(100% Berhasil) Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

Assalamualiakum teman teman pembaca sekalian. Selamat datang di gubuk sederhana ini. Sebagai tempat saya menulis dan membagikan berbagai informasi menarik apa saja yang saya ketahui, untuk saya bagikan kepada teman teman semua. Seperti pada judul, topik kali ini membahas tentang bagaimana cara memindahkan kontak ke HP baru. Memindahkan kontak telepon ke HP baru sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan.

Konatk berisi nomor telepon orang lain biasanya keluarga dan teman. Selain itu bisa juga berisi nomor penting seperti, nomor rekening dan sebagainya.

Kontak pada umumnya disimpan di memori kartu SIM dan juga di memori telepon. Kapasitas penyimpanan karti sim biasanya terbatas, sehingga tidak memungkinkan anda untuk menyimpan kontak dengan jumlah banyak.

Untuk mengatasi itu maka biasanya kontak tersimpan di memori telepon. Dengan menyimpan kontak di memori telepon, memungkinkan kita memiliki jumlah kontak banyak hingga ribuan tergantung berapa daya kapasitas memori.

Karena kita biasanya sering ganti ganti HP. Sehingga banyak yang kesulitan memindahkan kontak di HP lama ke HP baru. Sebab biasanya kalau menyimpan kontak baru tidak semuanya tersimpan di kartu sim. Yang mengakibatkan kita kehilangan beberapa nomor meskipun kartu sudah dipindahkan. Nah sekarang mari kita simak cara memindahkan nomor telepon ke hp baru seperti ulasan berikut.

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru dengan Mudah

Untuk memindahkan ataupun menyalin kontak dari HP satu ke HP lainnya. Bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kalian bisa memilih cara mana saja yang dianggap paling mudah dan simpel.

Ketika kontak sudah disalin ataupun dipindahkan. Maka semua kontak yang ada di HP lama akan ada di HP baru. Sehingga tidak perlu menulis ulang satu satu.

Tidak terpikirkan ketika memindahkan kontak yang banyak dengan cara menulis ulang satu satu. Bisa bisa tangan kita pegal jadinya. So, langsung saja simak berikut ini cara memindahkan kontak/cara menyalin kontak ke telepon baru.

Baca Juga   Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP

Perlu teman teman ketahui, cara ini juga beraku untuk mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang. Silahkan simak ulasannya.

Memindahkan kontak ke HP baru dengan cara Ekspor-Impor

HP secara default memiliki fitur ekspor dan impor kontak untuk memudahkan penggunanya mengelola daftar kontak di telepon. Jika kita menggunakan cara ekspor dan impor kontak. Maka tidak diperlukan terhubung dengan jaringan internet.

Kita cukup menekan ekspor lalu menyimpannya yang selanjutnya akan diimpor di HP baru. Secara otomatis nomor kontak sudah tersimpan di tempat baru.

Adapun langkah langlah mengekspor seluruh nomor kontak ke HP baru adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi kontak di HP masing masing, bisa langsung ke aplikasi Kontak ataupun melalui Pengaturan>Pengaturan kontak, Jika sudah berhasil maka kita bisa melihat daftar nomor telepon yang ada perangkat saat ini. Selanjutnya klik menu di pojok kanan atas atau kiri atas (ungkin bisa beda letaknya di setiap HP) bentuknya seperti titik 3 atau garis 3, lihat gambar untuk lebih jelasnya. Beberapa aplikasi kontak mungkin berada di tombol Menu>Setelan>Ekspor

Pengaturan Kontak

Gambar selanjutnya bisa disimak dibawah ini..

2. Setelah mengklik tombol menu, maka akan terlihat berbagai pilihan. Tekan Ekspor impor, lalu pilih ekspor to file .vcf. maka kontak akan disimpan di file manager. Beberapa aplikasi kontak mungkin memiliki menu yang berbeda, jika tidak ketemu seperti ini, mama klik tombol menu biasanya berbentuk garis 3 atau titik 3, lalu klik Setelan dan pilih Ekspor. Jika muncul pilihan sumber kontak, silahkan centang semua termasuk kartu sim. Lihat gambar

Selanjutnya save file backupnya…

3. Jika file .vcfnya sudah terimpan silahkan salin ke HP baru. Setelah berada di HP baru, silahkan ikuti langkah 1 dan 2. Selanjutnya jika sudah masuk ke Menu dan setelan kontak silahkan klik Import, jika muncul jendela untuk mengimport file .vcf silahkan klik OK dan pilih file hasil ekspor tadi. Tunggu prosesnya selesai.

Memindahkan Kontak ke HP Baru

Selamat, sekarang kalian sudah berhasil memindahkan kontak ke HP baru atau menyalin kontak tanpa perlu mencatat ulang satu persatu. Jika kalian bingung atau gagal dengan cara ini, silahkan coba cara dibawah.

Baca Juga   Cara Inspect Element di Halaman Website dengan Mudah

Memindahkan Kontak secara otomatis dan online (Sinkronisasi)

Cara yang satu ini mengharuskan teman teman untuk terhubung ke jaringan Internet. Cara ini sangatalah gampang karena kita hanya perlu koneksi internet dan akun Gmail yang ada di HP lama teman teman.

