Inilah 5 Alasan Kenapa HP Android Jadi Lemot dan Menyusahkan

Inilah Alasan Kenapa HP Android Jadi Lemot dan Menyusahkan

HP Android jadi lemot? Semua handphone android pasti memiliki performa yang sangat maksimal pada awal pembeliannya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, memang ada performa dari smartphone yang kemudian mengalami penurunan hingga akhirnya menjadi lemot. Tentu saja kondisi ini akan sangat menyulitkan Anda. Terlebih jika Anda sangat sering beraktivitas melalui smartphone.

Seperti diketahui, smartphone android menjadi salah satu jenis fasilitas modern yang hampir semua orang memilikinya. Hal ini tentu saja dipicu oleh berbagai manfaat besar yang bisa diraih dari penggunaan android itu sendiri. Tak bisa disangkal keberadaan android ini memang menjadi salah satu aspek penting dalam sesi kehidupan manusia masa kini.

Karenanya hampir semua orang berlomba-lomba untuk memiliki smartphone android dengan spesifikasi yang mumpuni agar kegiatan mereka bisa terlaksana dengan lancar. Namun, saat kondisi smartphone ini tidak mendukung, sudah tentu ada sebab yang terjadi.

Sebagai salah satu pengguna android, Anda harus benar-benar memahami hal ini dengan baik. Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika sudah bisa mengetahui akar permasalahan dari android yang lemot. Apa saja penyebab hp android jadi lemot? Simak penjelasannya di bawah ini.

Menginstalkan Terlalu Banyak Aplikasi

Alasan pertama yang membuat smartphone menjadi lemot adalah terlalu banyak aplikasi yang diinstalkan pada smartphone Anda tersebut. Seringkali orang tidak menyadari jika penggunaan aplikasi ini sangat menguras kondisi RAM dan ROM pada smartphone Anda. Jika kedua aspek ini sudah penuh, tentu saja performa smartphone Anda akan semakin berkurang.

Karenanya pada saat Anda merasa performa smartphone mulai menurun, mungkin sudah saatnya Anda menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Hal ini akan mengurangi beban smartphone android Anda. Terlebih lagi terkadang orang terlalu memaksakan diri untuk menginstalkan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone mereka. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa hp android jadi lemot.

Menyimpan Terlalu Banyak File

Tidak hanya poin di atas saja ada juga beberapa alasan lain yang memicu kenapa hp android Anda jadi lemot. Di antaranya adalah terlalu banyak file yang menumpuk pada smartphone Anda tersebut. File tersebut bisa ada di HP ketika Anda menggunakan banyak media sosila, seperti aplikasi chat.

Ada pula yang menyimpan file foto dan musik terlalu banyak. Hal ini akan sangat berdampak pada performa telepon android Anda. Jika dibiarkan dalam jangka panjang dan filenya terus menumpuk, tentu saja akan ada risiko hp android jadi lemot.

Dalam kondisi ini, mau tidak mau Anda harus memindahkan sebagian file yang Anda miliki tersebut pada media lain, seperti misalnya komputer atau flashdisk dengan fitur on to go (OTG). Memindahkan sebagian data dari smartphone Anda akan mengembalikan performa smartphone menjadi lebih baik.

Tidak Pernah Menghapus Cache

Selain dua alasan di atas, hal lain yang tidak kalah berpengaruh pada performa smartphone Anda adalah cache. Sederhananya cache ini adalah sampah yang berasal dari penggunaan aplikasi atau file pada android Anda. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, cache ini bisa sangat menggunung.

Bahkan jumlahnya bisa menyamai dari file yang Anda miliki. Sudah bisa dipastikan jika aspek satu ini akan membuat Hp android jadi lemot. Karenanya Anda harus menghapusnya secara rutin. Jangan sampai menunggu hingga performa HP menurun karena hal ini akan memperparah kondisinya.

Jika malas melakukannya satu persatu, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang memiliki fungsi untuk menghapus cache itu sendiri. Ada banyak aplikasi seperti ini di playstore. Penggunaannya terbukti ampuh untuk meningkatkan performa smartphone Anda.

Ada Virus pada Smartphone

Alasan selanjutnya yang memicu kenapa smartphone Anda bisa lemot adalah virus. Biasanya virus ini menyerang penyimpanan pada smartphone Anda. Jenis virus yang paling sering ditemui adalah virus yang terus menduplikasi diri mereka sehingga memenuhi penyimpanan pada smartphone dan membuat Hp android jadi lemot.

Bahkan ada yang ukurannya sampai beberapa GB. Hal ini yang jadi penyebab performa android Anda terkuras. Untuk menghindari virus seperti ini, Anda harus berhati-hati saat hendak melakukan transfer data ke smartphone Anda.

Virus ini bisa berasal dari mana saja, apakah itu dari browser internet, file komputer, file smartphone, aplikasi, dan berbagai sumber berbahaya lainnya. Pastikan untuk melakukan scan terlebih dahulu. Jika misalkan smartphone Anda sudah terkontaminasi virus, Anda harus melakukan scanning dengan antivirus atau melakukan reset pabrik.

Screensaver dan Desain Tampilan yang Berlebihan

Selain beberapa alasan di atas, hal lain yang bisa membuat hp android jadi lemot adalah tampilan desain smartphone yang terlalu berlebihan. Sering kali orang menggunakan wallpaper dan tema serta screen saver agar tampilan smartphone mereka jadi menarik. Padahal ini salah dan bisa mengurangi performa smartphone Anda secara signifikan.

Sekarang Anda tahu, performa smartphone tidak hanya dipengaruhi oleh seberapa tinggi spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone itu sendiri, tapi juga seberapa jauh Anda memahami cara penggunaannya. Dengan memahami cara penggunaannya dengan benar, Anda bisa terhindar dari risiko hp android jadi lemot seperti di atas.

Baca Juga : Cara Backup Foto Di Hp Android Secara Otomatis

Baca Juga   Spesifikasi dan Harga Gionee F8 Neo Terbaru 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share