3 Jenis Kerja di Jerman untuk Anak Muda Indonesia

Kerja di Jerman – Kini populer kerja ringan ke luar negeri, terutama ke Jerman. Hal tersebut umumnya dilakukan oleh mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke sana. Pekerjaan lintas negara bagi anak muda tersebut dipilih karena selain menghasilkan gaji juga memberi kesempatan belajar bahasa dan budaya. 

Ada banyak pilihan kerja di Jerman untuk anak-anak muda dari negara lain. Kita bisa memilih sesuai keminatan dan kompetensi yang dimiliki. Kita juga dapat memilih pekerjaan berdasarkan durasi, yaitu satu tahun atau lebih. Nah, berikut ini adalah tiga jenis kerja di Jerman yang bisa dipilih.

3 Jenis Kerja di Jerman yang Paling Banyak Diminati

Jenis Kerja di Jerman

1. Ausbildung

Untuk kamu yang ingin bekerja secara profesional maka peluang kerja Ausbildung

bisa Kamu manfaatkan sebaik mungkin dan Kamu bisa mendaftar kerja melalui program Ausbildung.

Ausbildung sebenarnya adalah sebuah pendidikan yang memungkinkan pelajarnya untuk magang sambil sekolah. Magang tersebut adalah bagian dari kurikulum sekolah sehingga tidak perlu khawatir terhadap nilai akademik. 

Dengan mengikuti program magang tersebut, kerja di Jerman melalui jalur Ausbildung akan memiliki jalur menuju pekerjaan yang profesional. Magang tersebut bukannya tanpa gaji. Bahkan, untuk Ausbildung di bidang Erzieher atau pendidik, gaji tahun awal bisa sampai 1700 euro atau 25 juta rupiah. 

Untuk pekerjaan yang dilakukand ari Ausbildung tidak hanya berdurasi satu tahun saja. Kita bisa mengambil magang tersebut hingga tiga tahun atau lebih. Jika peruhaan memutuskan untuk mengangkat kita sebagai pekerja tetap, maka lama dan nilai kontraknya akan berbeda lagi. 

Untuk pekerjaan yang dilakukan dari Ausbildung tidak hanya berdurasi satu tahun saja. Kita bisa mengambil magang tersebut hingga tiga tahun atau lebih. Jika peruhaan memutuskan untuk mengangkat kita sebagai pekerja tetap, maka lama dan nilai kontraknya akan berbeda lagi. 

Untuk kamu yang ingin bekerja secara profesional, bisa mendaftar kerja melalui Ausbildung. Ausbildung sebenarnya adalah sebuah pendidikan yang memungkinkan pelajarnya untuk magang sambil sekolah. Magang tersebut adalah bagian dari kurikulum sekolah sehingga tidak perlu khawatir terhadap nilai akademik. 

Baca Juga   Mitsubishi Fuso: Truk Angkut Untuk Bisnis Punya Segudang Keunggulan

Dengan mengikuti program magang tersebut, kerja di Jerman melalui jalur Ausbildung akan memiliki jalur menuju pekerjaan yang profesional. Magang tersebut bukannya tanpa gaji. Bahkan, untuk Ausbildung di bidang Erzieher atau pendidik, gaji tahun awal bisa sampai 1700 euro atau 25 juta rupiah. 

Untuk pekerjaan yang dilakukand ari Ausbildung tidak hanya berdurasi satu tahun saja. Kita bisa mengambil magang tersebut hingga tiga tahun atau lebih. Jika peruhaan memutuskan untuk mengangkat kita sebagai pekerja tetap, maka lama dan nilai kontraknya akan berbeda lagi. 

Untuk pekerjaan yang dilakukan dari Ausbildung tidak hanya berdurasi satu tahun saja. Kita bisa mengambil magang tersebut hingga tiga tahun atau lebih. Jika peruhaan memutuskan untuk mengangkat kita sebagai pekerja tetap, maka lama dan nilai kontraknya akan berbeda lagi.

2. Aupair

Kerja di Jerman sebagai Aupair adalah jenis pekerjaan yang paling banyak di pilih. Selain karena tidak memerlukan syarat yang sulit, jenis pekerjaan ini juga memiliki keamanan yang baik. Hal itu karena kita akan dianggap sebagai anak angkat oleh sebuah keluarga. 

Pekerjaa Aupair akan datang ke Jerman dan menjadi bagian sebuah keluarga selama setahun. Umumnya keluarga yang menerima pekerja Aupair adalah keluarga yang memiliki anak kecil. Oleh sebab itu, tugas-tugas yang harus dilakukan oleh pekerja Aupair selalu berhubungan dengan kegiatan anak-anak. 

Kerja di Jerman sebagai Aupair akan mendapatkan uang saku setiap bulannya. Jumlah uang saku tersebut memang tidak sebesar jenis pekerjaan lain, tetapi pekerja Aupair akan mendapat fasilitas tempat tinggal di dalam rumah keluarga tersebut, makanan, tiket pulang dan pergi ke negara asal, dan bisa juga kursus bahasa. 

Umumnya pekerja Aupair yang disahkan adalah mereka yang belum berumur 25 tahun dan belum menikah. Selain itu, pekerja perempuan adalah pekerja yang paling diharapkan karena memiliki kecenderungan menyukai anak-anak. 