Saya yakin setiap pengguna android sudah pasti memiliki akun Gmail yang berada atau digunakan di HPnya masing masing. Biasanya kontak secara otomatis juga tersimpan/tersinkron di akun gmail kita.

Dengan cara inilah kita tidak perlu pusing dalam hal memindahkan kontak, bahkan mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang. Cukup dengan login ke akun gmail di HP baru otomatis kontak akan ikut.

Tapi perlu teman teman ketahui bahwa cara ini berlaku jika memang kalian mensinkronkan kontak ke akun Google. Jika tidak tahu silahkan simak berikut.

Cara mensinkronkan kontak ke akun Gmail dan memindahkan atau menyalin kontak ke HP baru:

1. Pastikan kontak kalian tersinkron. Untuk melihatnya silahkan aktifkan dulu tombol sinkron. Tombol sinkron ada diatas, tinggal tarik saja satu tempat dengan tombol data, gps, wifi, dll.

Pengaturan HP

2. Silahkan masuk ke Pengaturan>Akun. beberapa HP seperti Xiaomi berada di Pengaturan>Sinkron. Selanjutnya pilih Google>Pilih email yang diinginkan. Pastikan tombol sinkron untuk kontak aktif. Silahkan tekan tombol refresh sinkron untuk mensinkronkan hasil perubahan saat ini. lihat gambar dibawah untuk lebih jelas.

Memindahkan Kontak Secara Otomatis

3. Jika sudah merasa pengaturan sinkron benar dan beres. Selanjutnya kita beralih ke HP baru. Buka hp baru Anda, lalu buka aplikasi Google, bisa Gmail atau google play. Tapi saya sarankan gmail saja. Silahkan login ke gmail dengan email yang sama di HP lama tadi yang sudah disinkronkan.

4. Jika sudah berhasil login, silahkan aktifkan semua tombol sinkron. Untuk melihat hasilnya, silahkan buka aplikasi kontak di HP baru kalin. Sekarang lihat hasilnya kontak sudah penuh dengan nomor.

Baca Juga   Cara Mendaftarkan Gmail Di HP Android

Sekarang teman teman sudah berhasil memindahkan nomor kontak di HP lama ke HP baru. Sebenarnya kontak tetap ada di HP lama selama tidak di hapus atau di reset. Jika ingin menjual HP lama silahkan di Reset agar data kalian tidak berada di orang lain.

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus atau Hilang

Jika teman teman ingin mengembalikan kontak yang hilang, maka yang perlu dilakukan adalah mengembalikan backupan. Cara ini berlaku jika HP teman teman mengaktifkan fitur sinkronisasi. Kalau tidak ya kemungkinan susah.

Setiap HP pasti memiliki akunnya masing masing, paling tidak Gmail. Jika teman teman mensinkronkan kontak di akun gmail, maka langkah yang perlu dilakukan adalah login atau merefsreh tombol sinkron di pengaturan akun Google.

Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Selain melalui akun google, biasanya vendor HP sudah membuat fitur ini. Misalkan Xiaomi punya akun Miui, sehingga pengguna miui bisa mengembalikan data yang terhapus dengan cara login ke akun miui dan merestore data yang tersinkron.

Sekarang teman teman tinggal menyesuaikannya dengan akun di HP masing masing. Pastikan juga melakukan backup dan sinkron secara teratur dan berkala. Atau sekalian saja selalu mengaktifkan fitur sinkron.

Kesimpulan

Baiklah teman teman, saya kira pembahasan kita tentang cara memindahkan kontak ke HP baru atau menyalin kontak ke HP baru sudah selesai. Dari pembahasan diatas bisa kita simpulkan bahwa ada beberapa cara untuk memindahkan kontak ke HP baru yaitu:

  • Menggunakan fitur Ekspor dan Impor
  • Melakukan sinkron dan login akun Gmail
  • Melakukan sinkron dan login serta restore di akun vendor HP masing masing

Jika teman teman punya ide tambahan silahkan tuliskan di bagian komentar, tentu saran yang baik akan kita muat di tulisan ini. Jika ada pertanyaan dan penjelasan yang membingungkan bisa di tanyaan juga pada kolom komentar.

Terima kasih saya ucapkan buat teman teman semua yang sudah membaca artikel, cara memindahkan kontak ke HP baru atau menyalin kontak ke HP lain. Ada artikel yang menarik buat dibaca oleh teman teman seperti, cara backup foto secara otomatis. Jika artikel ini membantu dan bermanfaat silahkan di bagikan.

Ahmad Saleh Bancin

Berbagilah apa saja yang bisa kamu berikan kepada orang lain, baik itu Cinta yang kamu milik. Berbagi cinta bukan berarti Playboy........ Instagram @ahmadsalehbancin

Satu tanggapan untuk “(100% Berhasil) Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

  • 5 Agustus 2019 pada 14:51
    Permalink

    saya biasanya pakai VCF hihihi libih mudah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share