39 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi, Manfaat dan Efek Samping

39 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi, Manfaat dan Efek Samping – Mengetahui sejumlah Makanan berkalsium merupakan komponen kunci bagi kesehatan kita, karena kalsium merupakan salah satu jenis mineral merupakan senyawa yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kita serta dalam pertumbuhan dan perkembangan individu, terutama anak-anak. Selain diperlukan untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, kalsium juga membantu pembekuan darah serta fungsi saraf. Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja Makanan Berkalsium Tinggi, maka bisa membaca artikel kami berikut ini.

Makanan Berkalsium Tinggi dipastikan sangat banyak dan pada pejelasan kami ada sekitar 39 jenis makanan. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak ditemukan dalam tubuh manusia. Kalsium akan dibuang dari tubuh setiap hari, Bahkan tubuh kita kehilangan sekitar 1/3 dari kalsium dalam sehari. Oleh karena itu, perlu untuk mengkonsumsi macam macam makanan berkalsium tinggi atau suplemen secara teratur.

Biasanya, kekurangan kalsium bisa menyebabkan kram otot, mati rasa pada jari kaki, jari-jari dan otot, lesu, kehilangan nafsu makan, detak jantung tidak normal, keringat berlebihan dan kejang-kejang. Sebaliknya, seseorang yang memiliki kalsium yang berlebihan dalam tubuh, mungkin menyebabkan batu ginjal, umumnya akan memiliki jaringan tubuh lembut, lemak yang berlebihan dan berada pada risiko yang lebih tinggi dari penyakit pembuluh darah seperti serangan jantung dan stroke.

Makanan Berkalsium Tinggi

Berikut ini adalah daftar macam macam makanan yang berkalsium tinggi. Pastikan bahwa anda menjadikannya sebagai bagian dari menu makanan anda dalam sehari hari. Dan juga perlu anda perhatikan agar anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

  1. Kacang almond
  2. Teri
  3. Kacang panggang
  4. Pisang
  5. Kacang hitam Penyu
  6. Blackstrap molasses
  7. Bok Choy
  8. Kacang Brazil
  9. Brokoli
  10. Kubis Brussel
  11. Kubis
  12. Susu kedelai yang diperkaya kalsium
  13. Keju
  14. Buncis (Chhole)
  15. Collard hijau
  16. Sawi
  17. Cowpeas
  18. Minuman telur kopyok
  19. Daun anggur
  20. Ikan haring
  21. Kubis
  22. Biji teratai
  23. Air Susu
  24. Coklat susu
  25. Kacang navy
  26. Samudera bertengger
  27. Okra
  28. Kacang Polong
  29. Kelembak
  30. Ikan salmon
  31. Sarden
  32. Biji wijen
  33. Udang
  34. Sayur Bayam
  35. Makanan Tahu
  36. Lobak
  37. Kacang putih
  38. Ikan muda
  39. Yogurt
Baca Juga   6 Jenis Makanan Berkolesterol Tinggi Patut Diwaspadai

Jumlah Dosis Harian Yang diperbolehkan

Meski pun anda memiliki semua macam macam makanan berkalsium tinggi, anda tidak lantas diperbolehkan memakan semuanya. Ada takaran khusu sesui dengan jenis kelamin dan usia anda. Berikut ini adalah jumlah kalsium yang diperbolehkan.

Pria: 1200 mg (usia 15-24) dan 800 mg (usia 25-ke atas)
Wanita: 1.200 mg usia 15-24) dan 800 mg (usia 25-ke atas)
Hamil / Perawatan Wanita: 1.200 mg
Anak-anak: 500 mg (usia 1-3), 800 mg (usia 4-8), 1300 (usia 9-15)

Manfaat Kalsium Bagi Kesehatan

Salah satu manfaat utama kalsium untuk kesehatan adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi, serangan jantung, sindrom pramenstruasi dan kanker usus besar.

  1. Manfaat kalsium secara umum dan hampir hampir setiap orang sudah mengetahuinya adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan memiliki peranan penting dalam pengembangan anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan.
  2. Manfaat kalsium juga dikethui sebagai fasilitator pergerakan nutrisi melintasi membran sel dalam tubuh manusia
    Kalsium merpakan makanan yang baik bagi mereka yang menderita osteoporosis serta nyeri punggung, karena membantu memperkuat dan mejaga kerapatan tulang.
    Kalsium juga diketahui bermanfaat dalm membantu dalam menjaga tekanan darah serta membantu kontraksi otot.
  3. Manfaat lain dari kalsium adalah adanya penurunan risiko kanker. Beberapa studi observasional menghubungkan bahwa asupan tinggi kalsium dapat mengurangi kemungkinan kanker usus dan berbagai jenis lain dari pertumbuhan kanker.

Efek Samping Kelebihan Mengkonsumsi Kalsium

  • Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kalsium secara berlebihan atau overdosis dapat menyebabkan penumpukan vitamin D, yang secara langsung berhubungan dengan peningkatan risiko batu ginjal. Peningkatan asupan kalsium juga dapat meningkatkan potensi tertular hiperparatiroidisme.
  • Mengkosumsi kalsium terlalu tinggi dapat menyebabkan peningkatan penyakit kardiovaskular.
  • Asupan kalsium yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan beberapa zat di dalam tubuh seperti Phenytoin, tiludronat, bifosfonat dan levothyroxine.
Baca Juga   Lika Liku Saya Mengenal Dunia Internet

Selain mengkonsumsi macam macam makanan berkalsium tinggi, penting bagi kita untuk berolahraga secara teratur agar kesehatan tulang tetap terjaga. Selalu pastikan untuk memiliki makanan yang kaya kalsium dalam jumlah sedang dan sesuai dengan jenis tubuh Anda, karena kelebihan dan kekurangan kalsium sama sama memiliki dampak negatif. Selain memilih macam macam makanan berkalsium tinggi, Anda juga bisa memilih suplemen kalsium untuk mengembalikan kadar kalsium dalam tubuh.

Silahkan baca kembali untuk mengetahui macam macam makanan berkalsium tinggi. Jika Anda masih tidak yakin apa yang harus makan sesuai dengan jenis tubuh Anda, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk bekerja di luar rencana diet yang akan sesuai dengan tubuh Anda yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share