Membuat Objek Bola Dengan C++ OpenGL

Translasi Bola Dengan C++ OpenGL – Halo teman teman, berjumpa lagi dengan saya, kali ini kita akan membahas tentang translasi pada objek bola. Apa itu translasi dan apa itu bola. Baiklah sebelum ke program kita bahas dulu ya. Translasi adalah perpindahan atau gerak obejk bola yang berpindah dari sumbu koordinat ke sumbu koordinat lainnya, misalnya dari sumbu x berpindah ke sumbu y. Sedangkan bola adalah yang sering disepak oleh anak anak kalau lagi dilapangan, ops iya benar, Bola emang sering di sepak oleh anak anak, Tapi bola yang dimaksud adalh objek bola lingakaran berupa gambar 3D. Nah intinya bola yang dimaksud adalah gambar bola, bukan bola yang masu disepak gol ke kiper.

Nah, langsung saja berikut ini coding programnya, ingat harus udah terinstal OpenGLnya ya.


#include<stdlib.h>
#include<glut.h>
float w=480,h=480;
float sudut=0,sx=0,sy=0,sz=0,z=-320;
void sphere (){
glColor3d(1,1,1); glutWireSphere(100,150,150);

}
void display(){
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glLoadIdentity();
glTranslatef(0,0,z);
glRotatef(sudut,sx,sy,sz);
sphere();
glutSwapBuffers();
}
void resize(int w1, int h1){
glViewport(0,0,w1,h1);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
gluPerspective(45.0, (float) w1/(float) h1, 1.0,300.0);
glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
glLoadIdentity();
}
void init(){
glClearColor(0.0,0.0,0.0,1.0);
glEnable(GL_DEPTH_TEST);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
gluPerspective(45.,(GLdouble)w/(GLdouble)h,1.,300.);
glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
}
void myKeyboard(unsigned char key, int x, int y){
if(key=='y'){

sy=1;
sudut+=10;
}
}
void update(int value){
glutPostRedisplay();
glutTimerFunc(50,update,0);
}
void main(int argc, char **argv){
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_DEPTH | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(w,h);
glutCreateWindow("Objek 3D");
glutDisplayFunc(display);
glutReshapeFunc(resize);
init();
glutTimerFunc(50,update,0);
glutKeyboardFunc(myKeyboard);
glutMainLoop();
}

Hasil :

Baiklah teman teman, sampai disini dulu ya pembahasan artikel kita tentang membuat translasi pada bola menggunakan C++ dan OpenGL, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita smua

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Satu tanggapan untuk “Membuat Objek Bola Dengan C++ OpenGL

  • 1 Oktober 2017 pada 22:34
    Permalink

    wah… aku baru tahu ada aplikasi pendukung dalam bermain C++, saya kemaren ada tugas untuk membuat sebuah bentuk dengan menggunakan C++ dan saya izin ambil script untuk menyelesaikan tugas, terimakasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
+1