Lika Liku Saya Mengenal Dunia Internet

Pada era digital saat ini tentunya memberikan dampak yang positif kepada peradapan manusia perkembangan teknologi saat ini seperti teknologi internet yang memudahkan manusia saling berinteraksi satu sama lain. Berjibun nya sosial media sebagai rumah bagi masyarakat untuk membangun komunikasi menjalin sosial mencari hiburan atau sekedar sensasi, bahkan banyak dari mereka yang berbisnis melalui media social. Pesatnya teknologi digital ini memudahkan kita untuk saling berhubungan kita bisa berbicara dengan sanak saudara teman dan kerabat hanya dengan segentong ponsel kita bisa bercanda bertatap muka di depan layar kaca.

Sedikit pengalaman bagaimana perjalanan saya bisa mengenal dunia Internet. Dulu pertama kali saya mengenal internet itu ketika saya duduk di bangku SMP pada waktu pelajaran TIK, ada salah satu materi pembahasan tentang dunia Internet, ketika itu pelajaran tersebut adalah pelajaran kelas 3 SMP. Dari sanalah saya mulai mengenal internet karena diperkenalkan oleh guru saya. Internet yang saya kenal pertama kali itu adalah Facebook Yahoo dan Google. Guru kelas kami menyuruh kami untuk membuat akun Facebook, tentunya sebelum membuat akun Facebook kami harus punya email yaitu email dari Yahoo. Dari situlah saya mengenal Yahoo dan Google sebagai mesin pencari.

Ketika Saya mendaftarkan Facebook Saya bingung bagaimana cara menambahkan orang. Saya tinggalnya di kampung jaraknya sekitar 5 km lebih lebih dari pusat kabupaten dimana hanya di situlah terdapat warnet. Dengan semangat 45 saya bersama rombongan teman-teman saya tancap gas ke kota menuju warnet. Saya dan teman-teman menyewa sebuah komputer. Sangking awamnya, saya tidak tahu bagaimana cara menggunakan Facebook sampai-sampai saya tanya ke operator warnetnya bagaimana cara menambahkan teman, yang dia cuma menjawab Ya tinggal tambahkan aja Bang.

Lambat laun Akhirnya saya pun mengerti cara menggunakan facebook berkat teman-teman saya yang lain yang sudah lebih awal mengetahui apa itu Facebook. Ketika itu saya sudah beranjak dan masuk SMA. Teman-teman saya di SMA selalu menggunakan Facebook, kebetulan mereka sudah punya HP dan saya sama sekali enggak punya hp. Saya pun meminjam HP teman saya untuk Facebookan. Pada saat itu saya sudah mahir menggunakan Facebook Kalian tahu nggak apa yang saya lakukan di Facebook? Saya menambahkan semua member Cherrybelle menjadi teman saya dan itu adalah kebanggaan bagi saya, walaupun saat ini saya merasa konyol kejadian masa itu karena ternyata yang semua saya tambahkan itu adalah akun palsu.

Hari demi hari selalu berkecimpung didunia Facebook hingga suatu malam saya datang ke rumah saudara saya. Saya panggil dia adalah Abang, kebetulan dia adalah seorang blogger yang sudah dikatakan cukup sukses di dunia blog dan bermain AdSense.

Dia bercerita kepada saya betapa mudahnya mencari uang lewat internet dengan memiliki sebuah blog atau web. Saya berguman dalam hati, lihat saja suatu saat nanti saya akan melebihi ini. Saya merasa sakit hati dia selalu bercerita ini itu tentang blognya sembari memegang laptopnya, sedang aku HP aja tak punya apalagi sebuah laptop. Hingga suatu hari saya memiliki tugas dari sekolah yang sumbernya berasal dari internet. Saya dan teman-teman pergi ke warnet, momen inilah saya manfaatkan untuk balas dendam kepada abang saya. Waktu di warnet pun saya manfaatkan untuk mencari tahu bagaimana cara membuat buat blog. Akhirnya saya membuat sebuah blog di salah satu platform penyedia blog. Ketika itu saya tidak tahu sama sekali tentang domain seperti TLD. Saya membuat judul blog dengan berakhiran dot com atau domain TLD Saya kira itu adalah alamat  blog saya.

Saya merasa bangga melihat nama saya terpampang di halaman blog itu. Saya tak pernah berpikir bagaimana saya menghasilkan uang seperti abang saya. Saya juga tak pernah berpikir bagaimana blog saya itu bisa dikenal orang. Yang di hati saya adalah saya merasa bangga. Saya melihat dan tersenyum Nama saya bisa tertulis di internet. Saya merasakan lebih hebat dari yang lain karena seumuran saya di seluruh sekolah cuma saya yang punya blog. Saya membuat satu postingan yang berisi tugas sekolah dan langsung saya sebarkan di grup Facebook sekolah kami.

