5 Cara Ampuh Memperbaiki Kartu SD Rusak Tidak Bisa Membaca

5 Cara Ampuh Memperbaiki Kartu SD Rusak Tidak Bisa Membaca – Apabila kalian menggunakan kartu SD melalui slot micro SD dan selanjutnya ketika kartu sudah terpasang akan tetapi dengan tiba-tiba kartu tersebut mengalami kerusakan dan tidak terbaca sehingga biasanya menimbulkan data yang ada pada kartu tersebut mengalami corrupt, maka pastinya akan membuat kalian merasa gelisah apalagi jika di dalam kartu tersebut terdapat banyak media yang memang penting untuk kalian semua. Namun apabila hal ini terjadi, maka sangat direkomendasikan untuk membaca tutorial cara ampuh memperbaiki kartu SD rusak tidak membaca yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Cara memperbaiki kartu SD rusak tidak bisa membaca yang akan kami bahas pada artikel kali ini, bertujuan supaya bisa menjadi referensi untuk kalian semua yang mengalami masalah yang telah kami tulis di atas. Karena dipastikan Bagi siapapun yang menggunakan kartu SD atau memori eksternal untuk HP, pernah mengalami masalah tersebut yaitu kartu maintenance dan tidak bisa terbaca dan selanjutnya kalian harus mengikuti cara dibawah ini supaya kartu kembali benar.

Memperbaiki kartu SD rusak

Bagi kalian yang sedang mengalami masalah yang sama yaitu kartu yang digunakan pada smartphone mengalami kerusakan sehingga tidak bisa terbaca oleh hp, maka kalian bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

Membersihkan kartu SD

Untuk cara pertama yang bisa kalian lakukan sebagai cara cara awal dalam memperbaiki kartu SD yang sudah tidak bisa terbaca yaitu dengan membersihkan kartu SD dengan cara sebagai berikut:

  1. Silakan keluarkan kartu dari smartphone
  2. Selanjutnya bersihkan lempengan tembaga berwarna kuning yang mempunyai fungsi sebagai konektor dan gunakanlah penghapus untuk membersihkannya dengan cara menggosokkan perlahan sampai bersih
  3. Apabila sudah selesai silakan kalian memasukkan kembali kartu SD ke HP dan biasanya kartu sudah bisa terbaca.
Baca Juga   Penyebab dan Cara Memperbaiki Kamera HP Buram Work 100%

Mencoba kartu ke smartphone lain

Untuk cara ini bisa kalian lakukan dikarenakan ada beberapa smartphone yang memang tidak lagi bisa membaca kartu SD yang kalian gunakan dan solusi yang paling tepat yaitu memindahkan kartu SD ke smartphone lain dan apabila beruntung maka di Smartphone yang lain kartu SD bisa terbaca dan dipastikan untuk telepon kalian sudah lemah dalam membaca kartu SD sehingga kalian bisa mencoba mengganti dengan kartu SD yang lain pada ponsel tersebut.

Pengecekan error di komputer

Kalian pun bisa memperbaiki kartu SD rusak yang tidak membaca melalui komputer dengan cara pengecekan error dan untuk tutorialnya sebagai berikut:

  1. Silahkan masukkan kartu SD ke dalam smartphone dan selanjutnya dihubungkan ke PC atau laptop memakai kabel data original
  2. Jika terhubung maka kalian tinggal mengubah mode dari media transfer atau mtp ke mode mass storage mode atau MSC
  3. Setelah itu kalian tinggal membuka Explorer dan Klik Kanan di driver kartu SD dan selanjutnya pilih menu properties lalu pilih tool dan error checking selanjutnya tunggu beberapa saat
  4. Setelah itu lakukan Eject apabila proses sudah selesai dan kalian tinggal mengecek Apakah kartu SD kembali normal atau tidak.

Format di HP

Salah ini merupakan cara terakhir apabila kartu SD yang kalian gunakan sama sekali tidak bisa terbaca jika dilakukan secara diatas yaitu dengan memformat di smartphone.

  1. Silakan kalian buka menu setting selanjutnya pilih storage dan pilih portable storage dan pilih drive kartu SD yang kalian gunakan
  2. Selanjutnya pilih menu storage setting setelah itu pilih format dan pilih eraser dan format silakan tunggu sampai selesai
  3. Apabila beruntung maka kartu SD bisa kembali normal.
Baca Juga   Cara Mengganti Wallpaper Laptop dengan Foto Sendiri

Format kartu SD di komputer

Kalian pun bisa melakukan format kartu SD bukan hanya di hp Android namun kalian bisa memformat melalui komputer dengan cara sebagai berikut:

  1. Silakan hubungkan kartu SD menggunakan card reader
  2. Setelah itu buka explorer dan selanjutnya pilih drive kartu SD lalu Klik Kanan dan pilih menu format
  3. Silakan melakukan format kartu SD sampai selesai dan apabila beruntung maka kartu bisa kembali normal.

Itulah penjelasan kami tentang bagaimana cara ampuh memperbaiki kartu SD rusak tidak bisa membaca yang bisa kalian lakukan di rumah Dan semoga saja tutorialnya kami tulis di atas dapat membantu permasalahan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share