10 Penyebab dan Gejala Kanker Usus Besar

10 Penyebab dan Gejala Kanker Usus Besar – Kanker usus besar merupakan salah satu kanker yang terbilang mulai banyak penderitanya saat ini. Untuk bisa menghindar dari yang namanya kanker pada usus besar, maka kita juga harus kenal apa saja yang akan menyebabkan kita bisa terkena resiko dari kanker pada usus besar dan juga beberapa gejala yang ada pada penyakit kanker usus besar tersebut.

Untuk Kanker Usus Besar memang merupakan salah satu kanker yang akan menyerang bagian akhir pada proses pencernaan yang dimiliki manusia. Penderita kanker pada usus besar ini bisa menyerang pada segala usia, namun kebanyakan orang yang akan mendapatkan resiko tinggi terkena kanker pada usus besar adalah orang dengan usia diatas 50 tahun.

Kanker Usus Besar

Pembentukan kanker usus besar dimulai dengan adanya pembentukan gumpalan kecil yang biasanya disebut dengan polip adenoma. Gumpalan yang satu ini kemudian akan menyebabkan terjadinya pembentukan sel kanker pada usus besar yang akan menyebar tanpa bisa kita kendalikan.

Untuk bisa mengetahui kita terkena kanker pada usus besar atau tidak, maka kita bisa melihat dari gejala kanker pada usus besar yang ada pada diri kita.

Gejala Kanker Usus Besar

berikut ini beberapa gejala kanker pada usus besar yang bisa kita kenali dengan mudah, diantaranya adalah :

  1. Adanya pendarahan pada anus sehingga saat BAB akan ada darah di feses kita.
  2. Berubahnya kepadatan pada kotoran yang kita keluarkan saat BAB.
  3. Menurunnya berat badan tanpa sebab.
  4. Sering mudah kelelahan.
  5. Nyeri dan sering mengalami kram pada bagian perut.
  6. Perut sering kembung.
  7. Konstipasi.
  8. Nafsu makan menjadi semakin menurun, dan
  9. Adanya perubahan intensitas untuk melakukan BAB.
Baca Juga   3 Makanan Pencegah Osteoporosis Dijamin Ampuh

Tidak semua gejala yang ada pada kanker usus besar akan bisa kita rasakan sendiri. Ada beberapa penderita dari kanker pada usus besar juga memang merasakan nyeri pada bagian perutnya, namun juga tidak mengalami pendarahan saat sedang BAB.

Kalau memang kita sudah merasakan ada gejala kanker pada usus besar pada diri kita, maka segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Antisipasi lebih awal berkaitan dengan kanker pada usus besar tentunya akan mempermudah dalam penyembuhan kanker pada usus besar nantinya. Semakin cepat untuk diobati, maka sel yang ada di kanker pada usus besar tidak akan merambat secara cepat nantinya.

Setelah kita mengenal berkaitan dengan gejala kanker usus besar, maka saat ini saatnya kita mengetahui apa yang menyebabkan seseorang bisa terkena kanker pada usus besar. Penyakit kanker pada usus besar bisa terjadi karena adanya mutasi genetik yang tidak bisa dikendalikan oleh tubuh kita. adanya keadaan abnormal pada pencernaan kita juga akan menjadi salah satu hal yang akan menyebabkan terjadinya resiko kanker pada usus besar.

Untuk masalah mutasi genetik pada kanker pada usus besar biasanya akan terjadi pada faktor keturunan. Kalau memang kita sebelumnya pernah mempunyai keluarga yang mengidap kanker pada usus besar, maka akan besar kemungkinan kita untuk mendapatkan resiko dari kanker pada usus besar.

Penyebab Kanker Usus Besar

Meskipun penyebab pasti dari munculnya penyakit kanker usus besar tidak bisa dipastikan. Namun ada beberapa hal yang memang akan bisa meningkatkan resiko terkena kanker pada usus besar, diantaranya adalah :

  1. Terlalu sering makan daging merah.
  2. Kurang serat.
  3. Mengalami kelebihan berat badan.
  4. Sering merokok.
  5. Minum minuman berakohol.
  6. Berusia diatas 50 tahun.
  7. Diabetes.
  8. Tidak pernah melakukan olahraga.
  9. Menderita penyakit pencernaan, dan
  10. Adanya gangguan genetika.
Baca Juga   5 Ciri Kanker Usus Besar Yang Jarang Diketahui

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share