14 Khasiat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

14 Khasiat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui – Buah ciplukan merupakan salah satu tumbuhan liar yang biasa berada di kebun dan persawahan yang mempunyai rasa sedikit manis akan tetapi ternyata, ciplukan mempunyai manfaat untuk kesehatan manusia dan hal ini sudah diakui di berbagai dunia termasuk di Indonesia menjadi salah satu bahan obat alternatif yang aman digunakan. Untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja khasiat ciplukan untuk kesehatan, maka pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua.

Khasiat ciplukan untuk kesehatan memang bukan isapan jempol Semata dikarenakan buah yang tumbuh secara liar di pasir dan sawah tersebut memang mempunyai zat yang sangat bagus untuk kesehatan dan sangat bermanfaat untuk tubuh manusia jika dikelola dengan baik dan pastinya harus kalian ketahui. Untuk kalian yang mencari buah ciplukan maka sekarang ini sudah bisa ditemukan di beberapa Toko swalayan atau pasar dengan harga yang murah meriah.

Buah yang mempunyai rasa pahit asam dan juga manis tersebut memang bukan hanya mempunyai satu nama yaitu buah ciplukan. Akan tetapi di beberapa pedesaan buah ini ini sering disebut juga dengan buah cecendet, buah kopok kopokan, lapunonat, keceplokan, ciciplukan, dan lain sebagainya.

Khasiat ciplukan untuk kesehatan

Untuk Anda yang penasaran Apa saja manfaat buah ciplukan bagi kesehatan tubuh manusia dan pastinya jarang diketahui, maka untuk informasi lebih lengkapnya silakan untuk membaca penjelasan kami di bawah ini.

Khasiat cecendet untuk kesehatan
Khasiat cecendet untuk kesehatan

Mengobati penyakit asma

Buah ini dari hasil penelitian ahli kesehatan ternyata didalamnya mengandung antioksidan yang sangat kaya sehingga bisa membantu untuk meredakan penyakit asma. Caranya pun sangat mudah, anda tinggal merebus daun dan batang buah ciplukan dan selanjutnya langsung diminum air tersebut.

Anda bisa mengambil daun ciplukan dan selanjutnya dicampur dengan kapur sirih, lalu hancurkan secara manual menggunakan telapak tangan dan jangan lupa membeli air sedikit dan oleskan di bagian perut punggung dan juga dada.

Mengobati liver

Fibrosis paru dan juga penyakit liver ternyata bisa diobati dengan buah ini ini di mana kalian tinggal menggunakan akar buah ciplukan dalam pengobatan liver dikarenakan didalamnya terdapat komposisi kimia diantaranya alkaloid, etanol Ida, dan flavonoid. Seluruh kandungan tersebut bisa memberikan perlindungan untuk hati dan juga paru-paru terutama dari ancaman penyakit Fibrosis.

Rematik

Buah ciplukan atau buah cecendet dalam bahasa Sunda ternyata dipercaya bisa mengobati nyeri rematik dikarenakan di dalam buah ini sangat kaya dengan vitamin B3 dimana vitamin ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di beberapa anggota tubuh dan juga bisa membantu dalam meningkatkan fleksibilitas sendi dan pastinya bisa mengurangi sakit akibat rematik.

Obat kencing manis

Apabila anda mempunyai penyakit diabetes melitus atau kencing manis maka dengan menggunakan rebusan akar dan batang buah ciplukan dan selanjutnya diminum air rebusannya 3 kali sehari maka dipercaya bisa mengobati kencing manis.

Penyakit jantung

Buah ciplukan mulai dari akar sampai daun ternyata bisa menjadi obat untuk penyakit jantung dan untuk caranya kalian tinggal mengumpulkan 40 helai daun ciplukan dan selanjutnya dihancurkan daun tersebut atau juga langsung diblender dan jusnya tinggal diminum.

Mengobati kurap

Apabila anda mempunyai penyakit kulit yaitu kurap dan tidak ingin menggunakan salep atau obat kulit maka anda bisa memakai obat alami dari buah ciplukan yaitu kalian tinggal memakai daun ciplukan yang sudah ditumbuk dan dihancurkan lalu tinggal mengoleskan ke bagian kulit yang ada kurap.

Obat demam

Apabila kalian mengalami demam dan ingin menggunakan obat tradisional maka kalian tinggal mengkonsumsi buah ciplukan karena dipercaya dapat meredakan panas.

Tekanan darah tinggi

Buah ini pun sangat dipercaya menjadi salah satu obat untuk menekan tekanan darah tinggi dan untuk membuatnya yaitu kalian tinggal merebus buah daun dan akar ciplukan dan selanjutnya diminum airnya rutin selama tiga pekan.

Kencing kotor

Apabila terdapat gangguan kuman di dalam saluran kencing atau yang biasa dikenal dengan kencing kotor maka kalian bisa mencoba membuat rebusan dari pucuk sampai akar ciplukan yang direbus terlebih dahulu dan airnya diminum.

Kanker payudara

Salah satu penyakit mematikan ini ternyata bisa diobati dengan buah ciplukan dan untuk caranya kalian tinggal mencampurkan daun pucuk muda ciplukan, tunas kunyit, 4 biji beras, selanjutnya hancurkan dengan parutan kelapa dan apabila sudah lumat anda tinggal mengoleskan ramuan tersebut di area payudara.

Kolesterol tinggi

Hiperkolesterolemia ternyata bisa diobati dengan buah ciplukan yaitu anda tinggal mengkonsumsi 2 helai daun ciplukan 3 kali sehari

Anemia

Apabila anda kurang darah dan selalu merasakan lemah dan pusing maka dengan mengkonsumsi minuman air rebusan dari batang buah ciplukan maka hal ini bisa diatasi si dengan baik.

Gusi berdarah

Di dalam buah ciplukan terdapat vitamin C yang sangat bermanfaat terutama mengobati gusi berdarah dan direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah ciplukan tersebut.

Mengobati gondok

Apabila kalian mempunyai penyakit gondok atau tiroid, maka ternyata bisa diobati dengan ciplukan dan untuk membuat ramuannya sendiri kalian tinggal mengumpulkan 3 tanaman ciplukan dengan tinggi rata-rata 50 cm dan selanjutnya rebus dengan tiga gelas sampai menghasilkan 1 gelas lalu diminum 1 kali sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share