7 Jenis Makanan Mengandung Progesteron

7 Jenis Makanan Mengandung Progesteron – Progesteron adalah hormon reproduksi wanita yang penting untuk melakukan berbagai fungsi dalam tubuh wanita. Hal ini diperlukan untuk mengatur siklus haid bersama dengan estrogen. Selain itu, hormon ini juga diperlukan untuk memulai dan merawat kehamilan. Kekurangan hormon progesteron dapat menyebabkan beberapa masalah terkait kesehatan reproduksi wanita. Oleh sebab itu, maka rekomended bagi perempuan untuk konsumsi Makanan Mengandung Progesteron.

Makanan Mengandung Progesteron yang akan kami bahas dipastikan ada pada beberapa jenis makanan yang sering anda makan. Pentingnya untuk wanita sangatlah penting, karena Infertilitas atau ketidak suburan adalah masalah umum di antara wanita yang tidak memiliki jumlah progesteron yang cukup. Wanita-wanita ini sering diresepkan beberapa suplemen untuk mengatur siklus haid atau sebagai upaya mengatasi infertilitas.

Progesteron alami disekresikan oleh ovarium seorang wanita. Setiap bulan memberi sinyal pada rahim untuk menebal dalam rangka pembuahan. Jika pembuahan tidak terjadi, lapisan rahim menyebabkan aliran menstruasi.

Progesteron mengatur siklus menstruasi dengan mengurangi dominasi estrogen dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan nya. Progestin atau progesteron sintetis digunakan untuk mengobati masalah menstruasi seperti amenore, perdarahan uterus, dll. Selain itu, ia juga digunakan untuk mengobati endometriosis, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan yang berhubungan dengan AIDS dan kanker. Namun, progesteron sintetis memiliki banyak efek samping yang kurang baik bagi kesehatan dimasa mendatang.

Makanan Mengandung Progesteron

Oleh karena itu, progesteron alami lebih disukai daripada progesteron sintetis untuk terapi penggantian hormon. Berikut ini beberapa makanan yang diketahui mengandung progesteron.

Baca Juga   4 Tips Diet Sayur Tetap Aman Terhindar Dari Kebutaan

Telur

Telur mengandung progesteron dalam jumlah berlimpahterutama pada bagian kunignya. Wanita yang kekurangan hormon progesteron sangat disarankan untuk mengkonsumsi telur.

Produk susu

Produk susu, seperti susu, keju yang dibuat dari susu sapi, mengandung jumlah tinggi progesteron.

Ayam

Jenis daaging putih, seperti daging ayam, juga mengandung hormon progesteron, meski dalam jumlah kecil. Namun, hari ini, unggas secara artifisial diresapi dengan hormon. Mengkonsumsi daging tersebut mungkin bukan ide yang terbaik untuk meningkatkan progesteron.

Makanan Mengandung zinc

Jenis daging merah, kerang, kalkun dapat berkontribusi untuk meningkatkan kadar hormon dalam tubuh.

Makanan Yang Mengandung Phyto Progesteron

Phyto progesteron dapat menjaga keseimbangan progesteron-estrogen. Hal ini ditemukan di beberapa sumber tanaman berikut.

Ubi Liar

Ubi liar mengandung fitokimia tertentu yang bertindak seperti progesteron ketika di dalam tubuh.

Makanan Mengandung Vitamin B6

Makanan kaya vitamin B6 seperti walnut, biji-bijian, sereal , dan susu kedelai merupakan sumber progesteron yang baik.

Makanan yang disebutkan di atas harus dikonsumsi dalam jumlah moderat saja. tingkat kelebihan dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. wanita menopause dan orang-orang menjali terapi ppenggantian hormon harus makan makanan ini hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share