Ternyata ada seorang guru yang mengapresiasi saya karena bisa mengenal blog. Guru saya itu mengapresiasi saya ketika dia sedang menjadi pembicara upacara. Coba bayangkan betapa senangnya saya, memang dia tidak menyebutkan nama saya secara langsung, tetapi semua orang tahu siapa yang dimaksud guru saya. Hati ini begitu senang.

Ketika pulang sekolah saya pun berpikir bagaimana cara agar saya bisa menghasilkan uang untuk membeli sebuah HP agar bisa membuat blog di HP. Akhirnya saya menanam jagung di kebun. Saya rawat dengan baik, saya pupuk dan gulmanya saya cabut hingga musim panen tiba Saya minta izin kepada ibu agar uang hasil panen jagung saya belikan sebuah HP. Alhamdullah Ibu saya merestuinya, dengan senang hati saya pun menuju pasar dan membeli sebuah HP layar sentuh. Dari HP inilah langkah demi langkah saya semakin mengenal blog. Dari HP ini pula saya membuat blog di sebuah platform blogging yang bisa dikelola lewat HP.

Seiring berjalan waktu, salah seorang teman dekat saya diam-diam membuat sebuah blog juga. Teman saya ini membuat blog satu flatform dengan saya. Suatu hari diperjalan pulang sekolah, dia menceritakan pengalamannya kepala saya kalau dia sudah punya blog. Karena kami punya hobi yang sama, maka saya dan teman saya menjadi partner blog. Kami tak pernah berpikir bagaimana kami bisa menghasilkan uang. Dipikiran kami begitu senang nama kami bisa tertulis di internet. Saya dan teman selalu berlomba membuat sebuah artikel tentang pengalaman kami.  Terkadang kami berlomba siapa lebih cantik desain blognya. Ketika kami berjumpa di sekolah, yang kami bahasa adalah tentang blog. Kami saling bercerita tentang tampilan blog siapa lebih bagus, sehingga kerjakan setiap hari adalah mengotak ngatik tampilan blog.

Kegiatan menulis di HP ini berlanjut hingga saya masuk kuliah, hingga akhirnya platform blogging yang bisa dikelola lewat HP ditutup oleh pemiliknya. Hati ini begitu sakit karena sebuah hobi bisa berakhir karena tutupnya platform. Namun saya lebih bersemangat dan beralih dari blog ke website pribadi. Saya mempelajari dan mencari tahu bagaimana cara membuat sebuah website. Salah satu kebutuhan website adalah hosting. Karena kantong dan uang pas-pasan sebagai anak kos, saya tentunya mencari harga domain yang murah serta Hosting murah. Saya menjadi pemburu voucher diskon hosting murah dan domain murah, apa lagi ada promo domain murah dengan hosting gratis hingga akhirnya saya membuat website sendiri dengan hosting sendiri.

Ini adalah babak baru bagi saya dalam dunia Internet. Saya mencoba memulai ulang apa yang sudah pernah saya alami. Diwaktu yang sibuk, saya selalu mencoba membuat satu dua artikel yang saya publish di website. Saya bersyukur website ini bisa bertahan sampai sekarang dan teman-teman bisa membaca tulisan ini.

Itulah sedikit pengalaman saya yang bisa saya ceritakan kepada teman-teman. Saya belajar dari pengalaman bagaimana saya bisa mengenal dunia Internet. Saya juga sudah berpengalaman di mana saya bisa mendapatkan sedikit uang dari internet berkat liku-liku yang saya alami dan saya jalani. Sangat banyak manfaat kita mengenal internet setidaknya kita bisa berinteraksi dengan teman-teman kita atau sekedar mencari berita atau mencari hiburan dikala hati sedang galau.

Kadang pengalaman lalu juga menjadi sebuah hiburan bagi kita di masa sekarang. Misalnya saja ketika saya mengingat awal mengenal Facebook, saya gencar-gencarnya mencari nama anggota Cherrybelle dan menambahkan menjadi teman dan saya laukan setiap hari yang mengakibatkan akun facebook saya diblokir. Ketika diblokir, saya buat baru lagi dan saya tetap menambahkan semua artis artis idola saya. Saya bangga berteman dengan artis-artis dan ternyata ketika di masa sekarang ini hal itu lucu bagi saya karena ternyata artis biasanya menggunakan halaman Facebook bukan seperti Facebook biasa yang ditambahkan dan dikonfirmasi pertemanannya.

Banyak juga kita lihat di sekarang ini penggunaan internet yang luas di bidang bisnis jual beli seperti e-commerce yang menghasilkan untung dan omset yang banyak. ini semua terjadi berkat perkembangan teknologi setiap saatnya, sehingga kita memang harus mengikuti perkembangan teknologi. Kalau bisa kita tidak melulu sebagai penikmat tapi juga sebagai kontributor di dalamnya, salah satu diantaranya adalah dengan membuat website sendiri.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Satu tanggapan untuk “Lika Liku Saya Mengenal Dunia Internet

  • 17 November 2018 pada 18:07
    Permalink

    pengalaman yang sangat seru, pasti sangat berkesan. Semangat terus Mas, salam

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.