah berkaitandengan pinggang .

Baca Juga   5 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan

Melanoma

Sebuah tanda menegak warna hitam atau kecoklatan pada kuku kemungkinan gejala pertama dari melanoma atau kanker kulit. Walaupun, ini bisa juga terjadi karena kecederaan atau masalah jantung jantung, yang terbaikkita harus memeriksakannya pada doktor.

Kuku, dengan demikian, dapat menawarkan petunjuk atau gejala mengenai beberapa minor serta penyakit serius seseorang mungkin menderitanya. Tapi, sejumlah keadaan boleh mengubah kuku dengan cara yang sama, dan kerana itu, mereka harus digunakan untuk diagnosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share