8 Tips Memperbaiki Baterai Kembung Kembali Normal

8 Tips Memperbaiki Baterai Kembung Kembali Normal – Tidak bisa dipungkiri apabila baterai adalah salah satu elemen yang sangat penting untuk HP dan juga gadget dikarenakan dengan adanya baterai tersebut, smartphone yang kalian gunakan bisa dipakai dan selanjutnya melakukan interaksi dengan HP tersebut baik bermain media ataupun menonton YouTube sampai main game. Sehingga ketika baterai yang kalian gunakan sudah mengalami kerusakan, maka akan muncul masalah seperti baterai cepat lowbat dan lain sebagainya dan salah satunya baterai kembung.

Apabila kalian mempunyai permasalahan baterai kembung dan belum mengetahui apa saja cara memperbaiki baterai kembung supaya kembali normal, maka pada artikel kali ini kami akan memberikan tutorialnya untuk kalian semua agar bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan mudah dan tanpa ribet. Karena disaat baterai HP yang kalian miliki mengalami kembung, maka pastinya ketika akan memasukkan casing HP sudah kesulitan dan juga banyak efek yang muncul Yang pastinya tidak baik akibat baterai kembung.

Untuk perawatan baterai tanam ataupun baterai yang dapat dilepas pastinya akan berbeda satu dengan yang lainnya, misalnya saja ketika smartphone kalian di bagian baterai mengalami kembung maka kalian dapat mencopot baterai tersebut dan menggantinya dengan baterai baru dan untuk baterai tanam yang dipasang permanen pada smartphone, maka hal ini akan sulit untuk dilepas dan untuk perawatannya sangat susah walaupun pastinya, kalian bisa tetap mengikuti tutorial berikut ini.

Memperbaiki baterai kembung

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan ketika baterai Smartphone sudah kembung baik untuk baterai tanam atau baterai lepas, diantaranya adalah sebagai berikut.

Menghentikan proses isi daya

Salah satu hal yang harus kalian lakukan ketika baterai yang kalian miliki sudah mengalami kembung, maka jangan melakukan charging atau menghentikan proses isi daya dikarenakan Salah satu hal yang menjadi penyebab utama baterai mengalami kembung yaitu dikarenakan proses charging yang tidak sempurna dan oleh karena itu Usahakan untuk tidak melakukan isi daya baterai terlebih dahulu sampai baterai menjadi kempes.

Mengatasi baterai kembung ditusuk

Selanjutnya cara ini banyak yang melakukan dan banyak juga yang berhasil yaitu kalian ketika mempunyai hP yang baterainya sudah kembung maka bisa menusuk dengan menggunakan jarum dan untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Apabila para pengguna hP dengan baterai tanam, maka silakan Matikan hp terlebih dahulu dan bagi kalian yang menggunakan HP yang bisa dilepas maka silakan lepas baterai dari smartphone.
  • Selanjutnya silakan kalian mengambil jarum
  • Setelah itu, kalian tinggal menentukan jarum di bagian aman baterai dan direkomendasikan menusuk di bagian baterai kembung.
  • Ketika menusuk baterai maka Pelan Saja di mana tujuan ini supaya gas yang terperangkap di dalam baterai bisa hilang dan keluar sehingga baterai kembung menjadi kempes.

Memasukkan baterai ke freezer

Selanjutnya cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi baterai kembung yaitu dengan memasukkan baterai ke dalam freezer dan cara ini pun biasa kalian lakukan untuk baterai yang ditanam yaitu kalian memasukkan HP kalian yang dibungkus terlebih dahulu dengan plastik dan selanjutnya masukkan ke dalam freezer yang dingin dan cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi baterai kembung dikarenakan bisa mengurangi gas elektroda dan elektrolit.

Baca Juga   5 Tips Beli Smartphone Bekas Berkualitas

Mengatasi baterai kembung memakai kipas

Walaupun cara ini kurang efektif, akan tetapi kalian bisa mencoba untuk mengatasi baterai kembung dengan cara cara menggunakan kipas sampai baterai dingin.

Mendiamkan baterai

Mendiamkan baterai merupakan salah satu cara yang dapat kalian lakukan supaya baterai kembung bisa kempes di mana kalian tinggal menonaktifkan smartphone dan selanjutnya bagi HP tanam kalian tinggal membuka casing dan untuk HP dengan baterai yang bisa dicabut maka silakan buka casing lalu pisahkan antara baterai dengan HP.

Tidak memakai aplikasi berat

Salah satu penyebab kenapa baterai menjadi panas dan mengakibatkan baterai cepat kembung yaitu kalian suka menginstal dan memakai aplikasi berat dan hal ini sangat tidak direkomendasikan terutama bagi para pengguna smartphone dengan spek rendah akan tetapi memakai aplikasi untuk spek tinggi.

Selalu memakai charger asli

Apabila kalian ingin menghemat baterai dan juga menghindari baterai kembung, maka selalu menggunakan charger original atau charger asli dikarenakan di saat memakai charger palsu hal ini malah berakibat sangat buruk untuk Kondisi baterai.

Tidak mengisi berlebih

Ketika kalian mengisi daya baterai Maka jangan sampai berlebihan karena akan menimbulkan baterai terlalu panas dan bisa menjadi penyebab utama baterai cepat kembung. Maka salah satu tips agar menghemat baterai supaya awet yaitu kalian bisa mengisi daya baterai sampai 99% dan Selanjutnya apabila sudah penuh silahkan cabut dari charger.

Itulah tutorial tips memperbaiki baterai kembung kembali normal yang dapat kalian lakukan dan jika seluruh diatas masih tidak dapat memperbaiki permasalahan anda, maka pastinya baterai sudah harus diganti dan kalian pun harus membeli baterai original yang sesuai dengan merek HP kalian supaya dapat menggantikan baterai kembung sehingga HP kalian akan lebih baru lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share