7 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

7 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan – Buah semangka yang bernama ilmiah Citrullus Lanatus ini adalah buah segar dengan daging manis yang menempel pada bagian dalam kulit. Ciri fisiknya antara lain berkulit keras dengan tekstur halus, warna kulit hijau pekat terkadang hijau muda disertai motif garis menyerupai gelombang memanjang. Semangka dikenal memiliki daging yang berwarna merah dan kuning, namun hal itu tergantung dari jenis kultivarnya.

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Buah yang segar dan kaya air ini termasuk dalam tanaman buah yang tahan hidup di lahan tandus. Hal tersebut tentu tak mengherankan jika dilihat asalnya yaitu dari daerah setengah gurun di Afrika bagian Selatan.

Semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, gula, protein, energi dan lemak. Sedangkan beberapa vitamin yang dikandungnya antara lain vitamin B kompleks, betakaroten, vitamin C dan asam folat. Itulah mengapa, semangka dikenal sebagai buah yang menyehatkan.

Manfaat semangka untuk kesehatan

Sebagai buah yang selalu menjadi favorit banyak orang terutama saat cuaca panas, semangka memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat yang dikandungnya? Inilah manfaat buah semangka untuk kesehatan yang Anda wajib tahu.

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan-IG_sheetal_thakur
Manfaat Semangka Untuk Kesehatan-IG_sheetal_thakur

Menyehatkan Jantung

Buah semangka memiliki kandungan likopen yang cukup tinggi. Sedangkan likopen terkenal sebagai zat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan organ jantung. Mengonsumsi semangka secara teratur diyakini dapat memelihara kesehatan jantung termasuk menjaga agar denyut jantung selalu dalam kondisi normal.

Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang cenderung tinggi dan melebihi normal dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke. Untuk menurunkannya, Anda membutuhkan senyawa karotenoid khususnya dari buah-buahan agar tekanan darah kembali normal.

Nah, senyawa karotenoid tersebut dapat dengan mudah Anda temukan dalam buah semangka. Sehingga mengonsumsi semangka secara rutin terbukti dapat mencegah terjadinya pengerasan pada dinding arteri dan pembuluh vena termasuk mengontrol tekanan darah dalam batas yang semestinya.

Memperkuat tulang

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah semangka, sangat bermanfaat untuk mempertahankan kadar kalsium dalam tubuh. Hal ini berdampak baik bagi perkembangan tulang dan sendi sehingga menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

Menyehatkan mata

Salah satu manfaat buah semangka untuk kesehatan adalah menyehatkan mata. Hal ini disebabkan adanya kandungan betakaroten dalam buah semangka yang akan diubah dalam tubuh menjadi vitamin A dan dikenal sangat baik fungsinya untuk merawat kesehatan organ penglihatan kita.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah semangka mengandung vitamin C yaitu jenis vitamin yang berfungsi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, mengonsumsi semangka secara rutin akan membantu Anda mempertahankan kondisi tubuh sehingga tidak mudah sakit di saat cuaca kurang baik dan cenderung ekstrem.

Menyehatkan ginjal

Kandungan air pada buah semangka juga dapat membantu melancarkan aliran urine dalam tubuh. Dengan lancarnya aliran urine, maka berdampak pula pada kinerja ginjal, ginjal Anda pun akan lebih sehat dan jauh dari berbagai gangguan.

Antioksidan

Sebagaimana buah pisang yang menyimpan likopen cukup banyak, buah semangka pun memiliki kadar likopen yang tinggi. Fungsi likopen bagi tubuh antara lain dapat menangkal radikal bebas yang disebabkan berbagai polusi udara, makanan dan melemahnya sistem imun tubuh. Radikal bebas terbukti berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, diantaranya menjadi salah satu faktor penyebab kanker.

Demikian beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan. Akan sangat baik bagi Anda jika menjadikan buah ini sebagai salah satu buah favorit untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan organ-organ penting lainnya.

Baca Juga   14 Manfaat Buah Akar Dewa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share