3. Freiwilliges Soziales Jahr

Jika menginginkan pekerjaan di Jerman dengan gaji yang lebih baik, maka bisa memilih FSJ. Freiwilliges Soziales Jahr adalah jenis pekerjaan sosial di Jerman. Ada banyak bidang pekerjaan di dalam FSJ ini, tetapi kebanyakan lowongan dibuka untuk warga lokal.

Baca Juga   7 Tips Aman Belanja Online Jauh Dari Penipu

Beberapa lowongan Freiwilliges Soziales Jahr yang dibuka untuk warga internasional adalah pengasuh orang tua atau pekerja panti. Status pekerjaan tersebut adalah perawat tetapi bukan menangani hal-hal medis. 

Kerja di Jerman sebagai Freiwilliges Soziales Jahr akan menghasilkan gaji yang lebih baik. Selain itu, kita juga akan mendapatkan fasilitas tempat tinggal, seminar-seminar, dan beberapa hal yang berkaitan dengan akomodasi. Durasi kerja ini umumnya juga hanya setahun saja.

4 Tips Menguasai Bahasa Jerman Untuk Bekerja

Tips Menguasai Bahasa Jerman

Selain itu untuk ada hal penting lainnya yang perlu Kamu ketahui bahwa salah satu syarat untuk bekerja di Jerman yang paling utama adalah dengan menguasai bahasa Jerman dan berikut ini adalah beberapa tips menguasai bahasa Jerman untuk bekerja.

1. Sediakan Media Belajar

Anda yang masih buta tentang bahasa Jerman dan belajar tanpa media akan sangat mustahil, maka yang paling anda perlukan adalah bahan yang harus anda pelajari, apa saja?

Kamus Bahasa Jerman – Indonesia

Kamus adalah senjata anda paling penting untuk belajar bahasa Jerman, bagaimana mungkin kamu bisa paham kosakata demi kosakata tanpa kamus. kamu bisa membeli kamus di toko buku, atau di online shop. Tentunya kamus bahasa Jerman- Indonesia atau bahasa lainnya yang kamu pahami dengan baik. 

Atau jika kamu ingin lebih berhemat, kamu juga bisa download aplikasi kamus bahasa Jerman Indonesia, di play store. Ada yang bisa anda buka secara gratis dan ada yang berbayar juga, jika kamu ingin aplikasi yang membukanya tidak perlu jaringan internet juga tersedia banyak. 

Buku Pengantar

Untuk buku pengantar baik untuk pemula dan lanjutan juga bisa anda beli toko buku, buku yang didalamnya adalah bahan belajar, untuk pemula mungkin akan diawali dengan topik jenis kata, kalimat sederhana, contoh percakapan dan lain sebagainya. Namun jika kamu ingin lebih hemat lagi, bisa juga dowload aplikasi belajar bahasa Jerman di playstore.

Catatan

Saat ini memang catatan tidak begitu kamu butuhkan karena sudah ada ponsel yang bisa menyimpan semua yang kamu butuhkan. Namun jangan sampai melewatkan catatan kecil, karena ketika kamu menulis, satu atau dua pasti ada yang akan anda ingat, jadi mempermudah belajar kamu.

Baca Juga   Harga Paket Kartu Switch Smartfren Terbaru 2020

2. Atur Jadwal Belajar

Cara belajar bahasa Jerman yang paling disarankan adalah belajar setiap hari, baik itu hari libur atau hari sibuk. Wajibkan untuk meluangkan waktu 30 menit setiap harinya, karena itu akan lebih efektif dibandingkan kamu belajar selama 2 jam namun hanya 1 kali dalam seminggu. 

Akan lebih baik jika kmau belajar pagi hari saat anda bangun tidur, kamu bisa percepat jam bangun Kamu 30 menit, supaya kamu bisa belajar dengan maksimal dan tidak mengganggu jadwal kamu lainnya. 

3. Motivasi 

Tentunya kamu tidak akan belajar bahasa Jerman tanpa motivasi, pasti ada target tersendiri yang kamu punya sehingga kamu memilih untuk bisa berbahasa Jerman. Belajar bahasa memang cukup membosankan terlebih karena kamu memilih untuk belajar secara otodidak. 

Kamu akan bertemu yang namanya kesulitan dan rasa bosan, tetapi kamu harus fokus pada motivasi kamu, tetap belajar dan pelajari semampumu, Ingat hal-hal yang mungkin kamu capai atau dapatkan ketika kamu bisa berbahasa Jerman. Karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

4. Nonton

Mungkin terdengar terlalu sepele, namun cara belajar bahasa Jerman dengan menontin film bahasa Jerman mempunyai banyak manfaat. Karena ketika kamu menonton film atau acara apapun dalam bahasa Jerman, kamu dilatih untuk 3 hal penting, yaitu mendengar, membaca, dan berbicara. 

Untuk tulisan bahasa Jerman dilayar Kamu bisa belajar membaca, lalu mendengara cara pengucapannya, dan belajar bagaimana mengucapkannya. Jadi saat waktu luang Kamu, perbanyak menontot film atau acara bahasa Jerman, karena sangat membantu Kamu dalam belajar bahasa Jerman.

Itulah tadi beberapa jenis pekerjaan yang bisa diambil di Jerman berikut cara beajar bahasa Jerman, jadi pada intinya jangan lihat hanya dari gaji atau pekerjaan yang dilakukan, tetapi pikirkan juga keuntungan belajar bahasa dan budaya yang mungkin didapatkan. Sertifikat yang akan kita dapat juga bisa menjadi portofolio yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share