7 Cara Memperbaiki Layar Monitor Laptop Rusak Tanpa Ke Tukang Service

Memperbaiki Layar Monitor Laptop Rusak – Bagi kalian para pengguna laptop maka biasanya ketika menggunakan laptop itu lama, maka akan ada beberapa kerusakan pada laptop misalnya saja di bagian keyboard yang sudah tidak bisa ditekan ketika kalian menekan salah satu huruf sampai kerusakan di bagian layar monitor laptop baik layar berkedip, layar terdistorsi, layar laptop hitam, layar terbalik, layar bergerak sendiri, sampai layar bergaris dan bergetar.

Untuk kalian semua yang mengalami permasalahan di atas di bagian layar laptop, maka pada artikel dan kali ini, kami akan membahas Bagaimana cara memperbaiki layar monitor laptop rusak tanpa harus dibawa ke tukang servis terlebih dahulu dikarenakan kalian bisa melakukan beberapa langkah dalam perbaikan layar laptop yang maintenance. Sebetulnya untuk memperbaiki layar laptop bisa disesuaikan dengan kondisi kerusakan yang terjadi dan kalian pun bisa mengikuti beberapa langkah penyelamatan yang akan kami bahas melalui artikel kali ini.

Layar laptop mengalami kerusakan bisa karena beberapa penyebab dan biasanya dikategorikan kepada dua kategori yaitu layar laptop rusak ringan dan layar laptop rusak berat. Apabila untuk layar laptop rusak ringan maka kalian dan bisa melakukan sendiri di rumah dalam perbaikan laptop tersebut dan Selanjutnya apabila layar laptop mengalami kerusakan yang sudah parah atau berat, maka direkomendasikan untuk dibawa ke tukang servis laptop komputer.

Memperbaiki Layar Monitor Laptop Rusak

Untuk anda semua yang penasaran apa saja yang harus dilakukan dalam perbaikan layar monitor laptop rusak maka di bawah ini adalah beberapa jenis kerusakan yang biasa dialami oleh layar laptop dan juga bagaimana cara memperbaikinya yang dijamin bisa kalian coba.

Cara Memperbaiki Layar Monitor Laptop Rusak
Cara Memperbaiki Layar Monitor Laptop Rusak

Layar laptop berkedip

Jenis kerusakan pertama yang biasa terjadi yaitu layar laptop berkedip dan biasanya untuk penyakit yang dialami dikarenakan berbagai faktor seperti resolusi layar terlalu tinggi, daya listrik yang tidak stabil dan VGA bermasalah.

Cara memperbaiki layar laptop berkedip yang pastinya akan membuat mata tidak nyaman ketika kalian gunakan karena cenderung menampilkan visual low definition maka untuk memperbaikinya ketika bermasalah di bagian resolusi yang terlalu tinggi kalian tinggal menurunkan resolusi melalui pengaturan di control panel dan apabila masalah dikarenakan arus listrik yang tidak stabil maka direkomendasikan untuk menggunakan stabilizer listrik dan apabila VGA bermasalah, maka kalian harus membawa laptop kalian ke tukang service untuk mengganti di bagian VGA.

Layar laptop terdistorsi

Selanjutnya kerusakan yang biasa terjadi di area layar monitor level yaitu layar laptop mengalami distorsi di mana biasanya layar laptop mirip dengan televisi yang ber semut sehingga untuk memperbaiki nya kalian harus melakukan pengecekan di area kabel output video Apakah ada yang longgar atau tidak selanjutnya pengaturan OS haruslah benar dan apabila kerusakan pada BIOS maka kalian harus bisa melakukan pengecekan di area BIOS.

Layar laptop hitam

Apabila kalian mengalami kerusakan layar laptop berubah menjadi hitam tanpa terlihat Windows ketika dinyalakan dan biasanya masalah ini berada di area RAM yang mengalami gangguan dan kalian bisa melakukan solusi yaitu dengan membetulkan posisi RAM atau kalian bisa copot pasang RAM. Jika masalah belum selesai maka kalian bisa mencoba untuk membersihkan metal pin yang ada pada RAM laptop kalian.

Layar laptop terbalik

Selanjutnya masalah yang kadang terjadi pada beberapa laptop ya itu biasanya laptop menampilkan gambar yang terbalik dan hal ini biasanya karena salah pengaturan dan untuk mencobanya kalian bisa mengikuti cara berikut ini.

  • Silakan tekan Ctrl + Alt + → [Panah Kanan]: Yang mempunyai fungsi supaya layar berputar 90 derajat ke arah samping kanan
  • Silakan tekan Ctrl + Alt + ↓ [Panah Bawah]: Yang berfungsi untuk membuat tampilan layar berputar 180 derajat
  • Silakan tekan trl + Alt + ← [Panah Kiri]: Yang berfungsi si untuk membuat tampilan layar laptop berputar 270 derajat
  • Silakan tekan Ctrl + Alt + ↑ [Panah Atas]: yang berfungsi si untuk membuat tampilan layar laptop berputar 360 derajat dan biasanya posisi normal.

Layar laptop bergerak sendiri

Selanjutnya apabila kalian mengalami kerusakan ketika layar monitor laptop bergerak sendiri biasanya Hal ini disebabkan dikarenakan laptop terlalu panas baterai habis atau daya listrik dari charger yang sangat tidak stabil.

Untuk memperbaiki masalah ini, maka kalian harus melakukan pengecekan apa dan direkomendasikan untuk mematikan laptop terlebih dahulu dalam beberapa waktu dan selanjutnya kalian yang akan kembali dan apabila masalah terjadi pada baterai yang sudah habis maka silakan kalian charger laptop sampai penuh.

Layar laptop bergaris dan bergetar

Masalah selanjutnya apabila kalian mengalami gangguan layar laptop yang bergaris dan juga bergetar maka biasanya kondisi ini dikarenakan laptop yang sering dibuka dan ditutup secara terus-menerus adanya istirahat ataupun dikarenakan laptop terjatuh sehingga gangguan akan mengalami hal tersebut yaitu layar monitor laptop bergaris dan bergetar.

Solusi memperbaiki layar laptop bergaris dan layar laptop bergetar yaitu dengan membongkar layar selanjutnya melakukan pengecekan di bagian yang longgar atau rusak tersebut dan apabila memang laptop kalian longgar maka kalian bisa memperbaiki ke posisi semula dan apabila memang tidak ada masalah tersebut maka ada kerusakan lain dan sebaiknya dibawa ke tukang servis.

Layar laptop berubah warna

Selanjutnya bagi kalian yang mengalami permasalahan di bagian layar yang selalu berubah warna hal ini biasanya dikarenakan karena kerusakan pada VGA dan juga adanya kerusakan pada kabel konektor yang tidak terpasang dengan baik atau adanya kabel yang sudah rusak.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka wajib laptop kalian dibongkar yaitu dengan menyambungkan laptop dengan layar lain untuk mencobanya dan selanjutnya kalian bisa membawa laptop ke tukang servis apabila kerusakan di bagian VGA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tweet
Share
Pin
Share
Share