5 Cara Menghindari Kebiasaan Menggigit Kuku

5 Cara Menghindari Kebiasaan Menggigit Kuku – Memiliki bentuk tubuh ideal dan kulit sehat bebas masalah tentu merupakanberkah tersendiri bagi setiap perempuan, namun tubuh, wajah dan rambut yang sempurna tentu masih kurang jika belum dilengkapi dengan kuku cantik. Seiring perkembangan zaman orang memang semakin memerhatikan penampilan dan perawatan kesehatan kuku, namun kebiasaan menggigiti kuku yang dapat merusak kecantikan tanganmu tentu sulit dihilangkan.

Kebiasaan Menggigit Kuku selain dapat merusak penampilan kukumu juga memiliki sejumlah implikasi kesehatan terutama jika kamu juga menggigiti kulit di sekitar kukumu. Cobalah tips-tips kesehatan ini untuk membantumu menghentikan kebiasaan tersebut agar kuku-kuku tanganmu pun semakin cantik dan sehat.

Kenali pemicu kebiasaan menggigiti kuku

Kebiasaan menggigiti kuku banyak dikaitkan dengan masalah psikologi seperti gangguan kecemasan, sikap perfeksionis yang berlebihan hingga kebosanan. Jika kamu sering menggigiti kuku karena bosan pastikan kamu selalu siap dengan berbagai cara untuk menyenangkan diri sendiri. Jika kamu mengalami kebosanan di tempat kerja kamu bisa bekerja sembari mendengarkan musik kesukaan atau cobalah melakukan peregangan singkat atau bahkan berjalan-jalan ringan di sekitar kantor. Jika penyebabnya adalah gangguan kecemasan cobalah menenangkan pikiran dengan metode relaksasi sederhana.

Manikur kukumu secara teratur

Kuku yang dimanikur dengan cantik dapat membuatmu merasa sayang untuk menggigiti dan merusak dekorasinya. Jika kamu memiliki kebiasaan menggigit kuku dan tidak yakin dengan penyebabnya cobalah untuk memberikan manikur secara teratur pada kukumu. Masih kurang efektif? Kamu bisa mencoba base coat bernama nail biting deterrent dengan rasa yang sangat tidak enak sehingga kamu akan langsung merasakannya begitu kamu memasukkan jari ke dalam mulut.

Baca Juga   10 Makanan Pembakar Lemak Paling Cepat

Biasakan diri membawa pemotong kuku dan plester

Salah satu alasan para perfeksionis mulai menggigiti kuku mereka adalah karena mereka menemukan kuku yang bentuknya tidak seragam. Perbedaan bentuk ini termasuk hasil pemotongan kuku yang tidak seragam maupun pengelupasan dan kuku patah karena rapuh. Hal lain yang juga sering menjadi sasaran para penikmat kuku adalah kutikula di sekeliling kuku mereka, terutama jika terjadi pengelupasan pada kutikula alias hangnails. Membawa pemotong kuku akan membantumu memotong kuku-kuku yang memiliki bentuk berbeda dan hangnails yang menggoda dengan cara yang sehat.

Plester akan diperlukan seandainya kamu salah memotong hangnails yang mencuat dan melukai jarimu sendiri. Oya, walaupun tanganmu tidak terluka kamu juga bisa merekatkan plester pada seluruh jarimu untuk membantu menanggulangi dorongan meggigiti kuku. Plester ini juga akan membantu mencegah infeksi pada bekas hangnails yang terluka saat terlanjur kamu gigiti.

Mulailah melakukan manajemen stres

Seperti dikatakan di atas tadi, menggigiti kuku pada umumnya merupakan aktivitas favorit mereka yang terlalu perfeksionis dan mengalami gangguan kecemasan. Bagi mereka menggigiti kuku merupakan pengalihan perhatian dari hal-hal yang membuat mereka merasa stres atau bisa juga merupakan refleks yang selalu mereka lakukan tanpa disadari akibat stres tadi. Jika kamu merupakan golongan orang yang suka menggigiti kuku pastikan kamu selalu menghindari rasa bosan dan mampu mengendalikan stres-mu.

Manajemen stres ini juga akan sangat bermanfaat jika kamu kebetulan sedang berusaha menurunkan berat badan karena stres juga akan berdampak pada pola makan dan berat badanmu.

Lakukan hal-hal yang membuatmu terdistraksi

Saat kamu hampir menggigiti kuku lagi segera lakukan hal-hal yang dapat mengalihkan perhatianmu seperti mendengarkan musik atau menjewer pelan telingamu sendiri. Yang terpenting adalah untuk membuat dirimu tetap sibuk dan terhindar dari stres dan kebosanan.

Baca Juga   5 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share