5 Jenis Makanan Berbahaya Bagi Kecantikan

5 Jenis Makanan Berbahaya Bagi Kecantikan –  Masih seputar informasi kecantikan yang pastinya banyak dinantikan oleh kalian semua. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan Jenis Makanan Berbahaya Bagi Kecantikan yang pastinya harus dihindari supaya kecantikan kamu tetap terjaga dengan baik. Walaupun makanan atau minuman yang akan kami bahas umum di konsumsi, akan tetapi zat yang ada di dalamnya memang sangat tidak baik untuk tubuh.

Makanan Berbahaya Bagi Kecantikan sedikitnya ada 5 jenis dan sangat rekomended untuk dijauhi karena memang berbahaya. Bagi kalian yang belum mengetahu apa saja dan efek samping saat mengkonsumsinya, maka sangat bagus untuk dipelajari dan selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

Makanan Berbahaya Bagi Kecantikan

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang memang kurang baik untuk dikonsumsi.

Gula dan makanan tinggi karbohidrat

Hampir semua orang dari segala usia menyukai makanan manis, sayangnya asupan makanan manis dan tinggi karbohidrat berpotensi merusak kulit dan tubuh. Harus kalian ingat, apabila banyak gula yang masuk ke dalam tubuh, maka akan banyak insulin dan hal ini sangat kurang baik. Tingginya produksi insulin dalam tubuh ini nantinya akan berujung pada peningkatan produksi minyak pada kulit. Kulit pun jadi kusam dan berjerawat. Selain itu, kadar gula darah yang tinggi juga akan merusak kandungan protein pada jaringan sehingga kolagen dalam kulit pun rusak sehingga kamu pun akan mengalami penuaan dini.

Makanan berminyak

Saat minyak dipanaskan pada suhu tertinggi untuk menghasilkan gorengan yang renyah maka kandungan lemak pada minyak akan teroksidasi dan menjadi oksidan. Mengkonsumsi makanan berminyak dalam jumlah besar sama artinya dengan mengkonsumsi oksidan yang akan menyebabkan radikal bebas dalam tubuh dan kulit. Radikal bebas akan merusak jaringan tubuh sehingga menurunkan kekebalan tubuh dan mempercepat proses penuaan kulit.

Baca Juga   Adat dan Kebudayaan Aceh

Garam

Kebosanan kerap disamakan dengan sayur tanpa garam yang menunjukkan betapa pentingnya garam dalam diet manusia pada umumnya. Sayangnya, terlalu banyak garam memiliki sejumlah dampak buruk bagi tubuh, juga bagi kulit karena garam mengikat dan melarutkan cairan dalam tubuh. Hasilnya tubuh mengalami dehidrasi dan serat-serat kolagen dalam kulit pun rusak karena kekeringan. Kamu akan melihat hasilnya pada kulit yang kering dan kusam, juga kantung mata yang tebal. Efek negatif lain adalah kulit menjadi sangat berminyak karena kelenjar minyak pada kulit bekerja jauh lebih keras dari biasanya untuk mengembalikan kelembapan kulit.

Kafein

Dalam jumlah kecil (secangkir per hari) konsumsi kafein setiap hari dapat bermanfaat bagi tubuh, bahkan melindungi hati dari kerusakan akibat konsumsi alkohol berlebih, namun dalam jumlah besar konsumsi kafein akan menyebabkan peningkatan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol adalah mekanisme anti-stres tubuh yang dilepaskan otak ketika kita sedang stres.

Kortisol sebenarnya berfungsi untuk meningkatkan metabolisme, terutama meningkatkan kadar gula darah namun saat terlalu banyak kortisol dilepaskan otak maka daya tahan tubuh menurun dan pemecahan protein dalam jaringan. Akibatnya kamu jadi lebih mudah lapar (yang tentu saja berbahaya bagi berat badanmu) dan kulitmu mengering karena kekurangan asupan protein.

Gluten

Gluten adalah protein yang terkandung dalam tepung-tepungan, namun gluten juga terdapat dalam kecap, es krim dan daging imitasi yang kerap disertakan dalam menu vegan. Gluten merupakan zat perekat alami yang kerap disertakan dalam kosmetik, pasta gigi dan sampo. Faktanya, banyak orang sebenarnya alergi terhadap gluten sehingga mengakibatkan peradangan dalam tubuh.

Reaksi peradangan ini memicu peningkatan produksi insulin dalam tubuh dan mengakibatkan sederet masalah kulit yang sama dan bahkan lebih parah dengan ketika kamu mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis.

Baca Juga   5 Makanan Enak Obat Penyakit Diare Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share